8 Fakta ini akan membuat kamu melihat sejarah dengan cara yang berbeda

Kamis, 6 September 2018 02:00 Reporter : Tantri Setyorini
8 Fakta ini akan membuat kamu melihat sejarah dengan cara yang berbeda Marilyn Monroe - Ratu Elizabeth II. ©Istimewa/Mary McCartney

Merdeka.com - Mempelajari sejarah sebenarnya bisa menjadi aktivitas yang menarik. Tetapi tak bisa dipungkiri kalau sejarah juga termasuk salah satu mata pelajaran yang dianggap paling membosankan bagi para siswa sekolah. Pasalnya masih banyak pengajar yang menyampaikan fakta-fakta sejarah dengan monoton.

Dengan sudut pandang yang berbeda, sejarah bisa jadi topik mengasyikkan untuk dibahas. Berikut ini kami mencoba menampilkan beberapa fakta sejarah dengan cara berbeda, dilansir Bored Panda.

1 dari 8 halaman

Jika Marilyn Monroe masih hidup, usianya sama dengan Ratu Elizabeth II

Ratu Elizabeth II menjabat tangan Marilyn Monroe. ©Istimewa

Banyak orang yang beranggapan kalau keduanya berasal dari era yang berbeda. Namun baik Marilyn Monroe maupun Ratu Elizabeth II sebenarnya sama-sama lahir di tahun yang sama, yaitu 1926.

Marilyn dan sang ratu pernah berjumpa saat keduanya menghadiri premier film The Battle of River Plate di Leicester Square, London.

Ratu Elizabeth II adalah kepala negara dan ratu yang memegang kekuasaan terlama di dunia. Di usia 92 tahun, kesehatan sang ratu masih tergolong prima dan dia belum berencana mundur dari tahta. Dengan demikian pewarisnya, Pangeran Charles pun menjadi putra mahkota tertua di dunia.

2 dari 8 halaman

Mamut berbulu masih berjalan di atas bumi saat Piramida tertua Mesir dibangun

Piramida Djoser. ©Pinterest

Para ilmuwan yakin bahwa mamut (mammoth) berbulu masih berkeliaran di bumi sampai sekitar tahun 1650 SM. Makhluk raksasa itu dapat ditemukan di sebuah pulau di lepas pantai timur Rusia sampai saat itu.

Sementara itu, struktur batu berskala besar pertama yang dibangun, yaitu Piramida Djoser dibangun antara tahun 2630 SM – 2611 SM.

Meskipun identik dengan zaman es, kenyataannya hewan tersebut pernah hidup dalam era yang sama dengan manusia.

3 dari 8 halaman

Kamp maut Auschwitz menerima tahanan pertama beberapa hari setelah restoran pertama McDonalds didirikan

Ilustrasi McDonald. ©shutterstock.com/Valeriy Velikov

Salah satu jaringan restoran makanan cepat saji terbesar di dunia, McDonald's dikaitkan dengan masa peningkatan kemakmuran di Amerika pada tahun 1950-an. Ini setelah franchise-nya dikembangkan oleh Ray Kroc. Namun restoran pertamanya yang didirikan oleh McDonald bersaudara pertama kali beroperasi pada tanggal 15 Mei 1940.

5 Hari kemudian, para tahanan pertama tiba di kamp konsentrasi Auschwitz yang sekarang masuk wilayah Polandia. Auschwitz dikenal sebagai kamp maut di mana para tawanan Nazi disiksa, dijadikan kelinci percobaan, dan dibantai.

4 dari 8 halaman

Orville Wright Masih Hidup Ketika Hiroshima Dan Nagasaki Dibom

Bom atom Hiroshima. © 3dhistory.co.uk

Wright bersaudara merupakan penemu purwarupa pesawat terbang. Sementara Wilbur Wright meninggal pada tahun 1912, Orville Wright masih hidup ketika kendaraan yang dia ciptakan dipakai sebagai alat tempur di Perang Dunia II.

Pada tahun 1945, pesawat Angkatan Udara AS menjatuhkan bom atom di Hiroshima dan Nagasaki, dua kota di Jepang. Serangan udara tersebut menewaskan sedikitnya 129.000 orang yang sebagian besar warga sipil.

Orville meninggal pada tahun 1948. Sebelum itu dia sempat menyatakan kesedihan atas peristiwa tersebut dalam sebuah wawancara.

"[Saat itu] Kami berani berharap kami telah menemukan sesuatu yang akan membawa perdamaian abadi di bumi. Tapi kami salah ... Tidak, saya tidak punya penyesalan atas andil saya dalam penemuan pesawat terbang, meskipun tidak ada yang lebih menyesal daripada saya atas kerusakan yang disebabkannya."

5 dari 8 halaman

Charlie Chaplin lahir pada tahun yang sama dengan Hitler dan dituduh sebagai simpatisannya

Charlie Chaplin membintangi The Great Dictator. ©Bored Panda

Charlie Chaplin adalah komedian legendaris dalam industri perfilman Amerika Serikat. Tak akan ada yang menyangka kalau namanya bisa dikaitkan dengan Adolf Hitler. Namun pada tahun 1940 Chaplin sempat membintangi The Great Dictator yang dia sutradarai dan produseri sendiri.

The Great Dictator adalah film komedi satir politik Amerika berisi sindiran kontroversial terhadap Adolf Hitler, Benito Mussolini, fasisme, antisemitisme, dan Nazi. Chaplin berperan ganda seorang diktator fasis yang kejam dan tukang cukur Yahudi yang terzalimi.

Secara kebetulan, Chaplin dan Hitler memiliki usia yang sama. Keduanya lahir pada tahun 1889. Juga sama-sama memiliki ciri khas berupa kumis pendek. Sepanjang karirnya, Chaplin kerap dituduh sebagai simpatisan Nazi.

6 dari 8 halaman

Harry Potter And The Deathly Hallows pada musim panas yang sama dengan rilisnya iPhone pertama

Steve Jobs - Harry Potter and The Deathly Hallows. ©Bored Panda

Buku ketujuh dalam seri Harry Potter, Harry Potter and The Deathly Hallows dirilis pada tahun 2007. Buku ini mengakhiri seri petualangan Harry Potter yang dimulai dengan rilisnya Harry Potter and The Philosopher Stone pada tahun 1997 dengan penerbitan Harry Potter dan Batu Bertuah.

Buku tersebut diterbitkan pada musim panas, bersamaan dengan musim rilisnya model iPhone pertama oleh Apple.

7 dari 8 halaman

Pangeran William Dan Kate Middleton menikah beberapa hari sebelum Osama bin Laden terbunuh

Pernikahan Pangeran William dan Kate Middleton. ©sfgate.com

Royal wedding antara Pangeran William dan Catherine 'Kate' Middleton berlangsung pada tanggal 29 April 2011 di Westminster Abbey, London, Inggris. William berada di urutan kedua dalam suksesi tahta Kerajaan Inggris.

Beberapa hari kemudian, Navy SEAL Amerika Serikat menyerbu kompleks Osama bin Laden di Abbottabad, Pakistan dan berhasil menewaskannya. Operasi tersebut mengakhiri pencarian selama satu dekade terhadap pendiri Al-Qaeda dan buronan internasional nomor satu tersebut.

8 dari 8 halaman

Universitas tertua di dunia sudah beroperasi selama ratusan tahun sebelum Kekaisaran Aztec didirikan

Piramida Aztec. ©Historyplex

Kekaisaran Aztec yang berawal dari aliansi tiga negara di kawasan Lembah Meksiko berdiri sejak tahun 1428. Peradaban ini dikenal memiliki tradisi yang kaya dan maju dalam bidang arsitektur dan kesenian.

Kebudayaan kuno Aztec hancur ketika pasukan gabungan Spanyol dan penduduk pribumi mengalahkan bangsa Aztec pada tahun 1521.

Uniknya, jauh sebelum Aztec berdiri manusia sudah mengenal yang namanya universitas. Universitas Karueein, institusi pendidikan tertua yang masih ada hingga saat ini sudah berdiri sejak tahun 859 di Fez, Maroko. [tsr]

Baca juga:
Kisah nyata 10 tokoh sejarah di drama Korea, ada yang berakhir tragis

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini