4 Sifat Ini Bikin Kamu Mudah Terjebak Hubungan Toxic dengan Pasangan Narsis

Jumat, 24 Mei 2019 04:00 Reporter : Tantri Setyorini
4 Sifat Ini Bikin Kamu Mudah Terjebak Hubungan Toxic dengan Pasangan Narsis Ilustrasi pasangan. ©SBS

Merdeka.com - Seorang narsisis atau lebih umum kita sebut narsis adalah individu yang egois. Segala hal berpusat kepada diri mereka.

Menjalin hubungan dengan pria atau wanita narsis jelas bukan relasi yang ideal. Walaupun begitu, banyak juga orang yang terjerat pesona si narsis. Bahkan sampai berkutat di dalam hubungan toxic bersama mereka hingga bertahun-tahun.

Ada banyak alasan yang menyebabkan seseorang jatuh cinta kepada individu yang memiliki kepribadian narsis. Jangan keburu menghakimi, karena kamu pun bisa saja terjatuh di lubang yang sama. Bagaimana cara mengetahuinya?

Kalau kamu memiliki satu atau dua sifat yang disebutkan YourTango berikut, hati-hatilah, karena kamu rawan terjebak hubungan toxic dengan pria atau wanita narsis.

1. Terlalu Mudah Percaya dan Memaafkan

Kalau kamu adalah orang yang memiliki kecenderungan untuk melihat orang lain dari sisi terbaiknya saja, besar kemungkinan kamu bakal mudah jatuh cinta kepada pria atau wanita narsis.

Seseorang yang narsis bisa tampil begitu meyakinkan. Jika mereka bertekad untuk membuatmu tertarik, mungkin kamu bakal jatuh percaya karena kamu memang orang baik yang cenderung mencari sisi positif orang lain. Masalahnya adalah kadang apa yang terlihat sempurna di depan mata juga memiliki sisi terburuk di baliknya.

2. Kamu Mudah Terjebak Dalam Angan-Angan daripada Melihat Kenyataan

Kalau kamu termasuk orang yang mudah cinta buta, seperti inilah bentuknya jika berhubungan dengan orang narsis. Kamu cenderung terlena oleh intensitas hubungan, nafsu, atau emosi meluap yang dia hadirkan untukmu. Pasalnya orang-orang narsis adalah makhluk yang dramatis. Mereka bisa saja membuatmu bertahan di dalam hubungan toxic karena kamu memegang keyakinan buta kalau mereka mencintai dan menghargaimu dengan tulus.

3. Kamu Yakin Setiap Orang Bisa Berubah

Orang-orang narsis itu sangat manipulatif. Berapa kali pun berbuat salah, mereka selalu punya cara untuk meyakinkanmu kalau mereka bisa dan bakal berubah. Mereka pun mudah mengobral janji untuk tidak menyakitimu lagi. Kamu yang sudah menginvestasikan banyak hal di dalam hubungan itu pun kemungkinan besar bakal lebih memilih untuk percaya.

4. Kamu Memiliki Rasa Rendah Diri

Orang yang narsis memiliki cara untuk menyamarkan 'tanda bahaya' yang seharusnya kamu lihat dengan perilaku manipulatif. Contohnya, jika ketahuan berselingkuh, mereka akan memutarbalikkan fakta dengan menyalahkan kamu. Bukannya bertanggungjawab, mereka akan menuding sifatmu yang manja atau justru tidak perhatian sebagai alasan mereka tak setia.

Pasangan yang memiliki rasa percaya diri rendah bisa mempercayai taktik manipulasi seperti ini dengan mudah. Kurangnya penghargaan terhadap diri sendiri membuat mereka cenderung menerima perlakuan buruk dan tuduhan si narsis tanpa pikir panjang.

Bagaimana, adakah sifat-sifat di atas yang kamu miliki? Kalau memang ada, sebaiknya ubahlah perlahan-lahan. Terutama rasa rendah diri. Sifat ini yang perlu segera diperbaiki agar kamu tidak mudah terjebak bersama pria atau wanita berkepribadian narsis. [tsr]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini