Menteri Rini: Persoalan Garuda Indonesia Sudah Lama Sekali, Kini Kita Diperbaiki

Selasa, 9 April 2019 18:07 Reporter : Yayu Agustini Rahayu
Menteri Rini: Persoalan Garuda Indonesia Sudah Lama Sekali, Kini Kita Diperbaiki Garuda Indonesia. ©2014 merdeka.com/arie basuki

Merdeka.com - Calon Presiden Nomor Urut 02, Prabowo Subianto kerap menyinggung kondisi salah satu perusahaan BUMN yang dinilai tidak baik, yaitu Garuda Indonesia.

Menteri BUMN, Rini Soemarno angkat bicara mengenai hal tersebut. Dia mengamini bahwa maskapai plat merah tersebut memiliki banyak persoalan. Namun hal itu sudah terjadi sejak beberapa tahun lalu.

Seperti diketahui, Garuda dalam beberapa tahun terakhir ini selalu menderita kerugian dan belum mampu mencapai break even point.

Menteri Rini mengklaim justru di era pemerintahan Jokowi-JK kondisi maskapai tersebut berangsur membaik.

"Lho Garuda Indonesia itu persoalannya sudah lama sekali justru kita sekarang lagi memperlihatkan dan perbaiki," kata dia saat ditemui di Karawang, Jawa Barat, Selasa (9/4).

Bahkan, di tahun lalu Garuda berhasil meraup untung meski tidak banyak. Keuntungan tersebut diraih pada kuartal-I 2018. "Alhamdullilah setelah efisiensi, di akhir 2018 bisa cetak untung biarpun sedikit," ujarnya.

Selain itu, di tahun ini efisiensi akan terus ditingkatkan. Dan dia optimis kondisi Garuda dalam keadaan yang terus membaik. "Di 2019 ini saya mau efisiensi kita perkuat, tolong kalau mau ada komentar dibaca secara penuh jangan sepotong. Persoalan Garuda Indonesia itu justru lama sekali," ujarnya.

Tidak hanya Garuda, Menteri Rini menyebutkan semua BUMN yang sakit terus diperbaiki selama 4 tahun terakhir ini.

Kendati demikian, dia mengakui memang belum sepenuhnya BUMN - BUMN sakit tersebut pulih. Namun semuanya menunjukkan progres yang lebih baik. "Ahamdullilah setelah sinergi BUMN ini banyak sekali BUMN sakit sekarang sehat, memang masih ada yang setengah sakit, seperempat sakit," ujarnya.

Namun untuk Garuda Indonesia sendiri, Menteri Rini kembali menegaskan bahwa kondisinya saat ini sudah kian membaik. "Tapi kalau garuda ini sudah hampir pulih karena 2018 sudah catatkan keuntungan tapi harus kita jaga terus, kuartal pertama oh sudah cukup baik ini yang kita jaga. Justru saya tekankan sinergi BUMN itu membantu menyehatkan yang dulu itu tahunan masalahnya," tutupnya. [idr]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini