AS tegaskan tetap dukung Saudi dan UEA dalam perang di Yaman

Rabu, 29 Agustus 2018 19:17 Reporter : Pandasurya Wijaya
AS tegaskan tetap dukung Saudi dan UEA dalam perang di Yaman James Mattis. ©REUTERS/Aaron P. Bernstein

Merdeka.com - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat James Mattis mengatakan negaranya tetap mendukung koalisi pimpinan Arab Saudi dan UNi Emirat Arab dalam konflik di Yaman.

Komentar Mattis itu kemarin muncul di hari yang sama dengan laporan Perserikatan Bangsa-Bangsa yang menyebut pihak-pihak bertikai di Yaman melakukan kejahatan perang.

Kepada wartawan, Mattis menyatakan AS tengah bekerja sama dengan Saudi dan UEA untuk meningkatkan presisi serangan udara dan mengakui serangan sebelumnya telah menewaskan rakyat sipil, khususnya anak-anak.

"Kami mengakui setiap kesalahan dengan cara yang tragis ini tapi kami tidak melihat pihak yang kami ajak kerja sama telah melakukan perbuatan kekejaman," kata Mattis, seperti dilansir laman Aljazeera, Rabu (29/8). "Jadi kami akan melanjutkan kerja sama dengan mereka."

Dia menambahkan, AS akan terus mengevaluasi dukungan terhadap koalisi Saudi dan terus berupaya mencegah atau mengurangi jatuhnya korban sipil.

"Langkah kami adalah untuk mencegah korban sipil terbunuh secara tidak sengaja, seminim mungkin. Tujuan kami adalah mengurangi tragedi ini dan segera menuju meja perundingan di PBB," kata dia.

Koalisi dipimpin Saudi dan UEA mulai berperang dengan pemberontak Huthi sejak Maret 2015. Menurut data PBB, sedikitnya 10 ribu orang tewas sejak dimulainya konflik di Yaman. Namun sejumlah pengamat menilai angka korban tewas jauh lebih besar. [pan]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini