Abu Bakar al-Baghdadi Dikabarkan Hampir Tewas Dikudeta Militan Asing

Sabtu, 9 Februari 2019 14:28 Reporter : Pandasurya Wijaya
Abu Bakar al-Baghdadi Dikabarkan Hampir Tewas Dikudeta Militan Asing Abu Bakar al-Baghdadi. nationalreview.com

Merdeka.com - Pemimpin kelompok militan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) Abu Bakar al-Baghdadi dilaporkan diserang oleh kelompok teroris asing dalam upaya kudeta di sebuah desa dekat Hajin, Suriah.

Laporan yang dikutip harian the Guardian dari sumber intelijen itu mengatakan Baghdadi selamat dalam penyerangan itu dan para pengawal membawanya ke daerah gurun tidak jauh dari lokasi serangan.

Tak lama setelah kejadian itu yang diduga terjadi pada 10 Januari lalu, ISIS mengumumkan sayembara dengan menghargai kepala mantan militan mereka, Abu Muath al-Jazairi.

Dilansir dari laman Sputnik News, Sabtu (9/2), sayembara itu memang tidak menyebutkan apa alasan veteran militan asing itu menyerang tapi sumber intelijen menyebut kemungkinan dia ingin mengkudeta Baghdadi.

"Mereka dapat kesempatan bagus. Lalu terjadi kontak tembak dan dua orang tewas. Mereka adalah anggota militan asing, orang yang tadinya paling dipercaya," kata sumber intelijen.

Dalam dua tahun terakhir ISIS kehilangan banyak wilayah yang sempat dikuasainya di Suriah dan Irak. Anggota ISIS kini bersembunyi di lokasi-lokasi yang masih mereka kuasai. Pada Desember 2017 irak mengumumkan perang melawan ISIS sudah berakhir dan setahun kemudian Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengatakan pasukan AS sudah berhasil mengalahkan ISIS dan sisa-sisa anggota mereka akan dibereskan oleh pasukan lokal. [pan]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini