Presiden Jokowi perintahkan Menteri Jonan ikut berunding soal besaran pajak Freeport

Jumat, 6 Oktober 2017 16:04 Reporter : Wilfridus Setu Embu
Presiden Jokowi perintahkan Menteri Jonan ikut berunding soal besaran pajak Freeport Konpers perpanjangan kontrak Freeport. ©2017 merdeka.com/muhammad luthfi rahman

Merdeka.com - CEO PT Freeport Indonesia Richard Adkerson dan Direktur Eksekutif Freeport Indonesia Tony Wenas melakukan pertemuan dengan Menteri ESDM, Ignasius Jonan di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Jakarta Pusat, Jumat (6/10).

Adapun dalam pertemuan tersebut, PT Freeport kembali menyampaikan komitmennya untuk tetap berpegang pada poin-poin yang sudah disepakati dengan pemerintah Indonesia dalam perundingan.

"Soal Freeport, (pemerintah) tetap sesuai dengan framework atau kerangka dasar yang sudah disepakati bersama terkait divestasi 51 persen, pembangunan smelter, dan penerimaan negara secara agregat ya pajak, retribusi, itu lebih besar dibandingkan kontrak karya," ungkap Staf Menteri ESDM, Hadi M.Juraid, di Gedung Kementerian ESDM.

Hadi pun menyampaikan bahwa berdasarkan instruksi Presiden Joko Widodo, Menteri Jonan diminta kembali terlibat dalam proses perundingan dengan PT Freeport bersama dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno.

Dengan begitu, menurut dia, pemerintah mengharapkan proses perundingan dengan PT Freeport Indonesia dapat selesai dalam proses yang lebih singkat. "Sesuai arahan presiden, Menteri ESDM akan kembali membantu proses perundingan. Supaya cepat selesai dan hasil akan dituangkan dalam lampiran IUPK," tandasnya.

[bim]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini