Kapan Presiden RI gunakan mobil nasional seperti PM Malaysia?

Jumat, 24 Maret 2017 16:47 Reporter : Yulistyo Pratomo
Kapan Presiden RI gunakan mobil nasional seperti PM Malaysia? Mobil kepresidenan di pelantikan Jokowi-JK. ©2014 merdeka.com/muhammad luthfi rahman

Merdeka.com - Mobil kenegaraan yang membawa Presiden Joko Widodo, atau akrab disapa Jokowi mendadak mogok saat sedang berkunjung ke Kalimantan Barat. Tak hanya sekali, kendaraan itu sebelumnya sudah tiga kali mati di tengah perjalanan.

Kejadian itu sempat membuat Wakil Ketua DPR Fadli Zon berkomentar terkait atas mogoknya mobil dinas Jokowi. Fadli berkelakar, jika mobil Kepresidenan lebih baik diganti dengan mobil produksi lokal, Esemka daripada sering mengalami mogok.

Di Indonesia, rencana produksi mobil nasional tak kunjung terwujud. Apalagi sampai bisa memproduksi mobil nasional sekelas VVIP untuk mobil kepresidenan.

Tak perlu jauh-jauh ke AS atau Eropa untuk perbandingan. Di Malaysia, setiap pejabat negara dan pemerintahan wajib menggunakan mobil buatan dalam negerinya, yakni Proton.

Perusahaan mobil pelat merah tersebut memang memproduksi mobil khusus bagi para pejabat. Proton telah meluncurkan mobil dinas buat Perdana Menteri Datuk Seri Najib Razak bernama Proton Perdana, pada 2013 lalu. Mobil ini resmi jadi salah satu mobil pemimpin Malaysia itu.

Hanya ada dua varian untuk mobil seri Perdana, yakni Perdana 2.0 L dan 2.4 L. Tak hanya soal performa, perusahaan itu juga meningkatkan fitur keamanan dan kenyamanan bagi penggunanya.

Kendaraan jenis ini hanya diperuntukkan untuk Najib, dan satu lagi diberikan kepada Wakil Perdana Menteri Tan Sri Muhyiddin Yassin. Najib juga mendapatkan pelat khusus, yakni W 11 N.

Walau begitu, dalam sebuah kesempatan, Najib mengaku ingin juga memiliki mobil kenegaraan seperti The Beast yang digunakan oleh Presiden AS.

"(Mobil) Itu sangat nyaman dibandingkan Proton saya. Terasa sangat aman karena antipeluru dan bisa menahan ledakan sampai dengan intensitas tertentu," akunya, seperti dilansir themalaymailonline.com, Jumat (27/3).

Najib memang pernah merasakan kenyamanan saat Presiden AS tersebut mendatangi Malaysia. Apalagi kendaraan itu bisa dipakai untuk pertemuan delapan mata. Perangkat keamanannya membuat penumpang VVIP seperti sedang dilindungi oleh armada AS.

Limusin kepresidenan AS itu dibuat oleh General Motors pada 2009. Di dalamnya juga terpasang kamera pengelihatan gelap, ban anti-peluru, tangki oksigen dan tangki bensin berbahan baja.

Kapan Indonesia bisa punya mobil kepresidenan buatan anak bangsa? [tyo]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini