Australia puji RI pimpin organisasi negara pesisir Samudera Hindia

Senin, 6 Maret 2017 18:51 Reporter : Ira Astiana
Australia puji RI pimpin organisasi negara pesisir Samudera Hindia Menlu Retno dan Menlu Australia Julie Bishop. ©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - Menteri Luar Negeri Australia Julie Bishop menyatakan bahwa wilayah Samudera Hindia tidak hanya menjadi kepentingan negaranya, tetapi juga kepentingan dunia. Oleh karena itu, diperlukan adanya suatu wadah agar keamanan serta kepentingan di wilayah tersebut tetap terjaga, yakni dengan organisasi Indian Ocean Rim Association (IORA).

"IORA merupakan organisasi yang memang fokus terhadap berbagai kepentingan di wilayah Samudera Hindia. Kami juga sempat mengetuai organisasi ini pada 2013-2015 lalu dan tahun ini, dengan Indonesia sebagai ketuanya, Australia mendukung penuh setiap agenda Indonesia terkait Samudra Hindia," ujar Bishop, saat menggelar jumpa pers di Jakarta Convention Centre, Senin (6/3).

Bishop menuturkan, beragam pencapaian telah berhasil diraih selama 20 tahun terbentuknya IORA. Khususnya untuk agenda dalam menjaga keamanan di wilayah Samudera Hindia.

"Selama ini kita telah menghadapi berbagai tantangan dan mengambil beberapa tindakan untuk keselamatan dan keamanan maritim, pengelolaan perikanan kita, dan inisiatif manajemen risiko bencana alam," ujarnya.

Namun, bukan itu saja hal yang diperoleh melalui pembentukan IORA. Perkembangan lain yang mempengaruhi situasi ke-21 negara anggota juga turut diperoleh dari organisasi IORA.

"Kesempatan datang dari perdagangan dan investasi, dari sisi akademik dan operasi teknologi, pariwisata, pertukaran budaya, ekonomi global di semua negara Samudera Hindia, serta pemberdayaan ekonomi perempuan sebagai bagian dari lingkungan yang diperlukan untuk ekonomi berkembang," pungkasnya. [pan]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini