Senin, Presiden Jokowi Dijadwalkan Resmikan Bendungan Rotiklot

Jumat, 17 Mei 2019 16:14 Reporter : Merdeka
Senin, Presiden Jokowi Dijadwalkan Resmikan Bendungan Rotiklot Bendungan Rotiklot. ©2019 Liputan6.com

Merdeka.com - Presiden RI Joko Widodo ( Jokowi) rencananya akan meresmikan Bendungan Rotiklot yang terletak di Kecamatan Atambua, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Senin (20/5/2019). Secara fungsi, salah satu tujuan utama pembangunan Bendungan Rotiklot yakni sebagai pengendali banjir yang kerap melanda Kabupaten Belu saat musim hujan.

"Pengendali banjir, karena setiap tahun banjir terus daerah hilir. Musim hujan di sini tuh (biasa terjadi) 3 bulan yang intensitasnya tinggi," ungkap Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Bendungan Rotiklot, Rufinus Mbani, di Bendungan Rotiklot, Belu, NTT, Jumat (17/5).

Adapun keberadaan bendungan di Provinsi NTT, khususnya Pulau Timor dianggap sangat penting, lantaran daerah ini kerap diguyur hujan dengan intensitas tinggi selama tiga bulan.

Sebagai informasi, kehadiran Bendungan Rotiklot juga akan memberikan berbagai manfaat lain bagi masyarakat sekitar dan kegiatan di Pelabuhan Atapupu. Antara lain, memenuhi air baku sebesar 40 liter per detik dansuplai irigasi seluas 139 hektare (ha).

Pembangunan bendungan berkapasitas tampung 3,3 juta meter kubik ini dikerjakan oleh PT Nindya Karya (Persero) dan PT Universal Suryaprima lewat Kerja Sama Operasi (KSO) dengan dana APBN sebesar Rp 496 miliar.

Jelang peresmian yang akan dilakukan Presiden Jokowi pada Senin besok, Rufinus Mbani melanjutkan, pengerjaan Bendungan Rotiklot kini telah rampung sepenuhnya meski masih harus mengurusi proses sertifikasi lahan. "Kalau fisik sudah 100 persen. Yang belum kita punyai itu sertifikat untuk lahan, masih dalam proses pengurusan," pungkas dia.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana
Sumber: Liputan6.com

[bim]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini