Donald Trump Soal Pemimpin Baru ISIS: Kami Tahu Persis Siapa Dia

Sabtu, 2 November 2019 10:38 Reporter : Hari Ariyanti
Donald Trump Soal Pemimpin Baru ISIS: Kami Tahu Persis Siapa Dia Presiden AS Donald Trump. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengatakan pada Jumat (1/11), AS tahu siapa pemimpin baru ISIS setelah kematian Abu Bakar al-Baghdadi, karena AS bersumpah akan terus menekan para ekstremis.

"ISIS punya pemimpin baru. Kami tahu persis siapa dia," cuitnya, kurang dari sepekan setelah penyerangan Baghdadi oleh pasukan khusus AS, dilansir dari Alaraby, Sabtu (2/11).

Pada Kamis, ISIS menginformasi kematian Baghdadi dan mengumumkan penggantinya yaitu Abu Ibrahim al-Hashimi al-Quraishi. Sejauh ini sangat minim informasi tentang sosok Hashimi, yang namanya jarang disebut sebagai calon pengganti Baghdadi.

Koordinator Kontraterorisme Departemen Luar Negeri, Nathan Sales tak memiliki informasi rinci terkait Hashimi saat ditanyakan wartawan. Dia hanya mengatakan AS tengah mencari informasi terkait Hashimi, perannya, dan dari organisasi mana dia berasal.

"Kami akan terus membuat organisasi itu menghadapi tekanan kontraterorisme tanpa henti menggunakan semua alat kekuatan nasional. Kami akan membongkar kelompok itu terlepas dari siapa kader kepemimpinannya," jelasnya.

Baghdadi, yang memimpin ISIS sejak 2014 merupakan orang paling diburu sedunia, meninggal dalam penyerangan pasukan AS di Provinsi Idlib, barat laut Suriah pada Minggu lalu. ISIS mengonfirmasi terbunuhnya juru bicara ISIS, Abu Hassan al-Muhajir pada penyerangan lain di hari berikutnya.

Pernyataan itu mengatakan badan legislatif dan konsultatif ISIS tengah bersidang setelah kematian pimpinannya dan menyetujui penggantian.

Seorang juru bicara ISIS mengecam Trump sebagai "orang tua gila" dan memperingatkan bahwa kelompok itu akan membalas kematian Baghdadi. [pan]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini