Kiat menjadi orang tua yang adil untuk anak

    Reporter : Vizcardine Audinovic | Senin, 15 April 2013 18:06




    Kiat menjadi orang tua yang adil untuk anak
    Ilustrasi orang tua dan anak. ©Shutterstock.com/ Andrey_Popov

    Merdeka.com - Mempunyai banyak anak tentu menyenangkan dan rumah Anda akan selalu ramai. Namun, kebanyakan orang tua memihak ke salah satu anak, karena dianggap yang paling menonjol. Akibat sikap ini muncul kecemburuan antar anak dan membuatnya tidak akur. Berikut tujuh tips untuk mengurangi rasa persaingan antar anak, dilansir magforwomen.

    1. Jangan pernah membandingkan
    Ketika satu anak lebih patuh dan menonjol dalam bidang akademis, banyak orang tua yang membandingkan dengan anaknya yang lain. Hal ini jelas tidak dianjurkan. Membandingkan anak-anak membuat segalanya lebih buruk. Ketika Anda membandingkan, Anda menurunkan harga diri dari satu dan menambah arogansi pada anak yang diunggulkan. Pahami bahwa mereka adalah individu dengan sikap yang berbeda dan mempunyai kelebihan masing-masing.

    2. Jangan membuat anak yang lebih tua menderita
    Hanya karena anak tua dianggap lebih dewasa bukan berarti dia harus mengalah. Seringkali kita meminta anak sulung untuk memahami dan menyesuaikan dengan kebutuhan adik-adiknya. Perlakuan seperti itu tidak akan membuat dia menjadi cukup dewasa dan mengerti semuanya. Jika Anda terus-menerus memintanya untuk berkorban, maka Anda menabur benih kepahitan dan kebencian. Ada saatnya anak yang lebih tua harus mengalah pada adiknya, namun ada pula waktu untuk si sulung mempunyai pendapatnya sendiri.

    3. Jangan memihak
    Jangan memihak atau condong pada satu anak. Anda mungkin kagum dengan anak bungsu yang rajin dibandingkan kakaknya. Namun bukan berarti Anda hanya memperhatikan si bungsu bukan? Setiap anak adalah spesial. Perlakukan mereka dengan cara yang sama. Beri mereka didikan dan kasih sayang yang sama agar setiap anak tumbuh dengan sempurna. Jadi, setiap kali mereka berdebat atau bertengkar, Anda tidak berpihak. Memberi solusi da menjadi penengah adalah jalan yang terbaik.

    4. Lakukan hal menyenangkan bersama
    Cara terbaik untuk mencairkan ketegangan antara saudara kandung adalah melakukan kegiatan yang menyenangkan secara bersama-sama. Aktivitas yang dilakukan bersama, terlebih anak-anak Anda menyukainya akan menciptakan sikap saling menyayangi dan mengurangi rasa persaingan antar sesama saudara.

    5. Tunjukkan cinta Anda tanpa syarat
    Seringkali mereka merasa bahwa anak tidak dicintai lagi karena kehadiran adik. Jangan biarkan hal itu terjadi. Pastikan Anda mencintai kedua anak-anak dengan sama dan tanpa syarat. Biarkan mereka merasa aman tentang cinta dan kasih sayang.

    6. Perlakukan mereka sama
    Cobalah untuk memperlakukan anak-anak Anda dengan sama. Jika Anda memberikan hadiah pada si sulung karena berprestasi, maka ketika si bungsu juga juara, Anda harus memberinya hadiah. Ketika si sulung dan bungsu melakukan kesalahan, Anda harus menegur keduanya.

    7. Jadilah teladan yang baik
    Ketika orang tua mampu bersikap adil, maka sang anak akan melihat sikap tersebut dan menirunya. Beri contoh sikap saling menyayangi dan menghormati antar sesama. Ajarkan pada anak bagaimana caranya bersikap pada kakak atau adik. Dengan demikian anak Anda akan paham dan mengurangi rasa cemburu.

    Anak adalah anugerah dari Tuhan. Perlakukan mereka dengan baik dan jangan pernah membeda-bedakannya, karena mereka mempunyai kelebihan masing-masing.

    Baca juga :

    Mendengar suara ibu bisa menghilangkan stres
    10 Cara ampuh menghadapi anak rewel soal makanan
    5 Pelajaran penting untuk ibu tunggal

    [vic]


    JANGAN LEWATKAN BERITA
    Follow tag merdeka.com akan membantu untuk mendapatkan berita yang sesuai preferensi Anda. Misal Anda suka berita Anas Urbaningrum, masukkan email dan Anda hanya akan menerima berita seputar Anas Urbaningrum.

    Let's be smart, read the news in a new way.
    Tutup
    Kirim ke teman Kirim copy ke email saya
    Kirim ke

    Free Content

    • URL Blog

    • Contoh : merdeka.wordpress.com

    • Email

    • Password


    saya setuju menggunakan konten merdeka.com dan mengetahui bahwa merdeka.com tidak menyimpan informasi login saya







    Komentar Anda


    Be Smart, Read More
    Back to the top

    Today #mTAG iREPORTER
    LATEST UPDATE
  • Jokowi batal umumkan menteri, panggung di Priok dibongkar
  • Sepi kerjaan, 4 kuli bangunan beralih profesi jadi maling
  • Cerai karena impoten, berobat di Bengkel Mr P & dikaruniai anak
  • Usai ceramahi siswa SMA 6, Mabes Polri bakal datangi SMA 70
  • Honda CR-V sabet gelar 'SUV of The Year'!
  • Inilah fakta sebenarnya di balik kisah cinta Kylie Jenner
  • Beda cara pandang pria dan wanita dalam menyikapi persahabatan
  • Demo di Balai Kota, ratusan buruh minta Ahok hitung ulang KHL
  • Cara buat smartphone Sony tidak boros baterai
  • Video wanita China rusak mesin ATM dengan tangan kosong
  • SHOW MORE