Para Pemecah Sunyi, pilihan majalah TIME untuk Sosok Tahun Ini

Kamis, 7 Desember 2017 19:27 Reporter : Pandasurya Wijaya
sosok tahun ini majalah time 2017. ©TIME

Merdeka.com - Majalah TIME mengumumkan tradisi tahunan Sosok Tahun Ini yang kali ini dinobatkan bukan kepada satu orang tapi sejumlah aktris Hollywood dan laki-laki yang berani bersuara atas pengalaman pelecehan seksual yang mereka alami selama hidupnya.

Para Pemecah Sunyi dan juga penggagas gerakan tagar #MeToo yakni Tarana Burke, Ashley Judd, Selma Blair, Taylor Swift, Alyssa Milano, Terry Crews dan Megyn Kelly dipilih editor TIME sebagai Sosok Tahun Ini kemarin.

sosok tahun ini majalah time 2017 ┬ęTIME




"Ini adalah gerakan sosial paling pesat yang kami lihat selama beberapa dekade. Gerakan ini dimulai dari keberanian ratusan individu perempuan dan sejumlah pria yang mau buka suara menceritakan pengalaman mereka menjadi korban pelecehan seksual," kata Pemimpin Redaksi TIME Edward Felsenthal dalam acara TODAY, seperti dilansir EW.com, Kamis (7/12).

Judd menjadi wanita pertama yang mengklaim dirinya menjadi korban pelecehan seksual oleh Harvey Weinstein, produser kondang di Hollywood. Weinstein dituding melakukan berbagai pelecehan dan pemerkosaan kepada sejumlah aktris di Hollywood. Sejak kabar itu mencuat, banyak wanita lain yang jadi korban Weinstein dan korban pria lainnya berani buka suara.

Burke kemudian menggagas tagar #MeToo di media sosial yang membuat semua korban perlakuan serupa di dunia punya wadah untuk menceritakan pengalaman pahit mereka.

Aktris Alyssa Milano juga menjadi sosok yang membuat kampanye gerakan ini kian meluas.

Trump akhirnya berada di urutan kedua Sosok Tahun Ini.

"Dia di nomor dua karena dia mengubah tradisi kepresidenan dan bagaimana Gedung Putih menjalankan fungsinya," kata Felsenthal.


[pan]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.