4 Alasan Wajib Punya Jadwal Makan untuk Kucing, Langkah Awal Jaga Kesehatannya

Senin, 19 Juli 2021 08:00 Reporter : Wuri
4 Alasan Wajib Punya Jadwal Makan untuk Kucing, Langkah Awal Jaga Kesehatannya 4 Alasan Wajib Punya Jadwal Makan untuk Kucing, Langkah Awal Jaga Kesehatannya. ©Shutterstock

Merdeka.com - Makanan merupakan salah satu hal penting dalam kehidupan kucing. Membantu tumbuh kembang anabul, pemberian makanan yang kurang tepat justru berisiko memicu gangguan kesehatan. Memiliki jadwal makan yang konsisten bisa membantu menjaga kucingmu tetap sehat berkat beberapa manfaat berikut ini.

Mudah Mengamati Kebiasaan Makan Kucing

4 alasan wajib punya jadwal makan untuk kucing langkah awal jaga kesehatannya
©Shutterstock

Daripada meninggalkan dry food di mangkuknya sepanjang hari, kucing biasa diberi makan dua kali sehari pada waktu yang sudah dijadwalkan. Hal ini memudahkanmu untuk mengamati ada tidaknya perubahan yang terjadi, salah satunya gangguan kesehatan. Anabul terkenal pandai menyembunyikan gejala penyakit hingga muncul setelah kondisinya cukup parah.

Pemberian makanan sesuai jadwalnya memungkinkanmu untuk melihat apa yang terjadi pada makanannya. Mulai dari berapa banyak porsi makan kucing, seberapa cepat menghabiskan makanannya, atau tampak lapar setelah jam makan.

Punya Kontrol atas Pola Makan Kucingmu

4 alasan wajib punya jadwal makan untuk kucing langkah awal jaga kesehatannya
©Shutterstock

Tanpa jadwal makan, pemilik kucing akan kesulitan mengontrol berapa banyak makanan yang diberikan. Ini termasuk faktor yang penting bagi anabul yang perlu menurunkan berat badan, memiliki kondisi medis yang perlu pola makan khusus, atau memiliki beberapa ekor kucing.

Bagi anabul yang mengalami obesitas, tidak ada gunakannya memberikan makanan rendah kalori jika porsi makannya dua kali lebih banyak. Cara ini pun efektif untuk mencegah kucing berebut makanan, yang bikin salah satu kegendutan dan yang lainnya berisiko mengalami kekurangan nutrisi.

Lebih Mudah Mengubah Pola Makan

4 alasan wajib punya jadwal makan untuk kucing langkah awal jaga kesehatannya
©Shutterstock

Ada sejumlah alasan mengapa pemilik perlu mengubah pola makan kucing, mulai dari kebutuhan nutrisi yang berubah seiring dengan usianya hingga mengenalkan makanan baru. Pemberian makanan sesuai jadwal yang konsisten memungkinkanmu untuk mengubah makanan kucing secara perlahan.

Coba tambahkan sedikit makanan baru ke yang lama di pagi hari untuk melihat bagaimana anabulmu menoleransinya. Jika semuanya berjalan dengan baik, tambahkan sedikit lebih banyak makanan baru di malam hari. Lakukan transisi ini perlahan agar tidak sampai mengganggu kesehatannya.

Meningkatkan Hubungan dengan Kucing

4 alasan wajib punya jadwal makan untuk kucing langkah awal jaga kesehatannya
©Shutterstock

Jalan untuk memenangkan hati kucing bisa berasal dari perutnya. Saat mulai memberikan makanan secara terjadwal, anabulmu akan melihat pemiliknya sebagai bagian yang penting dari kehidupannya.

Dapat membantu membangun kepercayaan, kucingmu akan mulai menghampirimu lebih sering untuk meminta makan sesuai waktunya. Selain itu, jam makan ini bisa digunakan untuk memberinya belaian dan pujian yang membantumu lebih akrab dengan hewan peliharaan.

4 alasan wajib punya jadwal makan untuk kucing langkah awal jaga kesehatannya
©2021 Merdeka.com

Selain memiliki jadwal makan yang tepat, pemilihan cat food juga punya pengaruh besar pada kesehatan kucing. Pilih yang terbuat dari bahan alami seperti Muezza, yang diolah dengan teknologi modern. Sehat, aman, dan halal, ada 4 varian rasa yang bisa dipilih sesuai selera makan anabul, Tak perlu repot mencari Muezza di petshop, cukup pesan secara online di Shopee dan Tokopedia. (*/eth)

Beli Muezza di ShopeeBeli Muezza di Tokopedia [wri]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Makanan Kucing
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini