Tiru China, Pemda di Indonesia Harus Bersaing Tarik Investasi

Selasa, 15 Oktober 2019 18:04 Reporter : Wilfridus Setu Embu
Tiru China, Pemda di Indonesia Harus Bersaing Tarik Investasi investasi. shutterstock

Merdeka.com - Chief Economist PT Bahana Sekuritas Putera Satria Sambijantoro mengatakan pemerintah daerah (Pemda) di Indonesia harus bersaing satu sama lain secara positif. Khususnya dalam upaya menarik investasi ke daerahnya.

"Yang paling penting juga, pemerintah daerah mesti proaktif dalam menggandeng investor," kata dia, di Gran Melia, Jakarta, Selasa (15/10).

Dia menjelaskan, praktik persaingan positif tersebut dilakukan oleh kepala-kepala daerah di China. Jika ada rencana investasi dari satu investor, maka masing-masing kepala daerah akan berlomba-lomba menggaet hati si Pemilik Modal.

"Itu yang dilakukan oleh pemerintah daerah di China. Kalau pemerintah daerah di China, misalnya ada yang mau investasi, itu berebutan Pemda-pemda, Pemdanya Beijing, Shanghai, itu rebutan," ungkapnya.

Kompetisi tersebut yang harus dilakukan oleh segenap Pemerintah Daerah di Indonesia, sebab berdampak pada pertumbuhan ekonomi daerah dan nasional. "Saingan tarik investasi. Saingan yang positif dalam hal ekonomi," tandasnya. [azz]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini