Tahun Depan, Jepang Akan Beri Izin Visa Panjang Bagi Para Pekerja Imigran

Sabtu, 8 Desember 2018 18:30 Reporter : Ira Astiana
Tahun Depan, Jepang Akan Beri Izin Visa Panjang Bagi Para Pekerja Imigran para pekerja di jepang. ©CBS News

Merdeka.com - Parlemen Jepang akhirnya menyetujui undang-undang baru yang kontroversial terkait pekerja imigran. Kini, negara tersebut akan mengizinkan ratusan ribu pekerja asing masuk ke negara tersebut untuk mengatasi permasalahan kekurangan tenaga kerja.

Dilansir dari laman BBC, Sabtu (8/12), parlemen memutuskan mulai April tahun depan, warga asing akan diizinkan mengambil pekerjaan di sektor-sektor usaha Jepang mulai dari konstruksi, pertanian, dan keperawatan.

Dengan diberlakukan UU ini, lebih dari 300.000 orang akan dapat izin untuk bekerja di sektor-sektor yang sedang menghadapi krisis tenaga kerja. UU ini akan mengatur dua kategori visa baru, di mana visa pekerja kategori pertama akan diizinkan bekerja selama lima tahun jika memiliki tingkat keterampilan tertentu dan bisa berbahasa Jepang.

Kemudian, visa kategori dua bagi pekerja asing yang memiliki tingkat keterampilan lebih tinggi akan diizinkan untuk mengajukan permohonan residensi.

Meski telah disetujui oleh parlemen, namun partai-partai oposisi menentang UU ini. Mereka menilai, sistem baru ini berisiko mengekspos pendatang baru untuk dieksploitasi. Mereka juga berpendapat bahwa dengan masuknya pekerja asing, maka hal tersebut akan menekan upah dan menyebabkan eksploitasi buruh migran.

Seperti diketahui, Jepang dikenal sebagai negara yang cukup waspada dalam memasukkan warga asing ke negaranya. Namun belakangan negara tersebut berhadapan dengan masalah populasi masyarakatnya yang semakin menua. Rendahnya angka kelahiran, membuat populasi di negara tersebut semakin menyusut sehingga kekurangan tenaga kerja. [ias]

Topik berita Terkait:
  1. Jepang
  2. Imigran
  3. Pekerja Asing
  4. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini