Mengupas Efektivitas Kartu Prakerja Milik Jokowi

Kamis, 7 Maret 2019 06:00 Reporter : Siti Nur Azzura
Mengupas Efektivitas Kartu Prakerja Milik Jokowi Presiden jokowi. ©2017 Biro Pers Setpres

Merdeka.com - Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) memiliki program untuk pengangguran melalui kartu 'sakti' khas Jokowi bernama Kartu Pra Kerja. Program ini bakal fokus melatih keterampilan individu dan mempersiapkan untuk menghadapi dunia kerja.

"Saya tingkatkan keterampilan untuk pencari kerja dan Korban PHK. Untuk itu saya luncurkan kartu pra kerja," ujar Jokowi.

Tujuan Kartu Prakerja ini untuk menciptakan sumber daya manusia premium yang mampu bersaing dalam dan luar negeri. Jokowi menargetkan 500 ribu orang ikut program ini pada tahun 2019. Tahun berikutnya ditargetkan menjadi 2 juta orang peserta.

Dia mengatakan, kartu ini dikhususkan untuk para anak muda lulusan SMA/SMK, perguruan tinggi, dan politeknik. Nantinya, para pemegang kartu ini nantinya akan mendapat pelatihan sehingga dapat meningkatkan kemampuannya. Pelatihan ini tidak hanya dilakukan di dalam negeri, namun juga di luar negeri.

"Semua dikerjakan oleh instruktur yang punya kualifikasi yang bagus. Sehingga begitu lulus training mestinya kalau training bagus gampang sekali masuk dunia kerja," ucap dia.

Meski demikian, banyak pihak yang menilai program ini tidak akan efektif. Berikut efektivitas program Kartu Prakerja milik Jokowi.

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini