300 WNI di Filipina akhirnya pegang paspor Indonesia, ribuan lainnya belum

Kamis, 4 Januari 2018 19:47 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
300 WNI di Filipina akhirnya pegang paspor Indonesia, ribuan lainnya belum Menlu Retno di sela-sela kunjungan di Davao bertemu dengan para siswa Sekolah Indonesia Davao (SID). ©Kemlu RI

Merdeka.com - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi kemarin mengunjungi Davao, Filipina. Kedatangan menlu untuk menyerahkan paspor pada 300 WNI yang sudah bertahun-tahun tinggal di Filipina tapi tidak punya dokumen status kewarganegaraan.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Arrmanatha Nasir mengatakan ada sekitar 8.400 WNI yang melalui proses verifikasi Konsulat Jenderal RI dan pemerintah Filipina. Selain itu masih ada 2.000 WNI yang sedang diproses dokumentasinya.

"8.400 Orang ini merupakan keturunan WNI dan mereka selama ini tidak memiliki dokumentasi Filipina maupun Indonesia. Dari angka tersebut, kita terus melakukan verifikasi kembali, dan sedang memproses 2.000 (dokumen)," kata Arrmanatha di Kementerian Luar Negeri, Kamis (4/1).

Arrmanatha menambahkan, pemberian paspor itu merupakan tanda pengakuan kalau mereka WNI, dan secara administratif tercatat sebagai WNI. [pan]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini