Menko Luhut wanti-wanti kejadian Brexit tidak terulang tahun ini

Selasa, 9 Mei 2017 19:19 Reporter : Wilfridus Setu Embu
Menko Luhut wanti-wanti kejadian Brexit tidak terulang tahun ini Luhut Panjaitan. ©2015 merdeka.com/dwi narwoko

Merdeka.com - Menteri Koordinator Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan, meminta agar antisipasi arus mudik tahun ini harus lebih baik dari tahun kemarin. Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan, Sugiharjo, seusai mengadakan rapat koordinasi di Kemenko Kemaritiman.

"Yang pasti beliau (Menko Maritim) minta bahwa antisipasi kita harus lebih baik dari tahun lalu," ungkapnya di Kantor Kemenko Kemaritiman, Jakarta Pusat, Selasa (9/5).

Menko Luhut kembali mengingatkan tentang sumbatan pada pintu tol Brebes atau Brebes Exit (Brexit) hingga menyebabkan kemacetan parah tidak terulang tahun ini. Menurutnya, kejadian semacam itu harus terus identifikasi untuk ditemukan solusinya agar daerah potensi macet kritis dapat diantisipasi.

"Bentuk mengurai bisa dengan pembangunan yang kita lakukan, seperti ada empat perlintasan sebidang ke arah selatan, termasuk manajemen lalu lintasnya. Jadi tidak di ujung (pintu keluar), tapi di hulunya sudah mulai kita kendalikan. Dari Cikopo sudah mulai kita atur," jelasnya.

Sementara, untuk transportasi laut, yang perlu diperhatikan adalah aspek keselamatan penumpang. Sedangkan untuk transportasi udara ialah antisipasi peningkatan jumlah penumpang dilakukan dengan peningkatan kapasitas.

"Dari udara ada peningkatan kapasitas dengan penambahan pesawat, penambahan jam operasi bandara dan juga sistem reservasinya kita buka," tutupnya. [bim]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini