Presiden Jokowi Perintahkan Eksportir Sasar Pasar Non Tradisional

Rabu, 4 Maret 2020 20:43 Reporter : Anisyah Al Faqir
Presiden Jokowi Perintahkan Eksportir Sasar Pasar Non Tradisional Pelabuhan. ©2013 Merdeka.com/arie basuki

Merdeka.com - Pemerintah Jokowi komitmen untuk terus menggenjot kinerja ekspor produk Indonesia ke berbagai negara yang jadi pasar China. Ekspansi ekspor ini bertujuan untuk meningkatkan neraca perdagangan di tengah kondisi ekonomi global yang lesu akibat penyebaran virus corona.

"Di tengah interdependensi yang semakin menguat, dan juga adanya sekarang dampak corona, (ekspor) kita juga tidak boleh setop," kata Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Rabu, (4/3).

Jerry menyebutkan, Presiden Joko Widodo memerintahkan kegiatan ekspor tak boleh hanya bersifat rutin. Para eksportir diminta melakukan ekspansi, melakukan berbagai terobosan dan meningkatkan kualitas produksinya.

Terutama ekspansi ke berbagai negara yang belum pernah ditembus Indonesia. Misalnya negara-negara non tradisional yaitu Afrika dan Amerika Latin. Jerry mengaku sudah menjalin kerja sama dengan salah satu negara di Afrika yakni Tunisia dan Turki lewat perjanjian CEPA.

Beberapa negara ini memang belum pernah disentuh Indonesia untuk menjalin kerja sama. Mereka tergolong negara potensial untuk menjalin perdagangan selain tetap berekspansi dengan negara yang sudah menjalin kerja sama.

"Seluruh negara kita usahakan menjalin hubungan dengan baik, intensif dan terus melebarkan aktivitas perdagangan dengan mereka," kata Jerry.

Jerry mengaku beberapa waktu lalu sudah bertemu dengan Perdana Menteri Turki dan Wakil Menteri Perdagangan Turki. Dalam waktu dekat Indonesia-Turki untuk penandatanganan perjanjian dagang. Begitu juga dengan negara di Eropa. Jerry berharap kerja sama perdagangan Indonesia dengan negara bagian Eropa bisa terealisasi tahun ini.

Kami bersepakat untuk merealisasikan perjanjian CEPA pada akhir tahun," kata Jerry mengakhiri.

Baca Selanjutnya: Perlambatan Ekonomi Global dan Virus...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini