Bulog Klaim Operasi Pasar Berhasil Tekan Harga di Pasar

Selasa, 27 November 2018 17:37 Reporter : Dwi Aditya Putra
Bulog Klaim Operasi Pasar Berhasil Tekan Harga di Pasar Operasi pasar Bulog. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution kembali menggelar rapat koordinasi terbatas (rakortas) membahas soal pangan di Kantornya, Jakarta. Rapat ini dilakukan sebagai langkah mengevaluasi upaya operasi pasar yang dilakukan oleh pemerintah.

Hadir dalam rapat ini Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso, Kepala Badan Reserse Kriminal Kepolisian Indonesia Ari Dono, Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian Agung Hendriadi dan Direktur Perdagangan Luar Negeri Oke Nurwan.

"Kita evaluasi beras operasi pasar (OP) secara keseluruhannya untuk OP beras medium karena ada kecenderungan naik. Terus langkah langkah yang harus dilakukan apa? Karena yang sudah dilaksanakan selama ini dievaluasi efektif tidak menurunkan harga di lapangan, gitu," ujarDirektur Utama Perum Bulog, Budi Waseso melakukan rakortas di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Selasa (27/11).

Budi Waseso mengatakan, dari hasil evaluasi yang dilakukan bersama Kementerian Lembaga, hasil operasi pasar diklaim mampu menekan harga beras di beberapa pasar. Hal ini terlihat, pergerakan harga beras medium di Pasar Induk Beras Cipinang berada di angka Rp 9.225 per liter.

"Iya sekarang kan sudah mulai turun harga beras kita juga sudah melakukan intervensi di pasar-pasar termasuk di Pasar Induk Cipinang ya. Di Cipinang hari ini beras medium Rp 9.225 (per liter)," katanya.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Perekonomian, Darmin Nasution, mulai mengantisipasi kenaikan harga sejumlah komoditas jelang Natal 2018 dan Tahun Baru 2019. Khusus untuk harga beras, pemerintah memastikan memiliki jumlah stok yang mencukupi.

"Kita sudah mulai koordinasi kembali. Sebetulnya kalau beras, kita punya stok banyak," ujar Menko Darmin di Kantor Kementerian Koordinator Perekonomian, Jakarta, Jumat (23/12).

Saat ini, kata Menko Darmin, memang terdapat kenaikan harga beras di beberapa daerah. Dia pun akan mengevaluasi upaya operasi pasar yang dilakukan oleh Perum Badan Urusan Logistik (Bulog).

"Ini cuma tinggal urusan operasi pasar. Kita rapatkan siang ini. Operasi pasar, ayo gimana kalian caranya. Kalau laporannya sudah dari kemarin ini. Tapikan harganya faktanya naik, jadi ya kita harus rapat lagi. Kita kerjakan," jelasnya.

Mantan Direktur Jenderal Pajak tersebut menambahkan pemerintah akan memastikan harga beras dan komoditas lainnya tidak naik terlalu tinggi. Untuk daging, pemerintah menjamin belum ada kenaikan harga yang cukup besar karena dilakukan operasi pasar secara berkala.

"(Pasokan beras) Kita barangnya banyak. Kecuali kalau operasi pasar tidak efektif. Itu aja. Itu yang mau kita lihat. (Selain beras) tidak ada, kita semua situasinya yang paling sulit beras. Kalau daging apa itu sudah berjalan," tandasnya. [idr]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini