13 Tipe Kepribadian Berdasar Aroma Parfum Favorit

Kamis, 5 Desember 2019 02:10 Reporter : Tantri Setyorini
13 Tipe Kepribadian Berdasar Aroma Parfum Favorit Ilustrasi parfum. ©Pixabay/StockSnap

Merdeka.com - Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh psikolog Jerman, Dr. Joachim Mensing dari Research Institute for Applied Aesthetics, terdapat kaitan antara kepribadian dan suasana hati seseorang dengan ketertarikan terhadap aroma parfum. Aroma parfum yang dipilih seseorang secara tidak langsung memang berkaitan dengan sifatnya.

Lalu seperti apa analisisnya? Berikut ini Merdeka.com paparkan selengkapnya tipe kepribadian berdasarkan aroma perfum kesukaan.

1 dari 13 halaman

1. Musk (kasturi)

Mereka yang menyukai parfum tajam dengan kesan maskulin biasanya bakal memilih aroma musk. Aroma ini identik dengan kesan misterius. Jika dilihat dari sisi penampilan, para penggunanya cenderung menyukai penampilan elegan.

Penyuka wewangian ini umumnya punya kegemaran terhadap seni dan bisa berpikir tangkas. Mereka punya rasa percaya diri yang tinggi, selalu ingin tahu, dan tak suka basa-basi.

2 dari 13 halaman

2. Citrus (Jeruk)

 /></p>
<p style=Shutterstock

Suka parfum dengan aroma neroli, bergamot, grapefruit, atau lime? Berarti aroma citrus adalah signature scent andalanmu. Dilansir dari Reader's Digest, penyuka wewangian beraroma citrus adalah orang-orang yang berbakat dominan. Mereka sering berperan sebagai alpha yang tangkas memimpin.

Menurut Alan R. Hirsch, MD, penemu Smell and Taste Treatment and Research Foundation, penyuka aroma citrus biasanya juga punya sisi agresif.

3 dari 13 halaman

3. Wood (kayu-kayuan)

Beberapa orang menyukai parfum dengan wangi kayu-kayuan aromatik seperti sandalwood (cendana), pine (cemara), vetiver, dan patchouli. Orang-orang seperti ini biasanya lebih sederhana dalam berpenampilan. Mereka tidak suka mengikuti mode terbaru dan lebih memilih penampilan klasik dengan gaya vintage yang nyaman.

Ciri khas kepribadian penyuka parfum kayu-kayuan adalah blak-blakan dan apa adanya. Mereka ini tegas, termasuk saat melihat diskriminasi, pelecehan, atau bentuk ketidakadilan lainnya terjadi di depan mata.

4 dari 13 halaman

4. Sandalwood (cendana)

 /></p>
<p style=Shutterstock

Khusus penyuka parfum aroma kayu cendana atau sandalwood, mereka dikenal sebagai sosok yang perfeksionis. Penyuka aroma ini umumnya adalah kritikus paling keras untuk diri sendiri.

Mereka punya sifat teratur dan selalu terpacu untuk melakukan hal terbaik, namun juga punya sisi sensitivitas tinggi. Ini artinya mereka juga sedikit mudah tersinggung.

5 dari 13 halaman

5. Floral (bunga-bungaan)

Aroma bunga-bungaan alias floral identik dengan femininitas dan kelembutan. Penyuka aroma ini biasanya punya sisi glamor di dalam dirinya. Mereka juga punya sifat anggun yang kentara.

6 dari 13 halaman

6. Melati

 /></p>
<p style=2019 Merdeka.com/Pixabay

Mungkin banyak yang mengira penyuka parfum aroma melati adalah orang yang kalem dan lembut. Nyatanya, orang yang menyukai aroma melati justru punya sifat ceria dan energik. Mereka ini termasuk orang yang pandai bersenang-senang.

Menurut penelitian yang dilakukan Hirsch, penyuka aroma melati menyukai petualangan dan suka mencoba hal baru. Mereka berjiwa provokatif, menyukai keriuhan, dan cenderung menjalani hidup sesuka hati.

7 dari 13 halaman

7. Fruity (buah-buahan)

 /></p>
<p style=2019 Merdeka.com/Pixabay

Parfum dengan aroma segar peach, melon, apel, atau stroberi adalah wewangiannya orang-orang berjiwa muda dan energik.

Menurut hasil penelitian Hirsch, penggemar parfum dengan aroma buah-buahan juga termasuk orang yang cenderung sarkastik, sinis, dan mudah merasa kesal. Mereka ini cenderung agak rewel dan mudah berubah suasana hatinya.

8 dari 13 halaman

8. Kelapa

 /></p>
<p style=Shutterstock/Mukesh Kumar

Mereka yang menyukai parfum aroma kelapa adalah orang-orang yang stylish dan mengikuti fashion terkini. Mereka menikmati kenyamanan dan kemewahan. Tetapi kemewahan yang didapat dari hasil jerih payah sendiri. Satu lagi sisi positif penyuka aroma kelapa, mereka berbakat menjadi pemimpin yang lihai menangani situasi.

9 dari 13 halaman

9. Vanilla

Penggemar aroma vanilla adalah orang yang riang dan pandai bersosialisasi. Mereka ini seperti orang yang tak pernah kehabisan energi, suka beraktivitas di luar ruangan, dan tak bisa duduk diam tanpa melakukan apa-apa.

10 dari 13 halaman

10. Oriental

 /></p>
<p style=shutterstock.com/treesak

Parfum dengan aroma oriental biasanya menggunakan racikan rempah-rempah dari Asia, getah, amber, dan bunga-bungaan eksotis seperti anggrek. Ini adalah parfumnya orang-orang hedonis dan berkepribadian menonjol.

Penyuka parfum aroma oriental cenderung punya kepribadian unik. Mereka juga memiliki sensualitas tinggi.

11 dari 13 halaman

11. Green (dedaunan)

Sesuai dengan aromanya, penyuka parfum dengan aroma dedaunan yang segar biasanya memang suka berada di tengah alam. Mereka menikmati kegiatan outdoor dan cenderung santai dalam menghadapi segala hal.

12 dari 13 halaman

12. Gourmand (makanan)

 /></p>
<p style=www.afternoonrecipes.com

Belakangan parfum dengan aroma makanan manis mulai digemari. Misalnya aroma cokelat, caramel candy, bubble gum, hazelnut, atau kopi. Menurut artikel lansiran Fashionbeans, orang-orang yang menyukai aroma ini cenderung punya sensualitas tinggi. Mereka ini tipe petualang dalam urusan asmara. Tetapi pecinta aroma gourmand juga punya sisi hedonistik dan benak yang penuh rasa ingin tahu.

13 dari 13 halaman

13. Marine (Laut)

 /></p>
<p style=2014 Merdeka.com/Shutterstock/ sellingpix

Kesegaran aroma laut juga termasuk jenis wewangian yang banyak disukai. Ini adalah parfum orang-orang berjiwa minimalis. Jenis orang yang tidak neko-neko dalam berperilaku dan sederhana pula dalam urusan penampilan.

Itulah tipe-tipe kepribadian berdasarkan aroma parfum favorit. Termasuk kepribadian yang mana Anda? [tsr]

Baca juga:
Perbedaan Karakter Alpha, Beta, dan Omega, Kamu yang Mana?
Berpribadi Dominan, Ini 6 Zodiak yang Berbakat Jadi Perempuan Alpha
Makhluk Kurang Sosialisasi, Ini 4 Zodiak yang Terkenal Cuek dan Tak Peka

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini