Menko Darmin segera lapor ke Presiden Jokowi percepat impor garam industri

Rabu, 14 Februari 2018 21:46 Reporter : Anggun P. Situmorang
Menko Darmin segera lapor ke Presiden Jokowi percepat impor garam industri garam. Ilustrasi shutterstock.com

Merdeka.com - Direktorat Jenderal Industri Kimia, Tekstil, dan Aneka Kementerian Perindustrian, Achmad Sigit Dwiwahjono mengatakan Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution akan segera melaporkan kondisi importasi garam kepada Presiden Jokowi.

"Menko akan lapor Pak Presiden mengenai importasi garam. Kan kita minta 3,7 juta ton, ada yang belum diterbitkan kan. Kita juga enggak memberikan rekomendasi. Kita kan setiap bulan butuh 300.000 ton dan enggak bisa menunggu lama-lama," ujarnya di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Rabu (14/2).

Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Oke Nurwan mengatakan, impor garam telah masuk sejak izin rekomendasi dikeluarkan oleh pemerintah. Garam tersebut akan terus masuk dalam tahun ini hingga memenuhi kuota yang ditetapkan.

"Sudah berjalan sejak dikeluarkan izin, ada yang sudah sampai, ada yang belum, tergantung kebutuhan mereka, kan kita kasih waktu 1 tahun. Sudah banyak yang mengajukan, tapi kita diminta review izin yang sudah keluar dulu," jelasnya.

Sementara itu, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita memastikan garam industri impor sebanyak 2,37 juta ton tidak ada yang dimanfaatkan untuk kebutuhan konsumsi. "Kita mereview yang sudah kita keluarkan 2,37 juta. Permintaan sudah banyak, nanti direview sama Kemenperin. Paling banyak industri lensa. Direview saja bocor enggak. Industri sudah masuk, bagaimana penyalurannya, sudah ada yang datang kayaknya kan," tandasnya. [azz]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini