Ini kata Mahathir ketika nasihati Trump di sela Sidang Umum PBB

Kamis, 27 September 2018 17:52 Reporter : Pandasurya Wijaya
Ini kata Mahathir ketika nasihati Trump di sela Sidang Umum PBB Donald Trump. ©2018 Associated Press

Merdeka.com - Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad menyampaikan kritiknya kepada Presiden Amerika Serikat Donald Trump di sela acara Sidang Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa di Kota New York, Amerika Serikat. Mahathir meminta Trump untuk konsisten dengan kebijakannya, termasuk terhadap negara-negara di Asia.

"Tolong konsisten. Kalau ingin melawan kami katakan Anda ingin melawan kami. Jika tidak mau melawan kami dan ingin jadi teman maka mari berteman," kata Mahathir, seperti dilansir laman Malaysia Kini, Kamis (27/9).

Perdana menteri Negeri Jiran itu menyampaikan pernyataannya ketika bertemu dengan anggota Dewan Hubungan Luar Negeri AS kemarin.

Mahathir mengaku dia tidak tahu harus berpendapat apa terhadap sosok Trump.

"Karena dia selalu mengubah pendapatnya hanya dalam hitungan jam," kata Mahathir seraya mengambil contoh ketika Trump berubah-ubah keputusannya soal ingin bertemu dengan pemimpin negara lain atau tidak.

"Jadi sulit untuk mengikuti apa yang dia mau. Berhadapan dengan orang yang tidak konsisten jadi masalah besar," kata Mahathir.

Selain itu Mahathir juga mengatakan dirinya merasa presiden AS itu tidak tahu banyak soal Asia dan karena itu keputusannya soal Asia tidak berdasarkan realita dan fakta di lapangan.

"Dia kelihatannya selalu berpikir tentang Amerika dan bagaimana membuat Amerika jadi hebat lagi. Dia tidak memikirkan bagaimana berhubungan dengan negara lain," kata Mahathir.

Sang perdana menteri menyoroti reaksi AS dalam isu tertentu yang merespons dengan 'mengerahkan kapal perang'.

"Itu menimbulkan ketegangan, semacam provokasi. Itu sebabnya kebijakan luar negeri Malaysia adalah tidak menempatkan kapal perang di kawasan itu," ujar Mahathir merujuk pada isu sengketa wilayah di Laut China Selatan.

"Lima belas hingga 20 tahun dari sekarang berarti Trump sudah tidak ada lagi. Menurut saya orang Amerika cukup rasional. Mereka sadar damai lebih baik daripada perang." [pan]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini