5 Manfaat tak terduga yang didapat dari mencatat setiap pengeluaran

Rabu, 1 Februari 2017 18:10 Reporter : Tantri Setyorini
5 Manfaat tak terduga yang didapat dari mencatat setiap pengeluaran Ilustrasi mencatat pengeluaran keuangan. © Alejandroescamilla.com via hd.unsplash.com

Merdeka.com - Berapa banyak uang saku atau gaji yang kamu habiskan bulan lalu? Uang tersebut kamu gunakan untuk keperluan apa saja? Kalau kamu kesulitan untuk menjawabnya, berarti ini saatnya untuk mulai membuat catatan pengeluaran.

Meskipun kelihatannya tak sepenting mengatur pengeluaran, tidak memiliki rekam jejak setiap pos pengeluaran bisa berujung masalah keuangan yang tidak disadari. Mulai dari tagihan kartu kredit yang membengkak hingga ketidakpastian finansial. Berikut ini manfaat yang kamu dapatkan dengan membuat catatan pengeluaran secara terperinci menurut Tiller Money.

Bisa mengetahui dan mengontrol kebiasaan belanja

Kebanyakan dari kita tak sadar telah menghabiskan sejumlah uang untuk barang-barang yang tak benar-benar dibutuhkan. Apalagi di era one-click shopping seperti sekarang. Semakin mudah untuk terjebak dalam kebiasaan belanja impulsif.

Dengan membuat catatan pengeluaran, kita bisa menganalisis kebiasaan belanja dan menentukan pos pengeluaran apa saja yang masih bisa ditingkatkan efisiensinya.

Lebih bijak dalam berbelanja

Mengetahui setiap dana masuk dan keluar beserta tujuannya akan membuat kita lebih peka terhadap jumlah harta yang kita miliki. Otomatis, kita jadi berpikir panjang sebelum berbelanja.

Kalau sudah begini, kecil kemungkinannya untuk terjebak dalam hedonisme berbentuk belanja impulsif. Pasalnya kamu akan merasa bersalah melihat saldo tabungan yang berkurang setiap waktu.

Lebih mudah menjalankan perencanaan finansial

Apapun tujuan finansial yang ingin kamu capai, pasti akan lebih mudah diraih jika kamu benar-benar memahami aliran dana yang kamu kuasai saat ini. Mengetahui laju arus kas dari rekeningmu akan membuatmu lebih mudah memilah kebutuhan apa saja yang harus diprioritaskan atau ditunda.

Saat ada pengeluaran tak terduga, kita bisa mengantisipasi dengan memangkas pos pengeluaran yang lain. Jadi rencana finansial jangka panjang tak sampai terganggu.

Terhindar dari stres karena masalah finansial

Tak ada pengeluaran yang benar-benar tak bisa diprediksi, tak ada tagihan menumpuk, dan tak ada pinjaman jatuh tempo yang telat diperpanjang. Mengetahui setiap pos pengeluaran akan membuat kita lebih siap dan terencana dalam menghadapi kebutuhan tak terduga. Jadi stres dan kecemasan karena masalah finansial bisa dihindari.

Keharmonisan hubungan dengan pasangan tetap terjaga

Menurut survei yang dilakukan oleh SunTrust Bank, uang adalah sumber ketidakharmonisan utama pada pasangan. Umumnya pria dan wanita yang tengah menjalani hubungan memiliki pendekatan yang berbeda dalam mengatur dana dan membuat catatan pengeluaran bisa menjadi sarana berkomunikasi dalam bidang finansial. Dengan begitu, pasangan bisa membuat keputusan finansial bersama.

Demikian manfaat membuat catatan pengeluaran yang mungkin tidak pernah kamu duga. Ternyata cukup banyak, ya, kegunaannya dalam hidup? [tsr]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini