Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

20 Kuliner Khas Malang, dari yang Legendaris sampai Kekinian

20 Kuliner Khas Malang, dari yang Legendaris sampai Kekinian Ilustrasi bakso bakar. ©Tantri Setyorini

Merdeka.com - Kota Malang, Jawa Timur merupakan surga kuliner bagi para pecinta makanan. Pasalnya, kota ini puya banyak kuliner yang bisa didapatkan dengan harga terjangkau. Makan-makan di Malang tak kalah hemat daripada Solo dan Yogyakarta.

Pelancong yang hendak berwisata kuliner di Malang tentu harus tahu dulu makanan-makanan khas kota ini. Kuliner khas Malang sangat beragam jenis dan variasinya. Berikut ini beberapa di antaranya yang dirangkum oleh Merdeka.com.

Bakso Malang Bakso Bakar Orem-orem Sate Kelinci Ketan Topping Mendol Keripik Tempe Nasi Mawut Cwimie Cilok Daging Mie Setan Soto Kampung Wedang Angsle Ceker Setan Tahu Lontong Sari Apel Mie Pangsit Sempol Sate Gebug Menjes

1. Bakso Malang

View this post on Instagram

Gimana kalau sempetin mampir kesini? Semangkok bakso bisa banget lho balikin mood mu di hari senin ini 😉👌 Buka setiap hari mulai pukul 10.30 - 21.00 malam. @baksokotacakman_malang pusat berada di Jl. W. R. Supratman C1 Kav. 13-14 Malang. Atau klik location diatas yaa! . . #baksokotacakman #baksomalang #baksokhasmalang #baksokotacakmanmalang

A post shared by Bakso Kota Cak Man (@baksokotacakman_malang) on Jun 22, 2020 at 5:46am PDT

Bakso merupakan salah satu kuliner khas Malang yang paling dikenal dan digemari. Bakso khas Malang memiliki ragam isi yang lebih banyak daripada bakso di kota lain.

Selain bakso halus yang lebih sering disebut pentol, ada pula bakso urat atau pentol kasar, gorengan pangsit panjang atau kembang, mi kuning, soun, dan tahu. Selain itu biasanya juga disajikan lontong sebagai teman makan bakso.

Bakso dapat dengan mudah ditemui di kota Malang. Mulai dari gerobak kaki lima sampai restoran. Variasi bakso yang disediakan pun semakin beragam. Misalnya bakso mercon, bakso seafood, bakso sum-sum, hingga bakso gulung.

2. Bakso Bakar

View this post on Instagram

A post shared by Tantri Setyorini (@tantriseating) on Jan 24, 2020 at 5:46pm PST

Selain bakso biasa, Malang juga mulai dikenal karena kuliner bakso bakarnya. Makanan ini terbuat dari bakso kasar atau halus yang dibakar bersama bumbu kecap, bawang, dan bumbu cabai.

Biasanya makanan khas Malang ini juga disajikan bersama semangkuk kuah bakso, sambal kecap, dan soun melimpah.

3. Orem-orem

View this post on Instagram

Banyak yg tanya makanan khas Malang itu apa sih? Jawabannya ya orem orem rek. ⠀ Makanan berkuah santan gurih manis mirip lodeh dengan bahan dasar tempe, biasa disajikan dengan ketupat dan kecambah rebus. Ada yg menyajikan tempenya dalam potongan besar, ada juga yg menyajikan tempenya dengan potongan kecil-kecil. ⠀ Makin ciamik kalau didampingi dengan perkedel kentang, mendol, tempe goreng dan krupuk “blek”. Kalau yg di tempat ini kalian juga bisa nambah lauk daging dan telur ayam. ⠀ Ngomong ngomong sudah pernah makan orem orem belum? ⠀ ⠀ ⠀ ⠀ 🔻🔻🔻🔻🔻🔻 Orem Orem H. Syahri 📍 Jl. Gatot Subroto 72, Jodipan ⏰ 09.00 - 16.30 WIB 💰 Rp3.000 - Rp15.000 #ngalamkuliner #nguliner

A post shared by Kulinermalang Ngalamkuliner (@ngalamkuliner) on Jul 31, 2019 at 7:01pm PDT

Selanjutnya ada orem-orem yang juga dikenal sebagai kuliner khas Malang. Penampilannya tak terlalu berbeda dengan sayur lodeh.

Masakan dengan kuah santan encer ini berbahan dasar irisan tempe dan tahu. Orem-orem biasa disajikan dengan ketupat serta tauge sebagai pugasan.

4. Sate Kelinci

View this post on Instagram

Salah gak sih makan sate jam segini?🙄😂. Oke-oke aja lahh yaa apalagi kalo makannya di hawa-hawa dingin🤤🤤🤤. Kalo di daerah hawa dingin paling identik sih sama “sate kelinci” . Kyk sate yang mimin makan nih sate kelinci abang-abang. Enak, murmerrrr pokoknya manjii tenan👍👍👍😂. Kalo kalian sukanya sate apa?🙄. ———————— “SATE KELINCI COBAN RAIS” 📍: Wisata air terjun Coban Rais Batu - Malang (Sate abang2 yang ada di dalem tempat wisata coban rais) 💵 : Sate kelinci 1porsi(10 tusuk) : 15k Sate ayam 1porsi : 11k ⏰: Jam buka mengikuti jam oprasional Coban Rais ———————— Yuk ajak keluarga, pacar, temen, kakak, adik dan jangan lupa like & share ke mereka yaa ❣️. @loveactivities #LA_Kuliner #IVGFood #loveactivities #kulineraddict #satekelinci #satedaerahhawadingin #satekelincibatu #satekelincimalang #satebatu #satemalang #batu #malang #kulinersby #kulinersidoarjo #dagelan #dagelanfood #foodindo #itssorecommended

A post shared by Kuliner . Travel . Recipe (@loveactivities) on Apr 25, 2018 at 11:15pm PDT

Bagi beberapa orang, sate kelinci termasuk kuliner ekstrem karena daging hewan bertelinga panjang itu tak biasa disantap. Namun di daerah-daerah dataran tinggi, makanan ini cukup mudah ditemui.

Batu, Malang juga menjadi tempat wisata kuliner sate kelinci yang cukup populer di antara pelancong luar Malang. Seporsi sate ini biasanya terdiri dari sepuluh tusuk daging dengan potongan kecil-kecil yang sekilas mirip sate ayam.

5. Ketan Topping

Selain sate kelinci, Batu juga punya kuliner khas lain. Makanan khas Malang berupa ketan topping ini menampilkan sepiring ketan kukus yang disajikan bersama berbagai jenis pugasan. Misalnya kental manis, keju, saus durian, pisang, cokelat, hingga daging ayam.

View this post on Instagram

Bagaimana puasany Tempe loverz.... Tak terasa Lebaran sudah di depan Mata 😊 Meskipun suasana Ramadhan n lebaran Kali ini beda dengan tahun" sebelumnya...Semoga Kita bisa mengambil hikmah di balik pandemi ini...🤲

A post shared by Keripik Tempe Oleh-Oleh Malang (@keripiktemperohani) on May 16, 2020 at 8:40pm PDT

Sebagai salah satu kota penghasil tempe, tak heran kalau olahan tempe menjadi kuliner khas Malang. Salah satunya adalah keripik tempe.

Keripik tempe menjadi oleh-oleh wajib bagi traveler yang mampir ke kota Malang. Biasanya jajanan renyah aneka rasa ini dibeli dari sentra industri tempe dan keripik tempe, Sanan. Selain keripik tempe, kawasan itu juga menawarkan keripik buah, pai apel, serta jajanan khas Malang lainnya.

8. Nasi Mawut

      View this post on Instagram

Baru jam segini udah pengen makan Cui mie di @gloria_cuimie langsung aja deh order. Ciptakan Restoran Di Rumah Anda!! Halal, No MSG! 🏡Locations : 🥟 Ruko Sentra Niaga Puri Indah Blok T5 No 11 Bulk Order : 📞 0811-8991-515 📞 0812-8092-0412 Frozen Food Cuimie Ayam 1pak isi 2 porsi #cwimie #gloria_cuimie #mie_sehat #mie_enak #kulinerjakarta #kulinerkembangan #kulinermeruya #bakmienak #bakmihalalkembangan #frozedfoodjakarta #lauksiapsaji #frozenfood #cuimiemalang #cuimiehalal

A post shared by CIPTAKAN RESTORAN DIRUMAH ANDA (@gloria_cuimie) onOct 12, 2020 at 9:15pm PDT

Semangkuk cwimie bisa didapatkan dengan harga murah, mulai dari Rp7.000 sampai yang berharga di atas Rp20.000.

10. Cilok Daging

      View this post on Instagram

Mie Setan Bromo memang istimewa di hati~ Dari mienya, minumannya, dan dimsumnya punya arti sendiri-sendiri. Apalagi yang makan kesini bareng kekasih 😋 Hayo setiap kamu datang ke Mie Setan Bromo, menu apa yang "wajib banget" kamu pesan? Share yuk! 👇 #miesetanbromo #miesetan #foodporn #foodies #kuliner #laperbener #covid19 #staysafe #kulinermalang #malangfoodies #newnormal

A post shared by Mie Setan Bromo (@miesetanbromo) onJul 6, 2020 at 9:04pm PDT

Saat ini mie setan atau mi setan sudah bisa ditemukan di berbagai kota di Indonesia. Namun awalnya makanan ini dirintis di Malang. Jadi tak salah jika mie setan disebut sebagai makanan khas Malang.

Semangkuk mie setan terdiri dari mi telur tipis yang diolah seperti cwimie, namun dicampur dengan cabai rawit tumbuk. Tingkat kepedasannya bisa disesuaikan dengan selera pelanggan. Biasanya penjual makanan ini juga menyediakan mie iblis yang dicampur cabai rawit dan kecap manis sebagai variasi menu.

Ratusan kedai yang menawarkan mi setan bisa ditemukan di Malang. Beberapa yang populer di antara pecinta kuliner adalah Kober Mie Setan, Mie Setan Noodle n' Dimsum, dan Mie Gacoan.

12. Soto Kampung

      View this post on Instagram

Angsle - a traditional Malang dessert, with coconut milk added to the light-ginger-tinted infusion, with glutinous rice based gimmicks, bread , green bean etc 👍🏻👍🏻👍🏻😍 luv it

A post shared by Merry (@sweetgastronomer) onJan 15, 2018 at 6:26pm PST

Angsle adalah minuman khas Malang yang terdiri dari potongan roti tawar, ketann, mutiara hunkwe, dan putu mayang (petulo), kacang tanah, dan kacang hijau yang disiram kuah santan legit. Kadang ada juga yang menambahkan serabi pada minuman hangat ini.

14. Ceker Setan

      View this post on Instagram

One more mission for my #malangkulinertrip completed.... Another heritage culinary from Malang city ..... ---- "TAHU LONTONG LONCENG" Jl. Laksamana Martadinata no.66 Malang ---- ini kalo versi surabaya namanya #tahutek / #tahutelor. kurang lebih sama lah.. beda2 versi sedikit.. kalo versi #tahulontonglonceng pake #taoge (#kecambah) kalo di surabaya gak pake.. ---- Paling ngak nemu #kulinermalang yang ngak menguras kantong.. #murmer ... ini yang paling saya doyan... wkwkwk... Sudah ada yang pernah nyoba #tahulontonglonceng ini ngak? double tap dan mention tmn2 kamu ya yg doyan #tahulontong ini.. ---- #sbykulinerinfo #amazingindonesiafood #surabayafoodhunter #sbyfoodhunter #surabayafoodies #foodiesby #foodiemalang #tahulontonglonceng #kulinermalang #SKIMalang #sbykulinerinfojalan2kemalang

A post shared by kuliner surabaya (@sbykulinerinfo) onJul 20, 2015 at 6:49am PDT

Surabaya punya kuliner khas bernama tahu lontong. Namun ada juga makanan khas Malang bernama tahu lontong. Pada dasarnya, tahu lontong ini tak beda jauh dari tahu tek. Walaupun begitu, tahu lontong khas Malang memiliki penampilan dan rasa yang agak berbeda dari tahu lontong Surabaya.

Namun bumbu tahu lontong di Malang dicampur kacang tumbuk dan kecap manis. Setelah itu disajikan bersama tahu goreng, tauge, dan kerupuk kanji. Sementara tahu lontong Surabaya lebih dominan petisnya dan disajikan bersama tauge pendek.

16. Sari Apel

      View this post on Instagram

Saat malak tukang mie pangsit bersama keluarga sesudah coblosan . Lalu hasil tindakan kriminal disantap sambil nyinyir ala netizen di teras . Kang pangsit? Tampaknya menyesali keputusannya jualan di area Polehan hari itu. Tapi saya ndak sempat memastikan ke ybs juga, sih . #miepangsit atau #pangsitmie ? #sakarepmu

A post shared by Tantri Setyorini (@tantriseating) onApr 20, 2019 at 2:10am PDT

Biasanya cwimie disajikan bersama sawi hijau rebus, cincangan daging atau usus ayam bumbu kuning, dan kerupuk pangsit melimpah.

Mie pangsit ini juga termasuk makanan murah meriah. Anda bisa mendapatkannya dengan harga Rp5.000-Rp8.000. Bahkan masih ada pedagang yang menjual mie pangsit murah meriah seharga Rp3.000, lho.

18. Sempol

      View this post on Instagram

Ke Malang ga afdol rasanya kalo ga nyicipin Sate Sapi di #warungsategebug. Dagingnya super duper empuk, ditambah bumbunya yg spicy alias rempah banget. . Sate 25K / tusuk Sop ayam 25K Tempe / Mendol 5K . #sategebug #sategebugmalang #foodshare #foodjournal #fooddiary #foodphotography #kulinermalang #putridimalang

A post shared by Putri (@putri.photowork) onMay 14, 2018 at 3:27am PDT

Sate gebug termasuk kuliner khas Malang yang legendaris. Makanan ini bisa didapatkan di Warung Sate Gebug yang sudah beroperasi sejak tahun 1920.

Setusuk sate gebug memiliki potongan daging yang sangat tebal. Daging tidak diiris atau digiling, tapi dipukul-pukul sampai lunak. Setelah itu dibalur bumbu kecap manis yang gurih dan dibakar sampai matang. Satenya masih juicy dan terasa semakin gurih karena disajikan bersama bumbu kecap encer melimpah.

20. Menjes

(mdk/tsr)
ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
image Rekomendasi
Syarat Pendaftaran AMIN Sudah Lengkap, Cak Imin: Tinggal Daftar 19 Oktober 2023

Syarat Pendaftaran AMIN Sudah Lengkap, Cak Imin: Tinggal Daftar 19 Oktober 2023

Cak Imin mengklaim dirinya bersama Anies hanya tinggal menuju ke KPU.

Baca Selengkapnya icon-hand
image Rekomendasi
Perkuat Dukungan di Pilpres 2024, Cak Imin Buka Peluang Temui PSI

Perkuat Dukungan di Pilpres 2024, Cak Imin Buka Peluang Temui PSI

Lalu bagaimana dengan pertemuan dengan Rizieq, apakah Cak Imin melakukan pembicaraan politik?

Baca Selengkapnya icon-hand
image Rekomendasi
Momen Kompak Ayu Ting Ting dan Bilqis Liburan di Korea, Gemas Kayak Kakak Beradik

Momen Kompak Ayu Ting Ting dan Bilqis Liburan di Korea, Gemas Kayak Kakak Beradik

Ayu Ting Ting mengajak keluarganya liburan ke Korea Selatan. Momen kebersamaannya dengan sang buah hati, Bilqis sukses mencuri perhatian

Baca Selengkapnya icon-hand
image Rekomendasi
10 Potret Kantor Baru Raffi Ahmad yang Keren Abis, Kartu Akses Masuk Ada Emas dan Berliannya

10 Potret Kantor Baru Raffi Ahmad yang Keren Abis, Kartu Akses Masuk Ada Emas dan Berliannya

Kantor baru Raffi Ahmad dan Nagita Slavina yang direnovasi oleh Irwansyah tak lama lagi akan segera rampung.

Baca Selengkapnya icon-hand
image Rekomendasi
Momen Raffi Ahmad & Nagita Slavina Beri Kejutan Ultah Untuk Sus Rini, Rayyanza Malah Nangis Histeris

Momen Raffi Ahmad & Nagita Slavina Beri Kejutan Ultah Untuk Sus Rini, Rayyanza Malah Nangis Histeris

Dikenal sebagai bos idaman, Raffi Ahmad dan Nagita Slavina memberikan kejutan ulang tahun untuk pengasuh Rayyanza yakni Sus Rini.

Baca Selengkapnya icon-hand
Faktor Pendorong Integrasi Nasional dan Penghambatnya, Perlu Diketahui

Faktor Pendorong Integrasi Nasional dan Penghambatnya, Perlu Diketahui

Integrasi nasional penting dibangun di setiap negara.

Baca Selengkapnya icon-hand
Efek Samping Makan Mangga Terlalu Banyak, Bisa Picu Alergi hingga Gangguan Lambung

Efek Samping Makan Mangga Terlalu Banyak, Bisa Picu Alergi hingga Gangguan Lambung

Meski sehat, buah mangga tidak boleh dikonsumsi dalam jumlah banyak.

Baca Selengkapnya icon-hand
Arti Subhanallah Walhamdulillah Wala Illaha Illallah Wallahu Akbar, Ketahui Anjuran Amalannya

Arti Subhanallah Walhamdulillah Wala Illaha Illallah Wallahu Akbar, Ketahui Anjuran Amalannya

Zikir menjadi salah satu amalan yang dianjurkan dalam Islam.

Baca Selengkapnya icon-hand
35 Ucapan Hari Kesaktian Pancasila 2023 Singkat, Tumbuhkan Jiwa Nasionalisme

35 Ucapan Hari Kesaktian Pancasila 2023 Singkat, Tumbuhkan Jiwa Nasionalisme

Ucapan Hari Kesaktian Pancasila 2023 bisa tumbuhkan jiwa nasionalisme

Baca Selengkapnya icon-hand
35 Kata-kata Selamat Datang Bulan Oktober, Bisa untuk Status Medsos

35 Kata-kata Selamat Datang Bulan Oktober, Bisa untuk Status Medsos

Memasuki bulan Oktober ada hal-hal yang selalu menjadi harapan baru agar bulan ini bisa menjadi lebih baik dari bulan lalu.

Baca Selengkapnya icon-hand
Arti Mimpi Ular Hitam, Bisa Jadi Pertanda Baik dan Buruk

Arti Mimpi Ular Hitam, Bisa Jadi Pertanda Baik dan Buruk

Arti mimpi ular hitam bisa berbeda-beda atau tergantung dengan status Anda sekarang.

Baca Selengkapnya icon-hand
Man Jadda Wajada Artinya Barangsiapa Bersungguh-sungguh Pasti Berhasil, Berikut Penjelasan Lengkapnya

Man Jadda Wajada Artinya Barangsiapa Bersungguh-sungguh Pasti Berhasil, Berikut Penjelasan Lengkapnya

Man Jadda Wajada ungkapan yang inspiratif, ini penjalasan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Selengkapnya icon-hand