Trump sebut Korea Utara sudah kembalikan sisa kerangka jasad 200 tentara AS

Kamis, 21 Juni 2018 16:24 Reporter : Pandasurya Wijaya
Presiden AS Donald Trump. MANDEL NGAN/AFP

Merdeka.com - Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengatakan Korea Utara kemarin sudah mengembalikan sisa kerangka jasad tentara AS yang hilang dalam Perang Korea. Namun sejauh ini belum ada pejabat AS yang memastikan kebenaran pernyataan Trump itu.

"Kita sudah mendapatkan kembali jasad para pahlawan yang gugur, sisa jasad mereka dikembalikan hari ini, sudah ada 200 yang dipulangkan," kata Trump di hadapan pendukungnya ketika berpidato di Duluth, Minnesota, seperti dilansir laman Reuters, Kamis (21/6).

Beberapa pejabat AS yang enggan diketahui identitasnya dua hari lalu mengatakan dalam waktu dekat Korut akan mengembalikan sejumlah besar sisa kerangka jasad tentara AS ke Komando Perserikatan Bangsa-Bangsa di Korea Selatan dan jasad itu akan dipindahkan ke Pangkalan Udara Hickam di Hawaii.

Trump pekan lalu bertemu dengan pemimpin Korut Kim Jong-un di Singapura dan dalam jumpa pers dia mengatakan Kim sepakat untuk mengembalikan sisa jasad tentara AS.

Sekitar 7.700 tentara AS masih dinyatakan hilang dalam Perang Korea 1950-1953. Menurut Pentagon, pejabat Korut sebelumnya pernah menyatakan mereka menyimpan sebanyak 200 sisa kerangka jasad tentara AS. Lebih dari 36.500 tentara AS tewas dalam Perang Korea. [pan]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini