Menhub Budi: Perbaikan Layanan Lebih Efektif Tarik Penumpang daripada Promo

Sabtu, 5 Oktober 2019 16:00 Reporter : Wilfridus Setu Embu
Menhub Budi: Perbaikan Layanan Lebih Efektif Tarik Penumpang daripada Promo Budi Karya Sumadi. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, untuk menaikkan okupansi alangkah lebih baik jika operator KA Bandara meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Perbaikan layanan jauh lebih efektif mengerek okupansi dibandingkan memberikan promo kepada calon penumpang.

"Saya pikir promo boleh dilakukan tapi sebenarnya yang paling efektif itu kalau kita bisa mengatur kecepatan lebih tinggi dan highway-nya lebih pendek," kata dia, di Stasiun KA Bandara Manggarai, Jakarta, Sabtu (5/10).

Dengan demikian, waktu tempuh masyarakat dari stasiun ke Bandara menjadi lebih singkat. Jika masyarakat memperoleh efisiensi dalam hal waktu, maka mereka tentu akan memilih menggunakan KA Bandara.

"Maka kesempatan orang mengefisienkan waktu itu lebih bagus. Kami memberikan masukan kepada Railink kepada KAI untuk memerhatikan kecepatan dan highway,"

Selain meningkatkan pelayanan, ketersediaan feeder yang mendukung operasi KA Bandara juga penting dalam mengejar target okupansi. Diharapkan okupansi KA Bandara bisa mencapai 60 persen.

"Okupansi kita harapkan 60 persen. Satu hal yang menjadi keharusan feeder itu penting," tegas Budi.

"Kalau selama ini, feeder sampai ke Dukuh Atas itu relatif sedikit. tapi kalau di Manggarai feeder-nya banyak sekali. Dari Bogor, Depok, berapa stasiun itu ke sini semua. Sehingga feeder dari kereta api ke kereta api ini sangat efektif," tandasnya. [did]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini