Wapres JK: Tarif Layanan Pelabuhan Batam Harus Lebih Murah dari Jakarta

Selasa, 2 April 2019 19:11 Reporter : Idris Rusadi Putra
Wapres JK: Tarif Layanan Pelabuhan Batam Harus Lebih Murah dari Jakarta Jusuf Kalla. ©2015 merdeka.com/arie basuki

Merdeka.com - Wakil Presiden, Jusuf Kalla menyebut bahwa tarif pelayanan di Pelabuhan Batu Ampar Batam akan dibuat lebih efisien, bahkan lebih murah dibandingkan biaya logistik di Pelabuhan Tanjung Priuk Jakarta.

"Target kita 250 (dolar AS) untuk biaya itu bisa dicapai, setidaknya tidak lebih mahal dibanding Tanjung Priuk, harus lebih murah dibanding Tanjung Priuk," kata Wapres usai memimpin rapat koordinasi terkait pelabuhan Batam di Kantor Badan Pengusahaan (BP) Batam, Selasa (2/4).

Mengutip Antara, JK mengatakan selama ini operasional pelayanan di Pelabuhan Batu Ampar sangat tidak efektif, dengan membebankan biaya-biaya yang tidak diperlukan kepada pelaku usaha. Selain itu, kondisi peralatan dan fasilitas yang ada di Pelabuhan Batu Ampar juga tidak memadai sehingga biaya handling di Batam menjadi boros.

"Banyak biaya-biaya yang tidak perlu. Karena pelabuhan kita bisa dibilang masih seperti situasi 20-30 tahun lalu, crane-nya masih biasa saja, masih ada gudang yang tidak digunakan lagi, juga biaya kontainer yang masih harus diperiksa di Singapura, sekarang minta diperiksa di Batam saja," jelasnya.

Sebelumnya, dalam kunjungannya ke Batam pada Februari lalu, Wapres JK mendapat keluhan dari sejumlah pengusaha terkait mahalnya biaya perjalanan kontainer dari Pelabuhan Batam.

Untuk kontainer berukuran 20 kaki, biaya transportasinya memakan hingga USD 470 dari Batam ke Singapura dengan waktu tempuh selama tiga jam. Biaya tersebut 88 persen lebih mahal dibandingkan pengiriman dari Jakarta ke Singapura yakni sebesar USD 250 untuk kontainer berukuran serupa.

Turut hadir dalam rapat tersebut antara lain Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution, Gubernur Kepulauan Riau Nurdin Basirun, serta Wali Kota Batam sekaligus Kepala BP Batam Edy Putra Irawady. [idr]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini