Potensi keuntungan usaha rintisan bidang perikanan masih besar

Rabu, 4 Juli 2018 20:37 Reporter : Dwi Aditya Putra
Potensi keuntungan usaha rintisan bidang perikanan masih besar Nelayan di Muara Angke. ©2018 Liputan6.com/Angga Yuniar

Merdeka.com - Chief Product Officer (CPO) GrowPal, Paundra Noorbaskoro, menilai pertumbuhan usaha rintisan (start up) di bidang perikanan saat ini masih kalah bila dibandingkan dengan sektor lainnya. Padahal, peluang industri perikanan cukup besar, mengingat Indonesia memiliki potensi kelautan yang begitu besar dan sumber daya perikanan yang beragam.

Paundra mengungkapkan, kemunculan start up pada era digitalisasi saat ini cukup banyak. Akan tetapi, pada perkembangannya di sektor perikanan sendiri belum mampu dioptimalkan. Seharusnya, kata dia, hal itu dapat menjadi peluang bisnis yang potensial bagi para pelaku start up di Indonesia.

"Kalau bertumbuh iya. Tapi berkembang belum tentu (banyak di perikanan). Karena banyak kan sekarang start up muncul ya. Jadi belum banyak yang bener bener ini loh Indonesia negara maritim belum sepenuhnya," ujarnya saat ditemui di Jakarta Convention Centre (JCC), Senayan, Jakarta, Rabu (4/7).

Paundra mengatakan, masyarakat saat ini belum cukup banyak yang menyadari manfaat dari sektor perikanan. "Belum menjadi kesadaran yang penuh bahwasanya potensi laut di Indonesia itu bener bisa diandalkan," imbuhnya.

Menyoal persaingan, Paundra tidak menganggap platform sejenis sebagai persaingan. Paundra menilai platform dengan model bisnis yang sama ada persamaan niat untuk membangun sektor perikanan di Indonesia. Maka dari itu, kolaborasi merupakan cara yang tepat untuk mewujudkan niatan tersebut.

"Outputnya adalah kita sama-ama membantu meningkatan produksi perikanan yang kuantitas dan berkualitas," pungkasnya.

Seperti diketahui, Growpal sendiri adalah sebuah platform digital yang memberikan layanan yaitu mempertemukan antara pemilik modal, investor, sponsor, pemilik lahan, petani ikan laut dan pembeli hasil panen di bidang agribisnis perikanan.

[bim]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini