India Keringkan Air Danau karena Ditemukan Mayat Terinfeksi HIV

Kamis, 6 Desember 2018 18:04 Reporter : Pandasurya Wijaya
India Keringkan Air Danau karena Ditemukan Mayat Terinfeksi HIV pemerintah lokal india mengeringkan danau di karnataka. ©PTI

Merdeka.com - Pemerintah India kemarin mengatakan mereka mengeringkan air danau di dekat Desa Morab di Karnataka karena warga melaporkan takut terkena penyakit HIV lantaran ditemukan mayat perempuan yang diketahui terkena penyakit itu.

Virus HIV biasanya menular melalui hubungan seksual, transfusi darah, dan dari ibu hamil kepada janin yang dikandungnya atau bayi yang disusuinya. Namun menurut pejabat daerah setempat, warga mendesak pemerintah mengeringkan danau itu.

"Kami sudah berusaha memberitahu warga desa, kami akan memeriksa air danau itu tapi mereka berkeras dan bahkan tidak mau mendekati danau kata Naveen Hullur, pejabat setempat, seperti dilansir laman Channel News Asia, Kamis (6/12).

Danau di Desa Morab, Karnataka, berjarak sekitar 440 kilometer dari Ibu Kota Negara Bagian Bengaluru. Danau itu luasnya 13 hektar.

Selama ini danau itu menjadi sumber air minum bagi sekitar seribu penduduk di desa yang warganya kebanyakan petani.

Menurut Hullur, operasi pengeringan danau itu kini sudah berjalan selama empat hari dan air bersih dari kanal terdekat dipakai untuk mengisi kembali danau itu.

Virus HIV yang menyebabkan AIDS tidak menular melalui udara, air, atau makanan atau dengan berbagi pakai gelas minuman, mangkuk, pakaian [pan]

Topik berita Terkait:
  1. India
  2. Hiv/aids
  3. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini