17 Cara Menebalkan Rambut Tipis Secara Alami Dengan Cepat dalam 1 Minggu

Kamis, 12 September 2019 14:49 Reporter : Yoga Tri Priyanto
17 Cara Menebalkan Rambut Tipis Secara Alami Dengan Cepat dalam 1 Minggu Cara menebalkan rambut. ©2019 Matrix.com

Merdeka.com - Cara menebalkan rambut merupakan satu dari sekian banyak hal yang paling dicari orang. Pasalnya, masalah rambut yang paling sering dialami selain kerontokan adalah rambut yang tipis. Tentu saja, volume rambut yang tipis akan mengganggu penampilan, terutama bagi mereka yang memiliki bentuk kepala kurang bagus.

Solusi untuk menambah ketebalan rambut banyak sekali. Hanya saja, tidak semuanya berhasil. Baik wanita atau pria selalu menginginkan rambut yang sehat dan tebal. Cara menebalkan rambut yang akan kita bahas kali ini adalah dengan bahan-bahan alami yang aman. Pasalnya, untuk menebalkan rambut terkadang harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Namun dengan cara berikut ini akan bisa membantu Anda menemukan ketebalan yang sempurna.

Sebelum lebih jauh membahas tentang cara menebalkan rambut, kita ketahui dulu penyebab rambut rontok yang berakibat pada volume rambut.

Penyebab Rambut rontok:

  • Stres secara emosional, misalnya karena kehilangan pekerjaan, sedang menjalani proses perceraian dan lain sebagainya.
  • Stress fisik yang intensif, seperti melahirkan atau beban pekerjaan yang berat.
  • Perubahan hormonal, seperti yang terjadi pada wanita hamil.
  • Kekurangan gizi, seperti protein dan zat besi. Misalnya pada penderita gangguan makan.
  • Menderita penyakit tertentu, seperti infeksi berat, alopecia areata, penyakit kelenjar tiroid, infeksi jamur di kepala dan lain sebagainya.
  • Mengalami demam tinggi, anemia.
  • Penggunaan produk perawatan rambut berbahan keras, seperti cat rambut, bleaching rambut atau kebiasaan menggunakan pemanas rambut (mencatok) dan lain sebagainya.
1 dari 5 halaman

Cara Menebalkan Rambut Secara Alami

Cara menebalkan rambut yang paling dikenal adalah dengan aloe vera atau lidah buaya. Apakah itu benar? Selengkapnya akan kita bahas di sini.

Pada dasarnya menebalkan rambut sealami mungkin adalah hal yang paling aman. Menggunakan lidah buaya tentu bukan kesalahan. Masalahnya, banyak sekali bahan yang bisa Anda gunakan selain lidah buaya untuk menebalkan rambut tipis. Ingin tahu? Berikut ulasannya.

Lidah Buaya

Cara menebalkan rambut dengan lidah buaya sudah menjadi rahasia umum dan memang sudah dipraktikkan sejak dahulu. Aloe vera sebutannya, banyak menjadi kandungan yang ada dalam merek-merek shampoo. Lidah buaya memang dikenal memiliki banyak manfaat seperti menebalkan rambut, menyuburkan rambut, menghitamkan rambut, penghilang ketombe, memutihkan wajah, memutihkan kulit, dan menyembuhkan luka.

Lidah buaya mengandung banyak zat yang penting untuk menunjang kesuburan rambut seperti protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, B1, dan C. Caranya pun mudah, Anda hanya perlu mengambil satu tangkai lidah buaya, lalu belah menjadi dua secara horizontal, usapkan gel yang ada di tengah-tengah pada kulit kepala. Diamkan selama 30 menit lalu bersihkan dengan mencuci rambut. Gunakan setiap sebelum keramas atau dua hari sekali.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun banyak mengandung zat-zat yang dibutuhkan bagi tubuh yaitu vitamin A, C, D, E, K, asam lemak tak jenuh, asam maristat, asam arachidat, asam palmitat, asam stearate, lignoserat, polifenol, asam oleat, pottasium, asam lemak esensial, zat besi, dan juga kalsium. Sejumlah kandungan bermanfaat inilah yang dapat menjadi alasan mengapa minyak zaitun dapat digunakan sebagai cara menebalkan rambut.

Cara menebalkan rambut dengan minyak zaitun mudah saja. Oleskan minyak pada kulit kepala setiap sebelum keramas. Diamkan beberapa saat hingga meresap. Setelah itu bilas dan lanjutkan dengan keramas.

Minyak Kelapa

Minyak kelapa murni atau lebih dikenal dengan virgin coconut oil adalah modifikasi proses pembuatan minyak kelapa sehingga menghasilkan produk dengan kadar air dan kadar asam lemak bebas yang rendah, berwarna kuning, berbau harum, serta mempunyai daya simpan yang cukup lama. Oleskan minyak kelapa murni pada kulit kelapa setiap sebelum keramas.

Bawang Merah

Meski memiliki bau yang tajam, bawang merah juga bisa dimanfaatkan sebagai masker. Anda hanya perlu menghaluskan bawang merah secukupnya dan ambil air atau sarinya. Lalu, oleskan ke kulit kepala dan diamkan selama 15 menit sebelum dibilas menggunakan sampo. Namun sebagian orang mungkin memiliki permukaan kulit kepala yang lebih sensitif, sehingga bila terasa tidak nyaman, atau perih segera bilas hingga bersih.

2 dari 5 halaman

Cara Menebalkan Rambut dengan Kemiri

Cara menebalkan rambut dengan kemiri bukan hal yang baru. Pasalnya cara ini sudah banyak dilakukan oleh orang zaman dulu. Bahan dapur satu ini biasanya dipakai untuk penyedap makanan. Namun jika digunakan untuk menebalkan rambut tipis sangat efektif. Bahkan khasiatnya tidak berhenti menebalkan rambut saja, melainkan membuat rambut sehat dan berkilau.

Zat aponin, falvonoida, dan polifenol yang terkandung dalam kemiri telah dibuktikan dalam banyak penelitian memiliki arti besar bagi kesehatan. Anda bisa menggunakan kemiri sebagai cara menebalkan rambut melalui 2 metode. Pertama adalah dengan menumbuk halus kemiri lalu oleskan pada kulit kepala selama 30 menit atau cara kedua dengan menggunakan minyak kemiri yang juga dioleskan pada kulit kepala selama 30 menit.

3 dari 5 halaman

Cara Menebalkan Rambut Bayi

Masalah rambut tidak hanya dialami oleh orang dewasa saja. Untuk bayi, terkadang orang tua khawatir saat rambut buah hatinya tipis. Tentu saja, jika menjadi orang tua hal ini seakan mengganggu perasaan.

Untuk itu, cara menebalkan rambut bayi yang tipis perlu dilakukan. Siapa tahu memang pertumbuhan rambut si bayi memang bermasalah. Berikut cara yang bisa Anda lakukan sebagai orang tua untuk mengatasi rambut bayi yang tipis.

Putih Telur

Cara menebalkan rambut bayi yang tipis bisa dilakukan menggunakan putih telur. Meski berbau tidak sedap dan cenderung amis, putih telur ampuh digunakan. Pemilihan putih telur juga bukan sembarang karena kulit bayi yang sensitif tidak bisa dipakaikan dengan berbagai produk shampoo penebal rambut. Salah satu solusi yang paling efektif dan aman adalah dengan menggunakan bahan alami, yakni putih telur.

Nah, untuk mengurangi bau amis dari putih telur, Anda bisa mencampurkannya dengan air perasan jeruk nipis. Kemudian oleskan pada kulit kepala bayi. Diamkan selama beberapa saat dan akhiri dengan keramas hingga bersih. Lakukan 2 hingga tiga kali dalam seminggu untuk hasil optimal.

Madu

Cara menebalkan rambut bayi yang tipis berikutnya adalah menggunakan madu. Pernahkah Anda temui pada merek shampoo yang menggunakan madu sebagai bahannya? Madu memang dipercaya memiliki khasiat yang berguna untuk menebalkan rambut. Oleskan madu pada rambut bayi secara merata seperti menggunakan masker rambut. Biarkan selama 30 menit lalu keramas.

Avokad dan pisang

Avokad dan pisang merupakan buah-buahan yang kaya akan vitamin A dan C yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kemilau rambut. Haluskan ke dua bahan tersebut lalu oleskan pada rambut secara merata seperti ketika mengaplikasikan masker rambut.

Jeruk

Jeruk juga dapat digunakan sebagai cara menebalkan rambut. Caranya adalah dengan membelah jeruk lalu oleskan pada kulit kepala. Diamkan beberapa saat hingga akhirnya dibilas dengan cara keramas. Anda bisa melakukan tips ini dalam 2 hingga 3 kali seminggu.

Santan

Aneh memang jika ternyata santan juga bisa digunakan sebagai cara menebalkan rambut. Tapi percaya tidak percaya, santan sangat bermanfaat dan efektif sebagai cara menebalkan rambut. Santan mengandung lemak tak jenuh, gula, kalsium, protein, natrium, kalium, fosfor, zat besi, dan tembaga. Kandungan inilah yang membuat santan menjadi cara menebalkan rambut yang efektif.

Teh Hijau

Tidak hanya untuk diminum saja, teh hijau juga dapat digunakan sebagai cara menebalkan rambut yang efektif. Kandungan yang ada pada teh hijau antara lain zat antioksidan, polifenol, fluoride, vitamin C, mangan, L-teanin, dan katekin Caranya adalah dengan mendiamkan selama 15 menit seduhan daun teh hijau lalu oleskan pada kulit kepala.

Tidak hanya bayi, cara menebalkan rambut anak usia 2 tahun pun bisa dilakukan seperti di atas. Pada dasarnya bahan-bahan yang digunakan semuanya aman dan bebas dari efek samping karena alami. Hanya saja, Anda bisa melakukannya lebih sering untuk anak usia 2 tahun.

4 dari 5 halaman

Cara Menebalkan Rambut dengan Cepat dalam 1 Minggu

Nah, cara menebalkan rambut dengan cepat dalam 1 minggu ini adalah yang paling dicari oleh banyak orang. Kebanyakan orang tidak ingin menjalani proses yang terlalu lama untuk urusan perawatan. Terutama jika berhubungan dengan penampilan.

Pertanyaannya: memangnya ada cara menebalkan rambut dengan cepat dalam 1 minggu? Tentu saja ada!

Caranya adalah dengan melakukan semua yang sudah dibahas di atas. Lakukan dengan rutin dan didukung oleh nutrisi yang seimbang. Komposisi utama rambut adalah protein keratin dengan lapisan melanin di bagian dalam yang memberikan warna alami pada rambut. Itu sebabnya salah satu faktor yang menentukan kesehatan rambut adalah protein, dan mengatur pola makan, akan sangat membantu untuk mencukupi kebutuhan asupan protein bagi tubuh, dalam hal ini khususnya rambut.

Nah, untuk memenuhi kebutuhan protein, Anda dapat mengonsumsi telur, ikan salmon, daging, dada ayam dan kedelai. Selain itu, Anda juga dapat mengombinasikan kacang-kacangan dan biji-bijian dengan nasi, jagung atau gandum untuk memaksimalkan asupan asam amino untuk produksi keratin yang mencukupi.

Kekurangan karbohidrat dapat menyebabkan rambut rontok. Untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat, Anda dapat mengonsumsi nasi merah, roti, sereal dan pasta dari gandum utuh.

Asam lemak omega-3 merupakan salah satu nutrisi yang memengaruhi kesehatan rambut. Lemak jenis ini terdapat pada selaput sel kulit kepala dan memproduksi minyak yang membuat kulit kepala dan rambut tetap lembap. Salah satu sumber asam lemak omega-3 yaitu minyak ikan.

Secara umum, semua jenis vitamin dan mineral sangat penting untuk kesehatan rambut dan tubuh. Kelompok vitamin B, terutama biotin atau vitamin B7, merupakan salah satu asupan yang penting bagi rambut. Kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan rambut rapuh atau rontok. Sumber biotin antara lain keju, yoghurt, telur, sereal dan ayam.

5 dari 5 halaman

Cara Menebalkan Rambut Secara Tradisional

Untuk cara menebalkan rambut secara tradisional ini bisa dilakukan dengan hal-hal sehari-hari. Untuk membantu rambut tidak makin tipis.

Pemilihan shampoo yang tepat

Hindari produk rambut yang mengandung bahan kimia yang merusak folikel rambut dan membuat rambut kering, misalnya produk yang mengandung sulfat. Selain memperhatikan kandungan bahan, pastikan pula sampo yang digunakan sesuai dengan jenis rambut yang dimiliki.

Jangan Terlalu Sering Keramas

Lakukan keramas setidaknya 2-3 hari sekali sebab mencuci rambut terlalu sering dapat menyebabkan rambut rapuh atau bercabang. Untuk Anda yang memiliki rambut kering, disarankan untuk membatasi jarak waktu keramas dengan baik. Agar rambut kelembapannya tetap terjaga pasca keramas dengan sampo, jangan lupa untuk menggunakan kondisioner setelahnya.

Keringkan Rambut dengan Handuk

Menggosok rambut basah menggunakan handuk merupakan kebiasaan yang harus dihindari. Sebab, kebiasaan ini hanya akan membuat rambut menjadi rusak dan menjadi lebih tipis. Sebagai gantinya, bungkus rambut Anda dengan handuk kering. Biarkan air meresap ke handuk dengan sendirinya.

Batasi penggunaan alat elektronik pada rambut

Batasi penggunaan alat pengering rambut (hair dryer), pelurus rambut atau pengeriting rambut. Sebab, penggunaan terlalu sering dapat memicu kerusakan rambut dan rambut dapat menjadi rapuh.

Lindungi dari sinar matahari

Tak hanya kulit, rambut juga harus dilindungi dari paparan sinar matahari langsung agar rambut tidak kusam dan rusak. Karena itu disarankan menggunakan topi ketika akan lama beraktivitas di luar ruangan, di bawah terik matahari.

Perhatikan Pola Stres

Pelepasan hormon akibat stres yang berlebihan dapat menyebabkan rambut rontok dan makin tipis. Kelola stres dan lakukan perawatan kulit kepala, serta lakukan olahraga untuk memperbaiki suasana hati, sehingga dapat melepas stres. [ega]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini