8 Tips terbaik untuk membuat tidur lebih sehat

Reporter : Destriyana | Sabtu, 16 Maret 2013 20:29




8 Tips terbaik untuk membuat tidur lebih sehat
Ilustrasi tidur. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/baranq

Merdeka.com - Kurang tidur dan gaya hidup yang tidak sehat dapat merusak kesehatan tubuh Anda. Hal itu juga akan membuat Anda merasa tidak bersemangat dan malas sepanjang hari. Tidur higinis adalah faktor perilaku dan lingkungan yang mempengaruhi tidur Anda. Berikut adalah cara terbaik untuk membuat tidur Anda menjadi lebih sehat serta mengobati masalah gangguan tidur, seperti dilansir Boldsky.

1. Buatlah rutinitas tidur untuk memiliki tidur yang sehat. Tetap tidur dan bangun di waktu yang telah Anda tentukan untuk membantu menjaga kebiasaan tidur yang sehat. Hindari fleksibilitas karena mengarah ke waktu tidur yang tidak tepat. Pastikan Anda juga mendapat waktu tidur siang selama 30-45 menit ketika sedang bebas bekerja.

2. Tidur beberapa jam setelah makan malam. Jangan tidur ketika perut sedang kosong atau setelah makan! Makan malam sebaiknya dilakukan 2-3 jam sebelum waktu tidur. Pastikan Anda memilih makanan ringan yang mudah dicerna dan sehat untuk tubuh.

3. Membuat suasana tidur menjadi lebih tenang dengan membuat tubuh merasa lebih nyaman. Berikan tekanan ringan pada mata Anda dengan mengurangi cahaya di ruangan, tidak menonton TV atau bekerja dengan komputer atau laptop. Baca novel kesukaan Anda untuk bersantai dan membuat mood menjadi lebih tenang saat tidur. Bagi kebanyakan orang, gangguan tidur bisa dikendalikan dengan membaca novel sebelum tidur.

4. Mengurangi kebisingan di rumah. Suara bising membuat Anda sulit mendapatkan tidur yang baik. Semua orang perlu merasa lebih santai sebelum tidur.

5. Jangan mengonsumsi kafein 5-6 jam sebelum tidur. Kafein menyebabkan masalah tidur dan dapat membuat Anda terjaga selama 10-12 jam.

6. Hindari minum cairan seperti jus atau air yang berlebihan sebelum tidur. Kebiasaan itu bisa membuat Anda sering buang air kecil di malam hari yang dapat mengganggu tidur Anda.

7. Untuk mengobati gangguan tidur, jangan mengonsumsi alkohol sebelum tidur. Banyak orang berpikir bahwa alkohol dapat membantu tidur jadi lebih mudah. Namun gara-gara alkohol, kualitas dan kuantitas tidur Anda justru dapat berkurang. Jangan pula merokok sebelum tidur karena nikotin dalam tembakau menyebabkan masalah tidur.

8. Cobalah untuk melakukan beberapa latihan pernapasan atau yoga sebelum tidur. Latihan ini dapat melemaskan otot-otot, tubuh dan pikiran untuk mendapatkan tidur yang sehat dan menyembuhkan gangguan tidur.

Inilah delapan cara untuk membuat tidur Anda menjadi lebih sehat serta mengobati masalah gangguan tidur. Ingat, kurang tidur bisa menyebabkan banyak masalah, terutama kehilangan fokus dan tidak berenergi.

[des]


JANGAN LEWATKAN BERITA
Follow tag merdeka.com akan membantu untuk mendapatkan berita yang sesuai preferensi Anda. Misal Anda suka berita Anas Urbaningrum, masukkan email dan Anda hanya akan menerima berita seputar Anas Urbaningrum.

Let's be smart, read the news in a new way.
Tutup
Kirim ke teman Kirim copy ke email saya
Kirim ke

Free Content

  • URL Blog

  • Contoh : merdeka.wordpress.com

  • Email

  • Password


saya setuju menggunakan konten merdeka.com dan mengetahui bahwa merdeka.com tidak menyimpan informasi login saya






Komentar Anda


Be Smart, Read More
Back to the top

Today #mTAG SPOTLIGHT iREPORTER TOP 10 NEWS
Most Viewed Editors' Pick Most Comments

TRENDING ON MERDEKA.COM

LATEST UPDATE
  • Makna usia 14 tahun untuk dul: sebuah wawancara
  • Para mahasiswa ini bisa ubah ekstrak buah & tumbuhan jadi obat
  • 5 Balap Formula 1 paling seru di paruh pertama musim 2014
  • Menyingkap fakta di balik isu bangkrut Asmirandah
  • 5 Aksi Andi, tiduri ibu sahabat bak di film porno
  • Nestapa pegawai pabrik, kesurupan justru diperkosa bos WN China
  • Tolak Cak Imin, kiai-kiai NU Jatim bergolak
  • Atasi air rob, Terminal Terboyo Semarang bakal dipugar
  • Diduga pesta narkoba, anggota polisi & TNI diciduk
  • Risty Tagor bantah gugat cerai Rifky Balweel
  • SHOW MORE