Mantan presiden Catalonia ditangkap di Jerman

Minggu, 25 Maret 2018 21:50 Reporter : Pandasurya Wijaya
Mantan presiden Catalonia ditangkap di Jerman Carles Puigdemont. ©REUTERS

Merdeka.com - Mantan Presiden Catalonia Carles Puigdemont ditangkap di Jerman hari ini. Kabar itu diperoleh kantor berita Reuters mengutip pengacara Puigdemont.

"Presiden ditangkap ketika melewati perbatasan dari Denmark dalam perjalanan menuju Belgia dari Finlandia," ujar pengacara Jaume Alonso Cuevillas di akun Twitter, seperti dilansir laman Sputnik News, Minggu (25/3).

Polisi menangkap Puigdemont yang baru saja meninggalkan Finlandia atas permintaan pemerintah Spanyol. Polisi Jerman mengatakan Puigdemont ditangkap berdasarkan surat penangkapan Eropa. Dia kini masih ditahan di sebuah kantor polisi.

Mahkamah Agung Spanyol Jumat lalu kembali mengumumkan pemberlakuan penangkapan untuk Puigdemont.

Mantan presiden Catalonia itu sebelumnya mengatakan dia bersedia menggelar pembicaraan dengan pemerintah pusat Spanyol dan meyakini kepulangannya ke Negeri Matador akan menjadi bukti normalnya kehidupan berdemokrasi di Spanyol.

Pada 1 Oktober tahun lalu Catalonia mengadakan referendum yang hasilnya memutuskan Catalonia merdeka dari Spanyol. Namun Madrid menganggap referendum itu ilegal dan membubarkan pemerintahan otonomi Catalonia. Pemerintah Spanyol kemudian mengeluarkan surat dakwaan kepada 30 politisi Catalonia dan menangkap empat di antaranya. Puigdemont dan beberapa pejabat Catalonia lain melarikan diri dari Spanyol sebelum sidang digelar. [pan]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Spanyol
  3. Catalonia
  4. Jerman
  5. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini