Pengusaha nilai pembangunan infrastruktur RI dorong pertumbuhan ekonomi

Senin, 8 Oktober 2018 16:32 Reporter : Merdeka
Pengusaha nilai pembangunan infrastruktur RI dorong pertumbuhan ekonomi Wakil Ketua Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) Arif Budimanta. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Wakil Ketua Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) Arif Budimanta memastikan, pembangunan infrastruktur Indonesia membawa dampak signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi nasional.

Dia menjelaskan, dengan 1 persen investasi di bidang infrastruktur, jelas menumbuhkan perekonomian sebesar 0,25 persen.

Menurutnya, hal ini berdasarkan hasil kajian IMF. Temuan itu didapat menggunakan data di 36 negara maju dan 153 negara berkembang selama periode 1985 sampai dengan 2013, yang termuat dalam Laporan World Economic Outlook edisi Oktober 2014.

"Jadi 1 persen dari PDB (Produk Domestik Bruto) itu mendorong pertumbuhan ekonomi sampai 0,25 persen. Maka kemudian, kenapa jadi penting infrastruktur itu sampai terselesaikan," ucap Arif dalam Focus Group Discussion (FGD) di Posko Cemara, Jakarta, Senin (8/10).

Dia menegaskan, dengan investasi infrastruktur tersebut, maka mobilitas perekonomian akan berjalan. Bahkan bisa menaikkan capital inflow yang ada.

"Ini akan mendorong ekonomi. Dengan cara apa selain memang aktivitas di bidang investasi infrastruktur tersebut, tetapi konteks mobilitas, arus barang, arus orang, kemudian mempermudahkan cost logistik. Jadi capital inflow itu jadi lebih baik," jelas Arif.

Sebelumnya, calon Wakil Presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno, sempat mengkritik, bahwa infrastruktur yang selama ini dibangun, tak terlalu berdampak langsung pada penyediaan lapangan kerja.

Reporter: Putu Merta Surya Putra

Sumber: Liputan6.com [azz]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini