Pemerintah Perkuat Kerjasama Transportasi Udara dengan Australia

Minggu, 9 Februari 2020 16:30 Reporter : Dwi Aditya Putra
Pemerintah Perkuat Kerjasama Transportasi Udara dengan Australia Menhub Budi Karya. ©2019 Liputan6.com/Johan Tallo

Merdeka.com - Pemerintah Indonesia dan Australia kembali memperkuat kerjasama di bidang transportasi udara. Upaya ini dilakukan untuk mendorong serta mendukung sektor pariwisata, perdagangan dan perindustrian di Tanah Air.

"Kami mendampingi Presiden (Jokowi) berangkat ke Canberra untuk bertemu dengan Perdana Menteri Australia Scott Morrison, dalam rangka memperkuat kerjasama kedua negara, salah satunya di bidang transportasi udara," jelas Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melalui keterangan resminya, Minggu (9/2).

Dalam pertemuan tersebut, Indonesia menyampaikan beberapa usulan kerjasama di sektor transportasi antara antara lain pembahasan lebih lanjut mengenai unlimited (tanpa batas) akses dan kapasitas penerbangan yang akan membuka seluruh kota di Australia dan Indonesia.

Kemudian, dalam rangka mempromosikan keamanan transportasi dan guna mendukung program tujuan wisata, Indonesia juga meminta Australia agar dapat mengubah tingkatan travel advice ke Indonesia, dari tingkatan kuning (waspada risiko keamanan) menjadi hijau (tidak ada risiko keamanan khusus).

Indonesia juga menginisiasi untuk memperkuat kerjasama peningkatan dan pengembangan kompetensi sumber daya manusia khususnya pendidikan dan pelatihan kejuruan bagi para dosen atay instruktur dan mahasiswa di berbagai lembaga pendidikan dan pelatihan di bidang transportasi, serta pelatihan teknologi digitalisasi untuk sektor maritim. Lalu, Indonesia juga ingin menekankan kembali keinginan untuk menempatkan Atase Perhubungan di Canberra, Australia. [azz]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini