10 Buah yang baik untuk penderita diabetes

Reporter : Destriyana | Selasa, 19 Februari 2013 12:30




10 Buah yang baik untuk penderita diabetes
Ilustrasi apel. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/Frogstar

Merdeka.com - Penderita diabetes harus sangat berhati-hati dalam memperhatikan apa yang mereka makan. Ada beberapa makanan yang perlu dihindari oleh penderita diabetes. Namun, ada pula makanan yang dapat mengontrol kadar gula darah mereka. Buah-buahan dapat membantu mengendalikan kadar gula darah yang tinggi dan kaya protein serta vitamin. Berikut adalah 10 buah yang baik dikonsumsi penderita diabetes, seperti dilansir Boldsky.

1. Apel

Makan satu apel sehari bisa menjauhkan Anda dari berbagai penyakit. Hal ini juga berlaku bagi penderita diabetes. Apel kaya akan pektin yang dapat mengurangi tingkat insulin yang tinggi. Makan apel bisa membuat indeks glikemik Anda dalam tingkat yang rendah.

2. Pir

Pria adalah buah yang kaya pektin - yang juga baik untuk penderita diabetes. Jika dikonsumsi dalam jumlah sedang, pir bisa mengontrol kadar gula darah yang tinggi.

3. Aprikot

Aprikot kering jauh lebih berkhasiat dibanding yang masih segar. Buah ini juga kaya akan kalium yang baik untuk penderita diabetes.

4. Berries

Semua jenis berry seperti raspberry, stroberi, blueberry dan blackberry dapat membantu menurunkan indeks glikemik penderita diabetes.

5. Ceri

Ceri adalah buah dengan indeks glikemik yang rendah. Ceri juga kaya serat yang menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

6. Anggur

Anggur segar sangat baik jika dikonsumsi penderita diabetes. Namun, konsumsi dalam jumlah berlebihan akan berbahaya bagi tubuh karena anggur mengandung karbohidrat dalam bentuk gula alami.

7. Plum

Selain rendah kalori, plum juga memiliki indeks glikemik yang rendah. Plum merupakan sumber makanan yang kaya akan serat - yang membuat buah ini ideal bagi penderita diabetes dan penderita jantung

8. Jeruk

Buah jeruk sangat sehat bagi penderita diabetes. Buah ini dapat menurunkan indeks glikemik, sumber vitamin C dan yang paling penting, serat dalam jeruk memodulasi gula darah dengan memperlambat penyerapan ke dalam aliran darah.

9. Alpukat

Lemak sehat dan potasium dalam alpukat membuatnya menjadi buah yang sehat bagi penderita diabetes. Buah ini juga menurunkan trigliserida dan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

10. Melon

Melon mengandung banyak serat yang dibutuhkan oleh penderita diabetes. Namun, pastikan Anda tidak membeli melon yang terlalu matang karena dapat meningkatkan kadar gula darah Anda.

Inilah sepuluh buah yang baik untuk penderita diabetes. Meski penderita diabetes gampang mengalami kelelahan, usahakan Anda tetap melakukan olahraga ringan secara teratur setiap hari. Setidaknya ini dapat membuat tubuh Anda tetap fit.

[des]


JANGAN LEWATKAN BERITA
Follow tag merdeka.com akan membantu untuk mendapatkan berita yang sesuai preferensi Anda. Misal Anda suka berita Anas Urbaningrum, masukkan email dan Anda hanya akan menerima berita seputar Anas Urbaningrum.

Let's be smart, read the news in a new way.
Tutup
Kirim ke teman Kirim copy ke email saya
Kirim ke

Free Content

  • URL Blog

  • Contoh : merdeka.wordpress.com

  • Email

  • Password


saya setuju menggunakan konten merdeka.com dan mengetahui bahwa merdeka.com tidak menyimpan informasi login saya






Komentar Anda


Be Smart, Read More
Back to the top

Today #mTAG iREPORTER
LATEST UPDATE
  • Soal isu Cak Imin dapat rapor merah KPK, ini kata PKB
  • Perusahaan material bangunan Prancis bangun pabrik di Serang
  • Warga Denpasar temukan jasad orok tak utuh di tempat sampah
  • Ineu Purwadewi jadi perempuan pertama jabat Ketua DPRD Jabar
  • Ini manfaat kesehatan berjalan tanpa alas kaki!
  • 7 Prediksi Olympiakos vs Juventus, tuan rumah sangat mematikan
  • PNS asal Aceh ditemukan meninggal di hotel di Yogya
  • Pemerintah tawarkan insentif investasi energi biomassa
  • Tak puas banding ditolak, KPK ajukan kasasi atas vonis Wawan
  • 5 Cara menghadapi feedback negatif dari bos
  • SHOW MORE