25 Sajian Bakso Paling Maknyus di Kota Malang, dari Bakso Mercon sampai Bakso Sumsum

Selasa, 24 Januari 2023 03:00 Reporter : Tantri Setyorini
25 Sajian Bakso Paling Maknyus di Kota Malang, dari Bakso Mercon sampai Bakso Sumsum semangkuk bakso malang disajikan bersama saus tomat dan sambal. © Tantri Setyorini

Merdeka.com - Mampir ke kota Malang tentunya belum lumrah tanpa mencicipi bakso. Kota ini memang terkenal akan kuliner baksonya yang bervariasi.

Tak sebatas bakso komplet dengan pangsit goreng dan mi, jenis-jenis bakso yang lebih inovatif sekarang mulai menjamur di Malang. Mulai dari bakso bakar, bakso mercon, sampai bakso rambutan yang unik, hampir semua jenis bakso yang bisa kamu bayangkan ada. Tetapi bakso standar yang sudah melegenda pun tetap dicari para pecinta kuliner.

Sekadar referensi sebelum mencicipi bakso-bakso khas Malang, berikut ini beberapa tempat makan bakso enak yang direkomendasikan Merdeka.com.

Bakso Malang Halal

1. Bakso Mercon Cak Kar

2. Bakso Kota Cak Man

3. Bakso Bakar Pak Man

4. Bakso sumsum Cak Hadi

5. Bakso Gun

6. Bakso President

7. Bakso Kraton Pakis

8. Bakso Urat Cak Nono

9. Bakso Duro Kepanjen

10. Baksoku dan es Yoga

11. Bakso Stasiun Pak Dulmanan

12. Bakso Kikil Seruni

13. Bakso Prima

14. Bakso Damas

15. Bakso Solo Kidul Pasar

16. Bakso Urat Dodikjur (Cak Su'id)

17. Bakso Priangan Mang Yayat

18. Bakso Kalimosodo (Pak Min)

19. Bakso Indonesia

20. Bakso Dadi Ati

Bakso Malang Nonhalal

21. Bakso Gondhol

22. Bakwan Subur

23. Bakwan Mulia

24. Bakwan Klenteng

25. Bakwan & Sate Benteng

2 dari 13 halaman

Bakso Malang Halal

1. Bakso Mercon Cak Kar

bakso cak kar malang
Bakso Cak Kar Malang ©2016 Hob-by.com

Kalau tempat makan yang satu ini spesialisasinya adalah bakso mercon. Bakso Cak Kar yang beralamat di Singosari ini menawarkan bakso daging dengan mercon alias irisan cabai rawit di dalamnya. Cabai rawit segar yang diselipkan dalam adonan bakso sapi bakal menimbulkan sensasi meletup seperti mercon saat digigit.

Alamat: Jl. Kertanegara Barat III, Candirenggo, Singosari

2. Bakso Kota Cak Man

bakso kota cak man

Bakso Kota Cak Man © Bakso Kota Cak Man

Bakso yang satu ini memang sudah jadi jajanan legendaris yang masih bertahan hingga sekarang. Bakso Kota Cak Man bahkan sudah menjadi franchise dengan cabang di berbagai kota.

Yang paling khas dari bakso di sini adalah variasi isinya yang benar-benar komplet. Mulai dari jeroan, sate telur puyuh, bakso goreng, sampai gorengan berlilit usus ayam pun ada.

Alamat: Jl. WR. Supratman C1 Kav. 13-14, Jl. Jendral S. Parman No.1, Jl. Bantaran, Jl. Ciliwung, Jl. Soekarno Hatta No.22

3 dari 13 halaman

3. Bakso Bakar Pak Man

bakso bakar pak man

Bakso Bakar Pak Man © Foursquare/Norman B.

Bicara soal bakso bakar, jelas Pak Man juaranya. Bakso bakar di sini memang istimewa. Tak cuma dibumbui kecap, bakso bakar khas Pak Man sangat terasa aroma rempahnya. Harganya memang sedikit mahal, karena harganya dipatok per porsi. Tetapi pelanggan bebas mengambil soun yang ditempatkan di laci gerobak bakso sebanyak-banyaknya.

Alamat: Jalan Diponegoro No. 19

4. Bakso sumsum Cak Hadi

bakso sumsum cak hadi

Bakso sumsum Cak Hadi © Facebook/Desy Krisma

Bakso di kawasan Candirenggo, Singosari ini terasa spesial karena di dalam pentolnya (bakso bulat) tersembunyi sumsum sapi. Begitu digigit, sumsum yang masih panas langsung meleleh di dalam mulut.

Warung bakso sumsum Cak Hadi ini selalu dipadati pembeli. Sampai-sampai pesanan bakso sumsum untuk setiap pelanggan harus dibatasi, tak boleh lebih dari 10 biji.

Alamat: Jl. Kertanegara 117, Candirenggo, Singosari

4 dari 13 halaman

5. Bakso Gun

bakso gun
Bakso Gun © Foursquare/Yusak S.

Bakso yang satu ini juga sudah mulai berkembang menjadi franchise. Keistimewaannya adalah penyajian dalam steamboat yang menjadikan kuah bakso senantiasa hangat. Tetapi kalau kamu mampir di stand bakso Gun yang ada di mal, bakso akan disajikan tanpa steamboat.

Selain penyajiannya yang unik, ciri khas Bakso Gun adalah aneka bakso gorengnya yang bervariasi. Ada bakso udang, ayam, dan teratai. Sebagai pelengkap, tersedia pula irisan jamur kuping, sawi hijau, atau jamur putih segar.

Alamat: Jl. Kawi Atas No. 41

6. Bakso President

bakso president
Bakso President © Tripadvisor/Ken S.

Ini juga salah satu bakso legendaris di Malang. Selain baksonya yang enak, tempat makannya pun menyuguhkan keunikan tersendiri. Warung Bakso President yang kecil dan tersembunyi di gang sempit ini bersebelahan dengan rel kereta api. Jadi sesekali pengunjung bisa merasakan getaran dari kereta api yang lewat sembari menyantap bakso.

Alamat: Jl. Batanghari No. 5

5 dari 13 halaman

7. Bakso Kraton Pakis

bakso kraton pakis
Bakso Kraton Pakis ©2015 Foursquare/zaen p.

Meskipun lokasinya lumayan jauh dari pusat kota Malang, warung bakso di daerah Pakis ini tak pernah kekurangan peminat. Apalagi buat para traveller yang baru turun dari Bromo, menyantap bakso di sini serasa aktivitas wajib setelah turun gunung.

Alamat: Jl. Raya Pakis Kembar, Pakis

8. Bakso Urat Cak Nono

bakso urat cak nono
Bakso urat Cak Nono © Facebook/Kartiko Suhargono

Buat para pecinta bakso urat, warung Cak Nono bisa menjadi salah satu pilihan. Andalannya adalah bakso urat sapi dengan ukuran jumbo disajikan bersama soun dan irisan selada.

Alamat: Jl. Hamid Rusdi K.10, Jl. Gajayana

9. Bakso Duro Kepanjen

bakso duro kepanjen
Bakso Duro Kepanjen © Foursquare/Hillman M.

Jalan-jalan sedikit jauh dari pusat kota, ada Bakso Duro yang juga selalu kebanjiran pembeli. Letaknya di daerah Kepanjen.

Semangkok Bakso Duro terdiri dari beberapa biji bakso urat berukuran kecil dan satu bakso jumbo yang sudah dibelah seperti bunga.

Alamat: Jl. Panglima Sudirman nomor 31, Kepanjen

6 dari 13 halaman

10. Baksoku dan Es Yoga

baksoku dan es yoga
Baksoku dan Es Yoga © Foursquare/emy l. - Maya S.

Meskipun jarang masuk daftar rekomendasi tempat makan bakso, sebenarnya Baksoku tergolong populer di Malang. Warungnya yang berada di Jl. K.H Ahmad Dahlan selalu ramai pembeli, terutama saat jam makan siang. Sebagian besar pelanggannya adalah karyawan department store dan pertokoan di pusat kota dan mahasiswa.

Selain baokso, menu andalan di sini adalah es yoga. Setelah tubuh berkeringat karena kuah bakso yang pedas, sejukkan kembali dengan es yoga yang segar.

Alamat: Jl. K.H. Ahmad Dahlan, Jl. Danau Sentani Blok H1 No.B32, Sawojajar

11. Bakso Stasiun Pak Dulmanan

bakso stasiun pak dulmanan

Bakso Stasiun Pak Dulmanan © Foursquare/Gek M.

Warung bakso jadul yang berlokasi di deretan pertokoan Stasiun Kotabaru ini katanya adalah pelopor bakso jumbo di Malang. Meskipun sekarang sudah banyak warung bakso lain yang menyajikan bakso jumbo, pentol jumbo resep Pak Dulmanan masih tetap laris manis. Gorengan tahu isi rebungnya juga khas, tak bisa ditemukan di warung bakso lain.

Alamat: Jl. Trunojoyo No. 8-9 (Stasiun Kotabaru)

7 dari 13 halaman

12. Bakso Kikil Seruni

bakso kikil seruni

Bakso Kikil Seruni © Foursquare/ike i.

Kalau warung bakso yang satu ini lokasinya di Jalan Soekarno-Hatta. Sesuai namanya, keistimewaan bakso ini memang potongan kikil yang berlimpah. Ada juga jeroan seperti paru dan usus yang bisa ditambahkan sebagai 'topping' bakso.

Alamat: Jl. Soekarno-Hatta No.76 B

13. Bakso Prima

bakso prima

Bakso Prima © Foursquare/Titi Anggara

Warung bakso dengan banyak cabang ini bisa dibilang bakso komplet khusus anak kos. Pasalnya harga bakso di sini memang sangat terjangkau. Pilihan isi baksonya pun cukup lengkap.

Alamat: Jl. Kalpataru Kav. 2. Jl. Soekarno-Hatta

14. Bakso Damas

bakso damas

Bakso Damas © Foursquare/Diemas Y.

Harga bakso di warung makan ini memang sedikit di atas rata-rata. Tetapi harga memang tak pernah bohong. Kualitas yang disajikan di Bakso Damas memang setara dengan harganya.

Alamat: Jl. Soekarno Hatta (dekat bundaran pesawat)

8 dari 13 halaman

15. Bakso Solo Kidul Pasar

bakso solo kidul pasar

Bakso Solo Kidul Pasar © Foursquare/Deny E.

Warung bakso lawas ini terletak di daerah Blimbing, tepatnya di dekat lampu merah Ahmad Yani. Ciri khas bakso Solo di sini adalah ukuran tahunya yang besar dan kuah nendang dengan kaldu kental.

Alamat: Jl. A. Yani, Blimbing

16. Bakso Urat Dodikjur (Cak Su'id)

Bakso urat Cak Suid berlokasi di lampu merah perempatan SKI, Jalan Mayjen M. Wiyono. Letaknya memang dekat dengan Depo Pendidikan Kejuruan (Dodikjur).

Seporsi ekonomis bakso di sini dihargai cuma Rp6.000. Kalau ditambah bakso urat besar atau jumbo, baru harganya sedikit lebih mahal.

Alamat: Jalan Mayjen M. Wiyono nomor 1, Polehan

17. Bakso Priangan Mang Yayat

bakso priangan mang yayat

Bakso Priangan Mang Yayat © Foursquare/muhamad y.

Bakso Priangan Mang Yayat berlokasi di Jalan Trunojoyo Klojen dan Jalan Teluk Grajakan Pandanwangi. Penyajian bakso di sini mirip dengan bakso solo. Namun, hal yang membedakan adalah adanya goreng kembang yang disajikan secara terpisah.

Biasanya, goreng mekar diletakkan di toples yang ada di setiap meja makan. Jadi, pelanggan bisa ambil sendiri sepuasnya.

Alamat: Jalan Trunojoyo 31A, Klojen dan Jalan Teluk Grajakan 1, Pandanwangi

9 dari 13 halaman

18. Bakso Kalimosodo (Pak Min)

Warung pusat Bakso Kalimosodo berada di Jalan Kalimosodo IV. Letaknya di ujung dan berhadapan dengan gang.

Sajian spesial di sini adalah siomay alias pangsit kukusnya yang gurih banget. Saking terkenalnya, siomay di sini sampai sering dijadikan oleh-oleh, lho.

Alamat: Jalan Kalimosodo IV nomor 27--29

10 dari 13 halaman

19. Bakso Indonesia

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Baksoindonesia (@baksoindonesiaa)


Bakso Indonesia adalah pilihan bakso murah meriah dengan rasa mantap di Perumahan Sawojajar. Bakso ini berlokasi di Jalan Danau Limboto Barat.

Alamat: Jalan Danau Limboto Barat nomor A3/E2

20. Bakso Dadi Ati

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by BAKSO DADI ATI SAWOJAJAR (@bakso.dadiati)

Warung Bakso Dadi Ati berada Jalan Mayjen M. Wiyono. Sajian spesial di sini adalah bakso jumbo yang terasa lembut saat digigit dan tahu ekstra besar yang jadi ciri khas.

Alamat: Jalan Mayjen M. Wiyono nomor C7, Polehan

11 dari 13 halaman

Bakso Malang Nonhalal

Penggemar kuliner nonhalal juga bisa mencoba bakso khas Malang dari campuran daging babi. Konon, aroma dan rasanya lebih gurih.

Biasanya, ada pula bakso babi yang disajikan bersama rebusan jeroannya. Berikut ini beberapa rekomendasi tempat makannya.

21. Bakso Gondhol

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Bakso Gondhol (@baksogondholmalang)

Tempat makan bakso terakhir yang cukup ngehits di Malang adalah Bakso Gondhol. Bakso di sini konsepnya khas chinese food. Karena salah satu bahannya adalah daging babi, jadi bakso ini direkomendasikan untuk non-muslim saja.

Alamat: Jl. S. Priyo Sudarmo No. 35, Blimbing

12 dari 13 halaman

22. Bakwan Subur

Bakwan Subur disebut-sebut sebagai kedai bakso Malang dengan suguhan bakso babi paling mantap. Tempat makan ini juga punya beberapa cabang yang tersebar di kota Malang.

Alamat: Jl. Taman Borobudur Utara nomor 26, Jl. Wuni nomor 26, Jl. Wuni nomor 25, dan Jl. Panderman nomor 11

23. Bakwan Mulia

Bakwan Mulia juga punya bakso babi yang tak kalah enak daripada kedai bakso nonhalal lainnya. Awalnya, kedai ini berlokasi di Jalan Borobudur, sebelah Bank Mega Blimbing.

Kini, warungnya beroperasi di Ruko Borobudur Agung, berseberangan dengan Pasar Blimbing. Selain bakso babi, mereka juga punya pangsit mie ayam.

Alamat: Ruko Borobudur Agung nomor 18, Blimbing

13 dari 13 halaman

24. Bakwan Klenteng

Sesuai namanya, Bakwan Klenteng adalah salah satu lapak kuliner recommended yang berada di Klenteng Eng An Kiong. Letak klentengnya sendiri bersebelahan dengan pasar tradisional Kebalen.

Alamat: Jl. Laksamana Martadinata No. 1, Kedungkandang

25. Bakwan & Sate Benteng

Masih tergolong baru, tempat makan yang berlokasi di Centra Niaga Ijen ini punya menu andalan bakso babi dan sate babi.

Alamat: Centra Niaga Ijen, H3 Jl. I.R. Rais nomor 1, Bareng

Demikian deretan rekomendasi tempat makan bakso Malang yang layak dicoba. Sudah mampir ke warung bakso Malang mana saja?

[tsr]

Baca juga:
Referensi Kuliner Khas Sidoarjo, Kue Lumpur Ini Jadi Langganan Artis Ibu Kota
Tarantula Goreng, Kuliner Ekstrem Bernutrisi yang Populer di Kamboja
Kelezatan Ceker Ayam Dong Tao, Hidangan Mewah Orang Kaya Vietnam
Jadi Langganan Pejabat, Begini Nikmatnya Tongseng Kepala Sapi Khas Sukoharjo
Jalan-jalan ke Warung Legendaris di Tengah Hutan Ramai Pengunjung, Penjualnya Cantik

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini