Pembebasan lahan TOD kereta cepat Jakarta-Bandung selesai bulan depan

Sabtu, 18 Agustus 2018 16:30 Reporter : Wilfridus Setu Embu
Pembebasan lahan TOD kereta cepat Jakarta-Bandung selesai bulan depan Lokasi proyek kereta cepat Jakarta-Bandung. ©2016 merdeka.com/nuryandi abdurohman

Merdeka.com - Pemerintah terus mengebut pengerjaan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung. Proses pembebasan lahan khusus untuk kawasan TOD (Transit Oriented Development) ditargetkan selesai September tahun ini.

Menteri BUMN, Rini Soemarno menjelaskan saat ini yang sudah selesai adalah pembebasan lahan untuk pembangunan trase kereta cepat.

"Cuman sekarang TOD-nya karena kan penting. Kan TOD kan stasiunnya. Ada stasiun yang sudah ada yang masih kita selesaikan. Kita harapkan September ini selesai semua," ungkapnya saat ditemui di Jakarta, Sabtu (18/8).

"Pembebasan lahan sudah selesai untuk trase, tapi yang sekarang kita selesaikan adalah pembebasan lahan untuk TOD-nya, tapi untuk trase jalurnya itu sudah alhamdulillah selesai," lanjut dia.

Menteri Rini mengatakan pembangunan struktur terowongan sedang dijalankan pada proyek yang digarap Konsorsium Indonesia-China lewat PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) ini.

"Sekarang pembangunan sudah kebanyakan struktur untuk terowongan. Karena terowongan itu cukup banyak dan terowongan itu konstruksinya jauh lebih sulit," jelasnya.

Dana untuk membiayai proyek tersebut pun sudah mulai dikucurkan sehingga pembangunan dapat terus berjalan. "Sudah mulai cair kan prosesnya jalan terus. Kalau tidak salah sekarang mungkin hampir USD 300 juta. Saya tidak hafal, tapi setahu saya sampai akhir tahun kira kira USD 1,7 miliar," tandasnya. [azz]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini