12 Manfaat Bawang Putih untuk Kecantikan dan Efek Samping yang Harus Diketahui

Selasa, 14 Januari 2020 00:10 Reporter : Tantri Setyorini
12 Manfaat Bawang Putih untuk Kecantikan dan Efek Samping yang Harus Diketahui Ilustrasi bawang putih. © Pixabay

Merdeka.com - Bawang putih termasuk salah satu bahan pangan yang paling bermanfaat bagi manusia. Khasiatnya untuk kesehatan sangat beragam. Mulai dari menjaga kestabilan tekanan darah, menjaga daya tahan tubuh, menurunkan kolesterol, hingga mencegah kanker.

Bawang putih memiliki manfaat yang besar pula untuk kecantikan. Senyawa allicin, mineral, dan antioksidan yang dimilikinya bisa mengatasi berbagai masalah kulit dan rambut.

Walaupun begitu, penggunaan bawang putih untuk perawatan kecantikan juga mengandung risiko. Jadi Anda perlu mengetahui kemungkinan efek sampingnya dan cara yang tepat untuk menghindari risiko tersebut.

1 dari 14 halaman

1. Mengatasi Jerawat

Manfaat bawang putih yang pertama adalah mengatasi jerawat. Dilansir StyleCraze, sifat antimikroba dan antibakteri dari bawang putih membuatnya ampuh untuk mengatasi jerawat. Jika ingin mendapatkan manfaat bawang putih yang satu ini, cukup iris bawang putih, kemudian oleskan pada bagian yang berjerawat.

Pastikan pisau yang digunakan untuk memotong benar-benar higienis agar tidak terjadi transfer bakteri.

2 dari 14 halaman

2. Membantu Menurunkan Berat Badan

Tak hanya baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan, bawang putih juga berkhasiat untuk membantu penurunan berat badan. Dilansir Boldsky, allicin mampu meningkatkan sistem metabolisme tubuh sehingga sel-sel lemak bisa terbakar lebih cepat. Sementara antioksidan di dalamnya akan membantu menghancurkan timbunan lemak di dalam tubuh.

Kombinasikan dengan madu organik murni untuk mendapatkan manfaat bawang putih yang maksimal. Dengan resep ini, berat badan bisa turun sampai tiga kilogram dalam satu bulan.

Berikut ini kami berikan resep untuk mendapatkan manfaat bawang putih dalam menurunkan berat badan.

Bahan:

  • 1 Siung bawang putih
  • 1 Sendok makan madu organik
  • 1 Gelas air hangat

Cara Membuat:

  1. Potong-potong dan memarkan bawang putih, kemudian seduh dengan air hangat.
  2. Tambahkan madu organik, kemudian aduk dan segera minum saat perut masih kosong.

Itulah cara mendapatkan manfaat bawang putih sebagai pengendali berat badan.

3 dari 14 halaman

3. Mengatasi Komedo

Masalah kecantikan lainnya yang cukup sering terjadi adalah komedo yang biasanya muncul di sekitar hidung, dan ini bisa mengganggu penampilan. Nah, manfaat bawang putih yang jarang diketahui adalah membantu menghilangkan komedo. Anda tinggal menghaluskan beberapa siung bawang putih segar.

Oleskan bawang putih lumat tadi pada bagian wajah yang berkomedo. Gosok-gosok dengan lembut dan perlahan agar cairan bawang putih bisa bekerja melembutkan dan mengangkat komedo di pori-pori. Jangan terlalu lama agar kulit tidak pedih. Setelah itu bilas wajah dengan air dingin hingga bersih.

4 dari 14 halaman

4. Melawan Penuaan Dini

Siapa sangka kalau bawang putih juga ampuh untuk mengatasi gejala penuaan yang muncul di wajah dan area kulit sekitar leher? Bawang putih bisa dimanfaatkan menyamarkan garis-garis halus dan kerutan yang muncul pada wajah.

Jika ingin mendapatkan manfaat bawang putih untuk perawatan antiaging, haluskan beberapa siung bawang putih lalu campurkan dengan sedikit air. Oleskan pada wajah seminggu sekali untuk mendapatkan kulit yang awet muda.

5 dari 14 halaman

5. Memudarkan Bekas Jerawat

Manfaat bawang putih untuk kecantikan yang selanjutnya adalah memudarkan bekas luka. Bekas luka, entah karena kecelakaan kecil atau jerawat adalah salah satu masalah kecantikan yang juga bisa diatasi dengan bawang putih. Sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri dalam bawang putih bisa digunakan untuk menghilangkan bekas luka atau tahi lalat. Cukup oleskan langsung ke atas bekas luka yang telah mengering.

6 dari 14 halaman

6. Memudarkan Stretchmak

Dilansir India Times, nutrisi yang terkandung di dalam cairan bawang putih bisa membantu memudarkan stretchmark alias garis-garis belang yang terbentuk akibat retakan kulit. Campurkan sari bawang putih yang diambil dari bawang putih lumat ke dalam minyak zaitun atau kelapa hangat.

Oleskan campuran tadi pada bagian kulit yang memiliki stretchmark, kemudian pijat-pijat lembut selama beberapa menit. Lakukan perawatan dengan campuran ini secara teratur, minimal selama enam minggu agar Anda mendapatkan manfaat bawang putih secara maksimal.

7 dari 14 halaman

7. Mengempiskan Kutil

Menurut artikel yang dilansir Healthline, Anda juga bisa mengempiskan kutil dengan bawang putih. Haluskan satu siung bawang putih segar, kemudian larutkan dengan air. Oleskan pada kutil, kemudian balut dengan kasa. Ulangi metode perawatan ini tiga atau empat kali seminggu. Jika kulit Anda tidak terlalu sensitif, Anda juga bisa menggosok bawang putih yang sudah diiris langsung ke bagian yang berkutil.

8 dari 14 halaman

8. Mengatasi Ketombe

Meskipun jarang disebut, manfaat bawang putih untuk mengatasi ketombe juga tak bisa disepelekan. Dilansir Times of India, khasiat antimikroba yang dimiliki bawang putih efektif untuk mengatasi ketombe yang disebabkan jamur dan bakteri.

Agar kulit kepala bebas ketombe, campur bawang putih yang sudah dihaluskan dengan madu murni. Gunakan untuk memijat kulit kepala sebelum keramas.

9 dari 14 halaman

9. Mengatasi Rambut Rontok

Manfaat bawang putih selanjutnya adalah mengatasi kerontokan rambut. Bawang putih kaya kandungan tembaga yang penting untuk merangsang pertumbuhan rambut. Selain itu tembaga juga berperan menjadikan rambut lebat dan kuat.

Vitamin C yang dikandungnya berfungsi untuk menjaga kesehatan batang rambut dan kulit kepala. Sedangkan zat besi dapat membantu peredaran darah ke kulit kepala, syarat penting untuk rambut yang sehat.

Gunakan parutan bawang putih segar untuk memijat-mijat kulit kepala saat keramas. Setelah itu cuci rambut dengan sampo seperti biasa.

10 dari 14 halaman

10. Menyehatkan dan Menyuburkan Rambut

Jika Anda ingin menjadikan rambut tumbuh lebat, kuat, dan sehat, kuncinya adalah merawat kesehatan kulit kepala. Rawat dengan minyak rambut yang terbuat dari campuran bawang putih.

Buatlah minyak bawang dengan merendam bawang putih segar yang sudah diiris atau diparut ke dalam sebotol minyak kelapa atau zaitun. Gunakan minyak ini untuk memijat kulit kepala secara teratur. Diamkan selama 30 menit, kemudian keramas rambut seperti biasa.

11 dari 14 halaman

11. Menguatkan Kuku

Manfaat bawang putih yang terakhir adalah menyehatkan kuku yang rapuh. Kandungan mineral beraneka garam yang dimiliki bawang putih juga bisa dimanfaatkan untuk memperkuat kuku. Gosok bawang putih segar yang sudah diiris pada kuku, lalu biarkan sampai kering.

12 dari 14 halaman

12. Meremajakan Kulit

Manfaat bawang putih untuk kecantikan yang terakhir adalah meremajakan kulit. Bawang putih yang dicampur dengan dengan yogurt tawar bisa membantu proses regenerasi kulit. Keduanya akan meremajakan kulit sekaligus membersihkan pori-pori dari kulit mati.

Haluskan empat siung bawang putih, kemudian campur bersama dua sendok makan yogurt. Aplikasikan campuran ini pada kulit wajah yang sudah dibersihkan, kemudian pijat dengan gerakan melingkar ke arah luar selama beberapa menit. Setelah itu segera bersihkan kembali wajah dengan air.

13 dari 14 halaman

Risiko Efek Samping Penggunaan Bawang Putih untuk Perawatan Kecantikan

Bawang putih memang termasuk bahan alami yang relatif aman untuk kulit. Namun penggunaan secara topikal juga bisa menyebabkan beberapa efek samping berikut.

  • iritasi
  • ruam
  • lecet
  • reaksi alergi
  • zosteriform dermatitis
  • urtikaria kontak (pembengkakan dan kemerahan pada kulit)

Jika Anda memang alergi terhadap bawang putih atau memiliki kulit yang sangat sensitif, sebaiknya hindari bawang putih untuk perawatan kulit. Gunakan bahan alami yang lebih ramah untuk kulit Anda.

14 dari 14 halaman

Cara Menghindari Efek Samping Bawang Putih

Agar kulit Anda terhindar dari efek samping penggunaan bawang putih untuk perawatan kecantikan, sebaiknya perhatikan beberapa tips berikut.

  • Gunakan bawang putih di area kulit yang membutuhkan saja, misalnya kutil, bekas luka, atau jerawat. Jangan menggosok bawang putih pada seluruh bagian kulit.
  • Jika Anda ingin menggunakan bawang putih sebagai masker, sebaiknya encerkan dengan air terlebih dahulu.
  • Anda juga bisa menggunakan bawang putih yang dicampur madu, yogurt, atau bahan alami lain yang bersifat mendinginkan kulit.
  • Jangan gunakan bawang putih bersama bahan alami lain yang berpotensi menyebabkan iritasi, misalnya lemon, jeruk nipis, dan cuka apel.
  • Jangan menggunakan masker dengan campuran bawang putih pada wajah lebih dari 5 menit.
  • Jika kulit langsung terasa pedih setelah dioles atau digosok bawang putih, segera bersihkan dengan sabun dan air mengalir.

Demikian manfaat-manfaat bawang putih untuk perawatan kecantikan dan efek sampingnya yang perlu Anda ketahui. [tsr]

Baca juga:
Mengenal Mushroom Water dan Manfaat Kecantikan yang Dikandungnya
Benarkah Rumput Laut Bisa Bikin Kulit Glowing? Ini Penjelasannya

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini