Menteri Puspayoga klaim koperasi berperan genjot jumlah wirausaha capai 3,1 persen

Kamis, 26 Juli 2018 17:37 Reporter : Arie Sunaryo
Menteri Puspayoga klaim koperasi berperan genjot jumlah wirausaha capai 3,1 persen Puspayoga. ©2014 merdeka.com/arie basuki

Merdeka.com - Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Mikro (UKM) menyatakan kehadiran koperasi bermanfaat dalam menumbuhkan wirausaha baru di Tanah Air yang saat ini mencapai 3,1 persen dari total penduduk. Selain itu, peran koperasi juga berdampak pada pertumbuhan ekonomi nasional.

Menteri Koperasi dan UKM, Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga, mencatat saat ini ada 75.000 koperasi yang butuh pembinaan untuk penyehatan. Maka dari itu, dia meminta peran kepala daerah untuk aspek penyehatan ini.

"Ada sekitar 75.000 koperasi yang butuh dibina. Kami minta gubernur, bupati dan wali kota ikut membina," ujar Menteri Puspayoga pada Sarasehan Perkoperasian Nasional di Best Western Premiere Hotel, Sukoharjo, Kamis (26/7).

Menteri menyampaikan, dalam mereformasi koperasi perlu diperhatikan beberapa hal. Diantaranya reorientasi, rehabilitasi dan pengembangan koperasi. "Pembubaran koperasi yang tidak sehat ini bagian dari reorientasi koperasi. Jangan bangga kita punya banyak koperasi tapi tidak sehat. Boleh saja jumlahnya banyak, tapi kualitasnya harus diperhatikan," katanya.

Menkop Puspayoga mengklaim, di masa jabatannya, koperasi sudah berkembang pesat. Dia menyebut saat awal menjadi menteri pada 2014, PDB koperasi mencapai 1,71 persen atau selalu berada di kisaran satu koma.

"Tahun 2017 sudah meloncat jauh menjadi 4,48 persen. Jumlah wirausahawan juga meningkat dibandingkan tahun 2014. Saat itu jumlah wirausahawan Indonesia cuma 1,65 persen. Itu berada di bawah angka standard minimal internasional 2 persen," katanya.

Padahal, lanjut dia, persentase wirausaha Singapura mencapai 7 persen dan Malaysia 5 persen. Pada 2016, jumlah wirausaha di Tanah Air naik menjadi 3,1 persen. Angka tersebut, menurutnya, sudah di atas standard internasional. [bim]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini