Meski Jarang Terdengar, PT PANN Ternyata Telah Sabet Sejumlah Penghargaan Nasional

Senin, 2 Desember 2019 17:15 Reporter : Harwanto Bimo Pratomo
Meski Jarang Terdengar, PT PANN Ternyata Telah Sabet Sejumlah Penghargaan Nasional Gedung PT PANN. ©2019 pannmf.co.id

Merdeka.com - PT PANN (Persero) menghebohkan jagat maya. Sebab, perusahaan badan usaha milik negara (BUMN) ini membuat Menteri Keuangan Sri Mulyani dan anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) bertanya-tanya. Perusahaan apa ini.

"Saya interupsi, saya ingin tahu PT PANN ini apa Bu? Saya baru denger ini persero PT PANN," ujar Misbakhun memotong penjelasan Menteri Sri Mulyani, di Ruang Rapat Komisi XI, DPR RI, Jakarta, Senin (2/12).

Mendengar pernyataan tersebut, Menteri Sri Mulyani pun juga mengaku baru mendengar dan mengetahui adanya BUMN tersebut. Namun, Bendahara Negara itu mencoba menjelaskan mengenai latar belakang dari PT PANN itu.

"PT PANN ini Pengembangan Armada Niaga Nasional. Saya juga baru dengar sih Pak. Saya juga belum pernah denger ini PT ini," ujar Menteri Sri Mulyani.

Meski jarang terdengar, ternyata perusahaan yang berdiri sejak 1974 ini telah menorehkan sejumlah prestasi.

Dikutip dari laman perusahaan, PT PANN mengklaim telah, pertama, memperoleh sertifikat ISO 9001 versi terbaru tahun 2008 setelah berhasil mempertahankan Servielance Audit oleh Lembaga Sertifikasi Sucofindo.

Kedua, PT PANN memperoleh penghargaan dari NIPPON Kaiji Kyokai. Ketiga, PT PANN memperoleh penghargaan SICS Award yang diselenggarakan oleh PT Sucofindo.

Keempat, PT PANN mendapatkan penghargaan Indonesia National Ship Owner's Association (INSA) Award 2011 sebagai 'Maritime Finance Support of The Year'. Kelima, menerima sertifikat penghargaan dari INSA sebagai perusahaan yang aktif mendukung AGM Asian Shipowner's Forum 2011.

1 dari 2 halaman

Strategi Bisnis PT PANN

Setelah sukses melaksanakan spin off atas usaha pembiayaan kapal niaga nasional dengan mendirikan PT PANN Pembiayaan Maritim, maka arah pengembangan PT PANN (Persero) mengalami perubahan karena perseroan ini telah berubah menjadi sebuah holding company.

Secara bertahap perseroan akan mewujudkan rencana strategis untuk membentuk sejumlah anak perusahaan dalam lini usaha yang masih berkaitan erat (cross sectoral holding) sehingga dapat saling menunjang dan menciptakan sinerji dalam wadah Indonesia Ship Holding Company.

Adapun anak usaha PT PANN yang telah berdiri sejauh ini antara lain bergerak di bidang:

1. Perusahaan Pelayaran
PT PANN (Persero) melihat unit bisnis pelayaran sangat strategis. Hal ini dengan melihat perkembangan industri pelayaran di Indonesia yang mengalami pertumbuhan sangat pesat sejalan dengan meningkatnya pangsa pasar muatan domestik setelah pemerintah menerapkan kebijakan asas cabotage (angkutan laut dalam negeri wajib menggunakan kapal berbendera Merah Putih dan diawaki oleh awak berkebangsaan Indonesia).

2. Perusahaan Galangan
PT PANN (Persero) mencermati prospek industri galangan di Indonesia sangat penjanjikan, terlebih bagi perseroan, kehadiran unit usaha galangan ini akan menunjang bagi unit bisnis, baik unit bisnis pelayaran maupun pembiayaan kapal niaga nasional.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya Soal Bisnis PT PANN

3. Manajemen Perkapalan
Manajemen perkapalan akan menjamin seluruh kapal menjadi laik laut dan beroperasi dengan baik karena secara continue akan selalu memonitor perawatan dan pemeliharaan kapal secara baik dan benar.

4. Pialang Asuransi Kapal
Perusahaan broker asuransi di bawah group holding company ini akan mampu menutup asuransi dengan premi yang relatif lebih murah karena ditutup secara fleet serta claim settlement yang lebih cepat dan lebih baik.

[bim]

Baca juga:
Kemenkeu Beberkan Alasan Jiwasraya Tak Dapat PMN di 2020
Ekspresi Erick Thohir Rapat Perdana Dengan Komisi VI DPR
Erick Thohir: 3 Deputi Akan Fokus Jalani Tugas Fungsional
Presiden Jokowi Dukung Erick Thohir Rombak Direksi dan Pengelolaan BUMN
Pemerintah Alokasikan Rp1 T PMN di 2020 Tekan Defisit Transaksi Berjalan
Pemerintah Cari Sumber Penyakit BUMN yang Rugi Meski Disuntik PMN
Mengenal PT PANN, BUMN yang Buat Bingung Menteri Sri Mulyani dan Anggota DPR

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini