Pejabat Eselon III dan IV Terdampak Perampingan Tetap Miliki Jenjang Karir

Sabtu, 30 November 2019 16:30 Reporter : Merdeka
Pejabat Eselon III dan IV Terdampak Perampingan Tetap Miliki Jenjang Karir PNS. datakudatamu.wordpress.com

Merdeka.com - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menyatakan, para pejabat setingkat eselon III dan eselon IV tetap akan punya jenjang karir yang jelas. Meski nantinya, pemerintah akan melakukan perampingan pada struktur organisasi.

Sekretaris Deputi Sumber Daya Manusia Aparatur (SDMA) Kementerian PANRB, Mudzakir, menyampaikan pejabat eselon III dan IV yang nantinya berstatus fungsional tetap bisa naik pangkat.

"Fungsional ini persoalan kenaikan pangkat ya. Tentu ini ada pola karirnya. Kan di jabatan fungsional juga ada jenjangnya. Mulai dari ahli pertama, ahli muda, ahli madya, dan seterusnya," jelas dia di Kabupaten Bogor, seperti dikutip Sabtu (30/11).

Dia pun mengingatkan kepada para PNS bergelar eselon III dan IV agar tak perlu khawatir. Sebab, mereka tidak akan turun kasta, baik secara gelar maupun pendapatan.

"Tentu sebenarnya ini hanya semacam pergeseran saja sih, sama saja. Cuman jalurnya, persyaratannya yang agak berbeda," ujar Mudzakir.

1 dari 1 halaman

Tak Semua Eselon III dan IV Dihapuskan

Sementara itu, Sekretaris Deputi Bidang Kelembagaan dan Tata Laksana Kementerian PANRB Eddy Syah Putra mengatakan, tidak semua jabatan yang berpangkat eselon III dan eselon IV ini nantinya akan berganti status menjadi fungsional.

Sebab, menurut surat edaran yang dikeluarkan Menteri PANRB Tjahjo Kumolo kepada kementerian/lembaga dan pemerintah daerah (pemda), tak semua jabatan eselon III dan IV yang bersifat administrator dan pengawasan akan dirampingkan.

"Tapi ada juga yang sesuai dengan kewenangan dan otoritasnya itu masih ditetapkan. Misalnya kepala kantor camat, lurah, itu memang tidak ada perampingan. Itu tetap," terang dia.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana
Sumber: Liputan6.com

[bim]

Baca juga:
KemenPAN Akui Tak Semua Eselon 3 dan 4 Dihapus
KemenPAN Mulai Laksanakan Pemangkasan Eselon di Desember 2019
Beda dengan Jokowi, Sri Mulyani Sebut Eselon III dan IV Tak Bisa Hilang
Presiden Jokowi Perintahkan Layanan Eselon III & IV Diganti dengan Kecerdasan Buatan
Pekan Depan, Kementerian BUMN akan Umumkan Deputi Baru
Hapus Eselon I, Kementerian BUMN Bakal Punya Irjen

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini