3 Desa Paling Bersih Sedunia, Salah Satunya di Indonesia

Minggu, 20 Oktober 2019 00:03 Reporter : Tantri Setyorini
3 Desa Paling Bersih Sedunia, Salah Satunya di Indonesia Giethoorn. ©Shutterstock

Merdeka.com - Kebersihan pemukiman memang menjadi tanggung jawab bersama warga yang tinggal di dalamnya. Namun masih banyak yang sulit untuk menyadari tanggung jawab tersebut.

Berbeda dengan desa seperti Giethoorn di Belanda atau Mawlynnong, India di mana menjaga kebersihan merupakan komitmen berkelanjutan yang dijalankan warganya dengan sukarela. Tak heran kalau dua desa ini lantas menjadi teladan, bahkan menjadi tujuan wisata populer karena citra positifnya.

Berikut ini Merdeka.com menampilkan desa-desa yang diakui paling bersih sedunia. Salah satunya berada di Indonesia, lho.

1 dari 3 halaman

Penglipuran - Indonesia

Penglipuran. Instagram/maja_sretic

Penglipuran, desa adat di Bangli, Bali menduduki peringkat ketiga desa terbersih di dunia. Pemukiman tradisional yang letaknya tak jauh dari Kintamani ini tak hanya dikenal karena keindahannya.

Penglipuran merupakan kawasan wisata yang sangat populer. Tetapi desa ini tetap bisa mempertahankan sisi tradisional dan kelestarian lingkungannya. Penataan desa dan bangunan tradisionalnya masih terjaga utuh. Begitu juga dengan 75 hektar hutan bambu dan 10 hektar vegetasi yang masih terawat. Bahkan inilah yang menjadi ciri khas Penglipuran di mata dunia.

2 dari 3 halaman

Mawlynnong - India

Mawlynnong adalah sebuah desa di Perbukitan Khasi Timur, Mahalaya, India. Menurut laporan BBC, desa ini dikenal dunia karena kebersihannya yang sangat terjaga. Bahkan meraih predikat sebagai desa terbersih di India dan Asia.

Bagi warga Mawlynnong, kebersihan desa adalah kesepakatan dan komitmen bersama. Jadi setiap orang memang diminta untuk berpartisipasi dalam menjaga kebersihan keseluruhan pemukiman.

Merokok dan menggunakan plastik polietilena dilarang keras. Sampah harus rutin dikumpulkan dan dijadikan pupuk. Sementara air hujan ditampung.

Berkat popularitasnya sebagai salah satu desa terbersih di dunia, kunjungan ke Mawlynnong beberapa tahun terakhir meningkat drastis. Menurut laporan NPR, kunjungan wisata ini turut meningkatkan pendapatan warga hingga 60 persen.

3 dari 3 halaman

Giethoorn - Belanda

Giethoorn adalah sebuah desa unik dengan julukan Venesia dari Belanda. Menurut artikel Travel Channel, tempat ini disebut sebagai desa paling bersih sedunia.

Alih-alih jalan, rumah-rumah warga di Giethoorn dihubungkan oleh sungai. Karena itulah, warga Giethoorn harus menggunakan perahu sebagai sarana mobilitas utama. Air sungai pun senantiasa bersih dari limbah. [tsr]

Baca juga:
Keunikan Tower of Hercules, Mercusuar Tertua di Dunia
Gunung Popa, Rumah 37 Roh Terkuat di Myanmar
Melihat Penginapan Langganan Menteri Susi di Kabupaten Natuna
Conde Nast Traveler Nobatkan Siargao, Filipina Sebagai Pulau Terbaik di Dunia
Pesona Menorca Island, Pulau dengan Pantai Sebening Kristal

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini