Apakah Acne Patch Benar-Benar Manjur untuk Mengeringkan Jerawat?

Sabtu, 27 Juli 2019 02:00 Reporter : Tantri Setyorini
Apakah Acne Patch Benar-Benar Manjur untuk Mengeringkan Jerawat? Ilustrasi acne patch. ©Allure

Merdeka.com - Sekarang ini acne patch sedang populer di dunia kecantikan. Produk berbentuk stiker mungil ini biasanya ditempelkan pada bagian kulit yang berjerawat.

Acne patch dipercaya bisa mengeringkan jerawat lebih cepat. Apakah klaim ini benar? Kita akan mencari tahu jawabannya.

1 dari 3 halaman

Acne Patch Mengandung Hidrokoloid Penyembuh Luka

Dr. Hadley King, seorang dokter kulit yang berbasis di New York, menjelaskan kalau acne patch diperkaya kandungan hidrokoloid yang sering digunakan untuk menyembuhkan luka. Cara kerjanya adalah menyerap cairan berlebih dan mengeluarkan serpihan dari dalam jerawat.

"Beberapa patch jerawat hanya mengandung hidrokoloid tanpa bahan aktif tambahan. Namun, acne patch lain mungkin mengandung asam salisilat atau benzoil peroksida yang bisa membantu mengeringkan jerawat," kata King seperti dilansir The Huffington Post.

Ahli dermatologi, dr. Deanne Robinson juga mengatakan hidrokoloid benar-benar bisa menyembuhkan kulit. "Ini seperti menciptakan lingkungan yang akan melindungi kulit dan membantunya memulihkan diri saat bahan aktif masuk," paparnya.

2 dari 3 halaman

Mengeluarkan Kotoran dan Mencegah Infeksi

Dr. Robinson mengatakan ada beberapa manfaat acne patch. Kandungan hidrokoloid pada patch membantu mengeluarkan kotoran pada jerawat, sehingga jerawat bisa lebih cepat kering.

"Mungkin ketika menarik patch, akan terlihat kotoran putih. Itu sama saja seperti ketika memecahkan jerawat," paparnya.

Manfaat acne patch lainnya adalah mencegah risiko infeksi. "Sebagian kulit di sekitar jerawat juga dapat terlindungi. Sebaiknya gunakan perawatan gel atau krim untuk lebih mudah menerapkan patch," tambahnya.

3 dari 3 halaman

Acne Patch Lebih Cocok untuk Jerawat Kecil

Walaupun begitu, kedua ahli dermatologi sepakat acne patch lebih cocok untuk jerawat lebih kecil. Jerawat yang dimaksud adalah yang tidak begitu melekat di bawah kulit pustula dan papula. Jerawat yang seperti ini biasanya berisi nanah.

"Jika jerawat besar lebih baik lakukan injeksi dari dokter kulit," pungkas dr. King.

Reporter: Anisha Saktian Putri
Sumber: Fimela.com [tsr]

Baca juga:
Jerawat di Bokong? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya
Toner dari Aspirin untuk Atasi Jerawat Membandel
Bisakah Aspirin Dimanfaatkan untuk Mengatasi Jerawat?

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini