15 Jenis Teh yang Bermanfaat untuk Kecantikan

Kamis, 23 Januari 2020 02:01 Reporter : Tantri Setyorini
15 Jenis Teh yang Bermanfaat untuk Kecantikan Ilustrasi teh rosella. ©Shutterstock

Merdeka.com - Senyawa-senyawa bermanfaat dalam teh juga berguna untuk mempercantik kulit. Tiap jenis teh memiliki khasiat kecantikan yang berbeda. Kenali jenis-jenis beserta manfaatnya melalui paparan berikut.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini jenis-jenis teh yang memiliki banyak khasiat untuk kecantikan jika dikonsumsi secara teratur.

  1. Teh Hijau (Matcha)
  2. Teh Yerba Mate
  3. Teh Chamomile
  4. Teh Hibiscus
  5. Teh Rosella
  6. Teh Peppermint
  7. Teh Yarrow
  8. Teh Mawar
  9. Teh Melati
  10. Teh Bunga Telang
  11. Teh Pandan
  12. Teh Barley
  13. Teh Hitam
  14. Teh Chrysanthemum
  15. Teh Calendula
1 dari 15 halaman

1. Teh Hijau (Matcha)

002 tantri setyorini

2018 Merdeka.com/Pixabay

Teh hijau yang terbuat dari daun teh dengan proses oksidasi minimum sehingga warna hijaunya tetap bertahan kaya antioksidan alami yang disebut catechin. Menurut ahli dermatologi Renee Snyder, M.D. seperti dilansir Yahoo! Beauty, catechin dalam teh hijau dapat mencegah kerusakan sel. Konsumsi teh hijau secara teratur dapat membantu mengurangi inflamasi yang dapat menyebabkan penuaan dini. Selain itu teh hijau mampu meningkatkan kemampuan kulit untuk menangkal sinar UV dan radikal bebas.

Sementara polyphenol dalam teh hijau mampu memperbaiki sel yang rusak karena radikal bebas dari dalam.

2 dari 15 halaman

2. Teh Yerba Mate

mate

Shutterstock

Menurut Snyder, teh yang terbuat dari daun tumbuhan asli Amerika latin ini mengandung vitamin B, vitamin C, mineral, zinc, dan potassium yang ampuh untuk memperbaiki kerusakan sel kulit karena radikal bebas.

3 dari 15 halaman

3. Teh Chamomile

ilustrasi teh chamomile

Shutterstock

Teh dari bunga kamalia memiliki efek menenangkan tubuh. Selain itu kandungan flavonoid dalam teh chamomile mampu menangkal radikal bebas dan mengatasi peradangan.

4 dari 15 halaman

4. Teh Hibiscus

ilustrasi teh hibiscus

Shutterstock

Minum teh dari kelopak bunga sepatu secara rutin bisa menjadikan awet muda. Dilansir Green People, teh dari kembang sepatu kaya antioksidan yang disebut anthocyanocid. Antioksidan ini penting untuk melindungi kulit dari radikal bebas dan paparan sinar ultraviolet.

5 dari 15 halaman

5. Teh Rosella

ilustrasi teh rosella

Shutterstock

Kelopak bunga rosella mengandung vitamin C, vitamin A, protein esensial, kalsium, dan 18 jenis asam amino, termasuk arginina dan legnin yang berperan dalam proses peremajaan sel tubuh.

6 dari 15 halaman

6. Teh Peppermint

ilustrasi teh peppermint

2013 Merdeka.com/Shutterstock/LianeM

Dilansir Style Craze, teh peppermint sangat cocok untuk mereka yang memiliki kulit sensitif. Pasalnya teh peppermint mengandung bahan pendingin alami yang bisa membantu meredakan ruam dan kemerahan karena alergi.

7 dari 15 halaman

7. Teh Yarrow

001 tantri setyorini

Style Craze

Dilansir Style Craze, teh yarrow ampuh untuk detoksifikasi. Minum teh ini secara teratur akan membantu membersihkan racun dari tubuh dan aliran darah. Dengan begitu kulit pun akan menjadi lebih segar dan berseri.

8 dari 15 halaman

8. Teh Mawar

mawar

2019 Merdeka.com/Pixabay

Dilansir Style Craze, teh mawar kaya vitamin A dan vitamin C yang bisa menjadikan kulit cantik dan awet muda. Konsumsi teh ini secara teratur menjadikan kulit dan rambut sehat. Aromanya yang harum juga bisa memperbaiki suasana hati.

9 dari 15 halaman

9. Teh Melati

ilustrasi teh melati

Shutterstock/Liv friis-larsen

Teh melati juga mengandung antioksidan dan bahan anti-inflamasi yang bisa membantu menjaga kesehatan kulit dari dalam. Selain itu teh melati memiliki efek menenangkan saraf.

10 dari 15 halaman

10. Teh Bunga Telang

bunga telang

2018 Merdeka.com/Pixabay

Anchan atau teh bunga telang adalah jenis tisane (teh bunga) dengan warna biru terang yang biasa diimpor dari Thailand. Dilansir Bon Appetit, biasanya warna biru didapatkan dari Clitoria ternatea atau butterfly pea.

Sejumlah penelitian menemukan bukti bahwa teh ini berkhasiat untuk mencegah glikasi yang bisa menyebabkan penuaan dini. Anchan juga memiliki kandungan anti inflamasi yang cocok untuk mengatasi peradangan pada kulit.

11 dari 15 halaman

11. Teh Pandan

pandan

Foodspotting/Clean Plate

Dilansir The Natural Health Market, teh yang dibuat dari rebusan daun pandan bisa membantu detoksifikasi tubuh dan meredakan stres yang jadi musuh kecantikan. Minum teh daun pandan juga bisa membantu meredakjan ruam dan gatal dari dalam.

12 dari 15 halaman

12. Teh Barley

barley

Thirsty For Tea

Boricha atau teh barley adalah minuman kesehatan yang biasa diminum di Korea Selatan. Teh yang biasanya disajikan dingin ini dibuat dengan merebus barley panggang hingga mendidih.

Dilansir TotalBeauty, minuman ini kaya akan antioksidan yang efektif untuk mencegah pembentukan peroxynitrite. Ini adalah oksidan yang menyerang jaringan kulit alias penyebab utama keriput.

13 dari 15 halaman

13. Teh Hitam

hitam

2018 Merdeka.com/Pixabay

Kandungan antioksidan yang ada di dalam teh hitam dapat membantu regenerasi sel kulit dan menunda proses penuaan. Dilansir StyleCraze, teh hitam kaya akan vitamin B2, vitamin C, dan vitamin E, magnesium, kalium, dan seng yang penting untuk menjaga kesehatan kulit. Polifenol di dalamnya juga bermanfaat bagi kulit.

Kandungan kafein yang tinggi dalam teh hitam dapat membunuh virus, membantu dalam mencegah infeksi kulit, dan menjaga kulit dari jerawat.

14 dari 15 halaman

14. Teh Chrysanthemum

ilustrasi teh chrysanthemum

Shutterstock

Minum teh chrysanthemum atau krisan memberikan banyak manfaat untuk kecantikan. Teh bunga ini akan menjadikan jerawat lebih cepat sembuh dan membantu mengatasi wajah sembap. Jika digunakan untuk perawatan kulit, teh krisan akan menjadikan kulit awet muda dan bebas kantung mata. Warna kulit pun jadi lebih merata.

15 dari 15 halaman

15. Teh Calendula

ilustrasi teh calendula

Pixabay/Mareefe

Menurut Annie Price, Certified Holistic Health Coach dari situs Dr. Axe, calendula atau marigold memiliki khasiat antiinflamasi berkat kandungan macam-macam flavonoid yang dimilikinya. Antioksidan berbasis nabati ini akan melindungi sel dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. [tsr]

Baca juga:
Konsumsi Teh Hijau Seminggu 3 Kali Bisa Bantu Cegah Risiko Masalah Kardiovaskular
Peminum Teh Ternyata Memiliki Kesehatan Otak yang Lebih Baik

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini