5 Mainan populer yang diangkat jadi film Hollywood

Kamis, 5 April 2018 00:47 Reporter : Tantri Setyorini
5 Mainan populer yang diangkat jadi film Hollywood Transformers. © Paramount Pictures

Merdeka.com - Dalam dua dekade terakhir, film yang diangkat dari game, serial televisi, atau layar lebar populer tampaknya cukup banyak diminati. Hal ini membuat rumah produksi raksasa Hollywood memproduksi semakin banyak film berkonsep serupa. Tak terkecuali film yang diangkat dari mainan anak-anak populer.

Film-film Hollywood berikut diangkat dari mainan anak-anak laris. Beberapa di antaranya meraih popularitas yang bahkan lebih besar dari mainannya. Sementara sisanya harus merangkak mati-matian di tangga box office.

1 dari 5 halaman

Transformers

The Transformers. ©2007 Paramount Pictures

Transformers adalah film aksi fiksi ilmiah yang rilis pada tahun 2007. Film yang menampilkan pertarungan antara tim robot pembela kebajikan Autobots dan robot penghancur Decepticons itu berasal dari seri mainan robot Transformers yang diproduksi oleh Hasbro.

Sama seperti mainannya, Transformers menjadi salah satu film terlaris di dunia dengan pendapatan mencapai $709.700.000,00 dari biaya produksi $150.000.000,00. Keempat sekuelnya, Transformers: Revenge of the Fallen (2009), Transformers: Dark of the Moon (2011), Transformers: Age of Extinction (2014), dan Transformers: The Last Knight (2017) bahkan berhasil meraup pendapatan yang lebih besar lagi.

Film tersebut juga berhasil melejitkan nama kedua pemeran utamanya, Shia LaBeouf dan Megan Fox di dunia perfilman Hollywood.

2 dari 5 halaman

Battleship

Battleship (2012). ©2012 Hasbro Studios

Battleship adalah film fiksi ilmiah militer dari Amerika Serikat yang rilis pada tahun 2012. Dibintangi oleh Taylor Kitsch, Rihanna, Tadanobu Asano, Alexander Skarsgård, Liam Neeson, dan Brroklyn Decker. Menceritakan tentang pertempuran laut antara sekelompok prajurit angkatan laut di dalam kapal selam mereka menghadapi serbuan alien.

Film ini diangkat dari mainan populer yang diproduksi oleh Hasbro. Dipromosikan besar-besaran oleh Universal Pictures dan Hasbro, dengan harapan bakal menuai sukses seperti Transformers. Sayangnya cerita yang dianggap kurang memuaskan oleh penonton maupun kritikus membuat film ini gagal di pasaran. Battleshop hanya mampu meraup pendapatan $65.000.000,00 di Amerika Utara.

3 dari 5 halaman

Bratz

Bratz: The Movie (2007). ©2007 Crystal Sky Pictures

Bratz tampaknya lebih populer lewat boneka dan film animasinya. Terdiri dari empat karakter boneka cantik yang ditujukan untuk anak-anak perempuan. Kurang lebih seperti Barbie produksi Mattel.

Filmnya disutradarai oleh Sean McNamara. Dibintangi oleh Nathalia Ramos, Skyler Shaye, Logan Browning, dan Janel Parrish. Ceritanya mengangkat persahabatan dan kehidupan sekolah keempat karakternya.

Bratz termasuk film kategori box office bomb. Di Ameria Utara saja film ini hanya berhasil meraih separuh dari biaya produksi sebesar $20.000.000,00 yang harus dikeluarkan.

4 dari 5 halaman

Dungeons & Dragons

Dungeons & Dragons (2000). © Branded in the 80s - Silver Pictures

Kalau Transformers dan Battleship mengusung genre fiksi ilmiah, Dungeons & Dragons menawarkan cerita fantasi. Mengangkat kisah Kekaisaran Izmir yang berkonflik karena dikuasai para penyihir jahat. Konsepnya sendiri diambil dari permainan role play Dungeons & Dragons.

Sayangnya film yang rilis di tahun 2000 itu nyaris tak terdengar gaungnya. Padahal sudah dibintangi Jeremy Irons yang termasuk nama besar di dunia perfilman Hollywood. Dari biaya produksi sebesar $45.000.000,00, Dungeons & Dragons hanya berhasil meraup $33.800.000,00 dari peredarannya di bioskop seluruh dunia.

Walaupun begitu, sekuel Dungeons & Dragons masih terus diproduksi, hanya saja tidak diedarkan ke bioskop-bioskop. Dungeons & Dragons: Wrath of the Dragon God (2005) dijadikan film televisi. Sementara Dungeons & Dragons: The Book of Vile Darkness (2012) diedarkan di pasaran dalam bentuk video.

5 dari 5 halaman

G.I. Joe

G.I Joe. © Hasbro - Paramount Pictures

Satu lagi mainan dengan target anak lelaki yang diangkat menjadi film populer. G.I. Joe yang menampilkan action figure militer dan sangat laris di pasaran.

Film pertamanya adalah G.I. Joe: The Rise of Cobra (2009). Judul ini menampilkan karakter-karakter ikonik G.I. Joe: A Real American Hero seperti Duke, Ripcord, Hawk, Snake Eyes, Cobra Commander, Destro, Storm Shadow, dan The Baroness. Dibintangi oleh nama besar seperti Channing Tatum, Joseph Gordon Levitt, dan Sienna Miller.

Film G.I Joe berhasil masuk 10 besar film dengan penghasilan di atas $300.000.000,00 pada tahun 2009. Jumlah ini sangat besar jika dibandingkan dengan anggaran $175.000.000,00 yang dikeluarkan untuk produksi film. Sekuelnya, G.I. Joe: Retaliation (2013) yang dibintangi Dwayne 'The Rock' Johnson, Bruce Willis, dan Channing Tatum juga tak kalah sukses dari segi finansial.

Itulah deretan mainan populer yang diangkat menjadi film layar lebar. Tak semua berhasil mendapatkan kesuksesan memang. [tsr]

Baca juga:
Fashion 'jadul' di film Dilan 1990 masih OK di era sekarang
Sukses 'DEAR NATHAN', novel Serendipity karya Erisca Febriani juga difilmkan
Iqbaal dan Vanesha Prescilla sudah dikontrak bintangi empat film 'DILAN'
Carissa Perusset Resmi Perankan Tokoh Keara di 'ANTOLOGI RASA'

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini