Tingkat Kesulitan Soal Tes CPNS di Papua dan Jawa akan Berbeda

Senin, 18 November 2019 18:37 Reporter : Merdeka
Tingkat Kesulitan Soal Tes CPNS di Papua dan Jawa akan Berbeda cpns. ©2018 liputan6.com

Merdeka.com - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi berencana untuk membedakan tingkat kesukaran soal tes CPNS 2019 antar di Jawa dan Papua. Hal itu bertujuan memberikan keadilan terhadap masyarakat Papua.

Deputi SDM KemenPANRB, Setiawan Wangsa Atmaja mengatakan, soalnya akan disesuaikan dengan karakteristik masyarakat Papua.

"Papua ini kan dikelola secara offline tapi online secara lokal ya," kata dia saat ditemui di Komplek DPR, Jakarta, Senin (18/11).

Menurut dia, soal tes di Papua akan dibuat lebih mudah dibandingkan Jawa. Setiawan sendiri tidak menjabarkan secara rinci berapa perbandingan soal yang mudah dengan yang sulit atau menengah.

Kendati begitu, ambang batas lulusnya masih sama. Tidak dibedakan dengan tes yang dilakukan di Jawa.

1 dari 1 halaman

Tes Wawasan Kebangsaan Dominasi Porsi Soal

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menyampaikan kisi-kisi, bahwa soal tes dalam seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 akan didominasi oleh Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).

Sebagai informasi, TWK akan diberikan pada saat peserta CPNS mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Adapun dua rangkaian tes lainnya saat SKD yakni Tes Karakter Pribadi (TKP) dan Tes Intelegensia Umum (TIU).

"Yang jelas memang salah satu saringannya dalam CPNS ini adalah Tes Wawasan Kebangsaan (TWK). Jadi oleh karena itu Tes Wawasan Kebangsaan ini mempunyai passing grade tersendiri," ungkap Deputi SDM dan Aparatur Kementerian PANRB Setiawan Wangsaatmaja di Jakarta, Rabu (30/10).

Pria yang akrab disapa Iwan ini memperkirakan, bobot atau porsi soal TWK dalam rangkaian Seleksi Kompetensi Dasar ini mencapai sekitar 60 persen. "(Bobotnya berapa?) Nanti diputuskan di Panselnas (Panitia Seleksi Nasional). Tetapi setidaknya kurang lebihnya mungkin 60 persen dari total soal," jelas dia.

Dia pun memastikan, penyediaan soal TWK pada seleksi CPNS kali ini bakal berubah dari tes-tes di tahun sebelumnya. Hal tersebut mengikuti kebutuhan pemerintah akan Aparatur Sipil Negara (ASN) pada saat ini.

Reporter: Yopi Makdori

Sumber: Liputan6.com [azz]

Baca juga:
DPR Minta Kemenpan-RB Prioritaskan Guru Agama dalam CPNS buat Perbaiki Moral Bangsa
Baru 10,6 Persen Pelamar CPNS Tuntaskan Pendaftaran di Portal SSCN
Cegah Pelamar Siluman CPNS, BKN Tak Lagi Tampilkan Jumlah Pendaftar di Suatu Formasi
Ternyata, Pelamar Siluman Bertebaran di Pendaftaran CPNS
Sejak Dibuka, Inilah 10 Formasi Terbanyak Diincar Pendaftar CPNS 2019

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini