Agate landscape, batu mulia unik dengan corak pemandangan alam

Rabu, 30 September 2015 08:06 Reporter : Tantri Setyorini
Agate landscape, batu mulia unik dengan corak pemandangan alam Batu agate landscape. ©2015 Merdeka.com/Showmerockhounds.com

Merdeka.com - Gambar batu-batu mulia dalam gambar di atas sama sekali bukan hasil rekayasa Photoshop, lho. Batu ini benar-benar memiliki pola warna layaknya lukisan pemandangan alam.

Dilansir Amusing Planet, batu unik ini merupakan salah satu variasi kalsedon. Nama batunya adalah agate. Batu agate adalah hasil dari proses kristalisasi silika yang terdiri dari campuran kuarsa dan moganite.

Proses pembentukan agate terjadi di dalam rongga batu vulkanik. Pengendapan silika dari air tanah yang merembes melalui batu-batu vulkanik. Perlahan-lahan lapisan silikat terbentuk dan mengisi seluruh ruang berongga dalam batu. Tiap lapisan silika yang mengendap ini biasanya memiliki kandungan mineral dan serpihan materi yang berbeda-beda. Akibatnya, terbentuklah pola-pola unik yang menjadikan tiap jenis agate berlainan.

Photo credit: Showmerockhounds.com

Ada banyak jenis batu agate dengan berbagai pola warna yang dikenal. Antara lain agate api yang coraknya menyerupai pijaran api dan agate iris yang memancarkan nuansa pelangi saat diterangi cahaya.

Photo credit: Showmerockhounds.com

Agate landscape sendiri menampilkan corak yang menyerupai pemandangan alam, misalnya gunung, langit, sungai, padang pasir, atau pepohonan. Indah dipandang mata, bukan? [tsr]

Topik berita Terkait:
  1. Batu Akik
  2. Hobi Unik
  3. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini