20 Kuliner Khas Malang, dari yang Legendaris sampai Kekinian

Minggu, 18 Oktober 2020 10:44 Reporter : Tantri Setyorini
20 Kuliner Khas Malang, dari yang Legendaris sampai Kekinian Ilustrasi bakso bakar. ©Tantri Setyorini

Merdeka.com - Kota Malang, Jawa Timur merupakan surga kuliner bagi para pecinta makanan. Pasalnya, kota ini puya banyak kuliner yang bisa didapatkan dengan harga terjangkau. Makan-makan di Malang tak kalah hemat daripada Solo dan Yogyakarta.

Pelancong yang hendak berwisata kuliner di Malang tentu harus tahu dulu makanan-makanan khas kota ini. Kuliner khas Malang sangat beragam jenis dan variasinya. Berikut ini beberapa di antaranya yang dirangkum oleh Merdeka.com.

  1. Bakso Malang
  2. Bakso Bakar
  3. Orem-orem
  4. Sate Kelinci
  5. Ketan Topping
  6. Mendol
  7. Keripik Tempe
  8. Nasi Mawut
  9. Cwimie
  10. Cilok Daging
  11. Mie Setan
  12. Soto Kampung
  13. Wedang Angsle
  14. Ceker Setan
  15. Tahu Lontong
  16. Sari Apel
  17. Mie Pangsit
  18. Sempol
  19. Sate Gebug
  20. Menjes

1. Bakso Malang

Bakso merupakan salah satu kuliner khas Malang yang paling dikenal dan digemari. Bakso khas Malang memiliki ragam isi yang lebih banyak daripada bakso di kota lain.

Selain bakso halus yang lebih sering disebut pentol, ada pula bakso urat atau pentol kasar, gorengan pangsit panjang atau kembang, mi kuning, soun, dan tahu. Selain itu biasanya juga disajikan lontong sebagai teman makan bakso.

Bakso dapat dengan mudah ditemui di kota Malang. Mulai dari gerobak kaki lima sampai restoran. Variasi bakso yang disediakan pun semakin beragam. Misalnya bakso mercon, bakso seafood, bakso sum-sum, hingga bakso gulung.

2. Bakso Bakar

Selain bakso biasa, Malang juga mulai dikenal karena kuliner bakso bakarnya. Makanan ini terbuat dari bakso kasar atau halus yang dibakar bersama bumbu kecap, bawang, dan bumbu cabai.

Biasanya makanan khas Malang ini juga disajikan bersama semangkuk kuah bakso, sambal kecap, dan soun melimpah.

3. Orem-orem

View this post on Instagram

Banyak yg tanya makanan khas Malang itu apa sih? Jawabannya ya orem orem rek. ⠀ Makanan berkuah santan gurih manis mirip lodeh dengan bahan dasar tempe, biasa disajikan dengan ketupat dan kecambah rebus. Ada yg menyajikan tempenya dalam potongan besar, ada juga yg menyajikan tempenya dengan potongan kecil-kecil. ⠀ Makin ciamik kalau didampingi dengan perkedel kentang, mendol, tempe goreng dan krupuk “blek”. Kalau yg di tempat ini kalian juga bisa nambah lauk daging dan telur ayam. ⠀ Ngomong ngomong sudah pernah makan orem orem belum? ⠀ ⠀ ⠀ ⠀ 🔻🔻🔻🔻🔻🔻 Orem Orem H. Syahri 📍 Jl. Gatot Subroto 72, Jodipan ⏰ 09.00 - 16.30 WIB 💰 Rp3.000 - Rp15.000 #ngalamkuliner #nguliner

A post shared by Kulinermalang Ngalamkuliner (@ngalamkuliner) on

Selanjutnya ada orem-orem yang juga dikenal sebagai kuliner khas Malang. Penampilannya tak terlalu berbeda dengan sayur lodeh.

Masakan dengan kuah santan encer ini berbahan dasar irisan tempe dan tahu. Orem-orem biasa disajikan dengan ketupat serta tauge sebagai pugasan.

4. Sate Kelinci

View this post on Instagram

Salah gak sih makan sate jam segini?🙄😂. Oke-oke aja lahh yaa apalagi kalo makannya di hawa-hawa dingin🤤🤤🤤. Kalo di daerah hawa dingin paling identik sih sama “sate kelinci” . Kyk sate yang mimin makan nih sate kelinci abang-abang. Enak, murmerrrr pokoknya manjii tenan👍👍👍😂. Kalo kalian sukanya sate apa?🙄. ———————— “SATE KELINCI COBAN RAIS” 📍: Wisata air terjun Coban Rais Batu - Malang (Sate abang2 yang ada di dalem tempat wisata coban rais) 💵 : Sate kelinci 1porsi(10 tusuk) : 15k Sate ayam 1porsi : 11k ⏰: Jam buka mengikuti jam oprasional Coban Rais ———————— Yuk ajak keluarga, pacar, temen, kakak, adik dan jangan lupa like & share ke mereka yaa ❣️. @loveactivities #LA_Kuliner #IVGFood #loveactivities #kulineraddict #satekelinci #satedaerahhawadingin #satekelincibatu #satekelincimalang #satebatu #satemalang #batu #malang #kulinersby #kulinersidoarjo #dagelan #dagelanfood #foodindo #itssorecommended

A post shared by Kuliner . Travel . Recipe (@loveactivities) on

Bagi beberapa orang, sate kelinci termasuk kuliner ekstrem karena daging hewan bertelinga panjang itu tak biasa disantap. Namun di daerah-daerah dataran tinggi, makanan ini cukup mudah ditemui.

Batu, Malang juga menjadi tempat wisata kuliner sate kelinci yang cukup populer di antara pelancong luar Malang. Seporsi sate ini biasanya terdiri dari sepuluh tusuk daging dengan potongan kecil-kecil yang sekilas mirip sate ayam.

Baca Selanjutnya: 5 Ketan Topping...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini