Rusia ajak Indonesia perangi ISIS

Rabu, 9 Agustus 2017 14:10 Reporter : Ira Astiana
Rusia ajak Indonesia perangi ISIS menlu rusia sergey lavrov dan menlu retno marsudi. ©2017 Merdeka.com/Ira Astiana

Merdeka.com - Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov berkunjung Indonesia untuk mengadakan pertemuan bilateral bersama dengan Menteri Luar Megeri Indonesia Retno Marsudi.

Beberapa hal menjadi pokok bahasan dalam pertemuan tersebut. Selain membahas kerja sama di bidang ekonomi, kedua negara pun sepakat untuk meningkatkan kerja sama menyelesaikan masalah regional dan global.

"Kami membenarkan bahwa negara kita memiliki posisi yang sama atau mendekati khususnya dalam menyelesaikan masalah regional dan global. Seperti Indonesia, kami juga percaya bahwa setiap konflik dan krisis harus diselesaikan sesuai dengan hukum internasional dan prinsip Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB)," kata Lavrov saat menggelar jumpa pers di Kementerian Luar Negeri RI, Jakarta Pusat, Rabu (9/8).

"Penyelesaian itu bisa melalui dialog politik, negosiasi dan pembahasan kompromi, sementara menegaskan bahwa campur tangan asing tidak dapat diterima," lanjutnya.

Lavrov menyebut saat ini isu yang tengah disoroti yakni tentang krisis di Timur Tengah dan Afrika Utara. Meski ada beberapa kemajuan, dirinya tetap prihatin dengan keadaan saat ini. Oleh karenanya, dia mengajak Indonesia agar bekerja sama memerangi Negara Islam Irak dan Syam (ISIS).

"Dalam hal ini, kami prihatin atas situasi di Timur Tengah dan Afrika Utara, meskipun ada kemajuan dalam proses penyelesaian Suriah dan perang melawan terorisme," ungkap Lavrov.

"Ancaman bahwa ISIS belum lenyap. Anggota-anggotanya telah menyebar ke seluruh dunia, termasuk daerah-daerah yang dekat dengan perbatasan Rusia dan Indonesia. Karena itu kami sepakat meningkatkan kerja sama untuk memberikan perhatian khusus dalam upaya memerangi momok ini," tambahnya.

Lavrov menjelaskan bahwa kerja sama antara Rusia dan Indonesia akan selalu ditingkatkan tidak hanya di tingkat bilateral, tetapi juga pada platform Rusia-ASEAN.

Baca juga:
ISIS kerja sama dengan mafia Italia selundupkan minyak ke Eropa
Gaya Duterte berbaju loreng saat datangi medan tempur di Marawi
Prancis siaga serangan teror usai 271 jihadis ISIS pulang kampung

Mengunjungi masjid kekhalifahan Baghdadi usai dihancurkan ISIS

Jaga perdamaian, Indonesia dan AS sepakat perangi ISIS

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini