Rex Tillerson Sebut Trump Tidak Disiplin Karena Selalu Ingin Melanggar Hukum

Sabtu, 8 Desember 2018 10:48 Reporter : Ira Astiana
Rex Tillerson Sebut Trump Tidak Disiplin Karena Selalu Ingin Melanggar Hukum Menlu AS Rex Tillerson. ©2017 CNN.com

Merdeka.com - Hubungan antara Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan mantan Menteri Luar Negeri AS Rex Tillerson semakin memburuk sejak Trump memutuskan untuk memecat Tillerson pada Maret lalu. Dalam sebuah wawancara, Tillerson bahkan tidak berusaha menutupi hubungan buruk keduanya.

"Saya rasa semuanya sudah jelas, kami memiliki gaya berbeda. Kami tidak memiliki sistem nilai yang sama," kata Tillerson saat ditemui di acara makan malam amal di Texas, seperti dilansir dari Channel News Asia, Sabtu (8/12).

Tillerson juga secara terang-terangan mengkritik kepemimpinan Trump dengan menyebutnya orang yang tidak disiplin karena berulang kali ingin melanggar hukum.

"Saya sampai harus bilang kepadanya, 'Pak Presiden, saya mengerti apa yang ingin Anda lakukan, tetapi Anda tidak bisa melakukannya dengan cara itu. Itu melanggar hukum, melanggar perjanjian'," ujar Tillerson menirukan kata-katanya kepada Trump.

"Dia benar-benar frustasi. Kurasa dia bosan karena setiap hari saya menjadi orang yang melarangnya melakukan sesuatu dan mengajaknya berdiskusi tentang hal yang bisa kami lakukan," tambahnya.

Mendengar pernyataan Tillerson, Trump meradang. Trump pun menumpahkan kekesalannya melalui akun Twitternya dengan menyebut Tillerson tidak memiliki kapasitas mental yang diperlukan untuk menjadi diplomat AS yang teratas.

"Dia bodoh seperti batu karang dan saya tidak bisa menyingkirkannya dengan cukup cepat. Dia malas sekali. Tetapi sekarang adalah permainan baru, semangat luar biasa sudah mulai terasa," tulis Trump dari Air Force One usai kembali dari konferensi di Kansas City.

Trump pun memberi pujian kepada pengganti Tillerson, Mike Pompeo, yang sebelumnya merupakan direktur CIA karena telah melakukan pekerjaan yang hebat. [ias]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini